Efisiensi Proses Pengajuan Reimburse pada Aplikasi SAP

Maria Felicia Irnest, Agung Nugroho

Abstract


Selama melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri di salah satu perusahaan, ditemukan masalah mengenai kurang efisiennya proses pengajuan reimbursement. Kurang efisiennya pengajuan reimburse ini disebabkan karena terdapat divisi yang tidak memiliki akses dalam aplikasi SAP untuk melakukan proses pengajuan, sehingga sekretaris yang harus membantu dalam proses tersebut. Selain itu, terdapat pula dua kali persetujuan yang harus dilakukan dalam proses pengajuan tersebut, yaitu dalam lembar formulir dan park document dari aplikasi SAP. Padahal, masalah reimbursement merupakan hal yang penting bagi karyawan di perusahaan dan harus dilaksanakan secara cepat serta efisien.
Untuk itu, metode yang dilakukan dalam mengidentifikasi masalah tersebut adalah dengan melaksanakan suatu proses secara langsung, menganalisis mengenai proses pengajuan reimburse yang terjadi, serta memberikan saran yang diperlukan untuk mempersingkat proses pengajuan. Beberapa saran yang diajukan adalah dengan melakukan perubahan pada formulir pengajuan reimburse sehingga tidak terjadi pengulangan persetujuan serta memberikan akses langsung di aplikasi SAP untuk setiap divisi, sehingga proses pengajuan dapat dilakukan langsung oleh divisi yang bersangkutan.

Full Text:

PDF

References


Muslimah, Septina. Reimburse / Reimbursement : Pengertian, Jenis, Contoh

Lengkap!.

https://www.talenta.co/blog/aplikasi-reimbursement-adalah-solusi-kerumitan-proses-reimbursement/. (17 Jun 2022).

Setyawan, Eko. 2017. Sekretaris dan Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: Istana Media.

Tim Penulis. 2010. Rahasia Manajemen File. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tim Penulis. 2023. Panduan Pelaksanaan dan Penulisan Laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN). Buku Panduan Prakerin Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita.




Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Kompleks Billy & Moon, Pondok Kelapa, Jakarta 13450 @copyright