Jurnalisme Data dengan Konsep Inverted Pyramid Dalam Produksi Berita Bencana Pada Kompas TV

Poppy Andhela Pasha, Isti Purwi Tyas Utami

Abstract


Television is still the audience's reference medium for disaster reporting. The immediacy of information, free access, and visualization of events are the strengths of television, which are supported by the data journalism process. The research aims to determine the data journalism process in the production of disaster news on Kompas TV. The inverted pyramid of data journalism from Paul Bradshaw is the main concept of research. The research uses a constructivism paradigm and a qualitative approach with in-depth interviews. The four informants in the research work as executive producers, coverage coordinators, journalists, and graphics coordinators. The research results show that Kompas TV's disaster news production process has implemented the inverted pyramid of data journalism concept. Apart from the results of Kompas R&D research, disaster data is also obtained from research by disaster-related authorities and academic institutions. The uniqueness of data journalism in Kompas TV disaster reporting is found at the context stage, namely by prioritizing human narratives in disaster events. This finding is in line with the ideas of transcendental humanism of one of its founders, Jacob Oetama. The adoption of technology in the form of the Vizrt immersive system is an advantage in the data visualization process. The objectivity of data in disaster reporting is presented while still considering the psychological impact on the audience. The Press Law, the Journalism Code of Ethics, and P3SPS are references in the process of selecting data sources, data analysis, and data presentation.


Abstrak¬

Televisi masih menjadi media rujukan khalayak dalam pemberitaan bencana. Kesegeraan informasi, akses tak berbayar, dan visualisasi peristiwa menjadi kekuatan televisi yang ditunjang oleh proses jurnalisme data. Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses jurnalisme data dalam produksi berita bencana pada Kompas TV. The inverted pyramid of data journalism dari Paul Bradshaw menjadi konsep utama penelitian. Penelitian menggunakan paradigma konstruktivisme, pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam. Empat informan dalam penelitian berprofesi sebagai Executive Producer, Koordinator Liputan, Jurnalis dan Koordinator Grafis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses produksi berita bencana Kompas TV telah menerapkan konsep the inverted pyramid of data journalism. Data kebencanaan selain bersumber dari hasil riset Litbang Kompas juga diperoleh dari riset otoritas-otoritas terkait kebencanaan dan lembaga akademik. Kekhasan jurnalisme data dalam pemberitaan bencana Kompas TV ditemukan pada tahap konteks yakni dengan mengutamakan narasi manusia pada peristiwa bencana. Temuan ini sejalan dengan gagasan humanisme transendental dari salah satu pendirinya, Jacob Oetama. Adopsi teknologi berupa sistem imersif Vizrt menjadi keunggulan dalam proses visualisasi data. Objektivitas data dalam pemberitaan bencana disajikan dengan tetap mempertimbangkan dampak psikologis pada khalayak. UU Pers, Kode Etik Jurnalistik, P3SPS menjadi acuan dalam proses pemilihan sumber data, analisis data hingga penyajiannya.

Keywords


Televisi; Produksi Berita; Berita Bencana; Jurnalisme Data; Piramida Terbalik Jurnalisme Data

References


Abrar, A. (2018). Mengenal Jurnalisme Lingkungan Hidup. UGM Press.

Al-Fikri, M., & Irawaty, S. (2020). Urgency Of Digital Literation in the Central Segregation Of Viral Journalism Versus Data Journalism. Proceedings of the 2nd Jogjakarta Communication Conference (JCC 2020), Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Volume 459, 227–230. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200818.052

Annur, C. (2023, May 30). Media Sosial, Sumber Informasi Utama Masyarakat Indonesia. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2023/05/30/Media-Sosial-Sumber-Informasi-Utama-Masyarakat-Indonesia.

Arif, A. (2010). Jurnalisme Bencana Bencana Jurnalisme, Kesaksian dari Tanah Bencana. Kepustakaan Populer Gramedia.

Arif, A. (2021). Jurnalisme Bencana di Indonesia: Auto Kritik. Literasi Kebencanaan Di Indonesia Untuk Menangkal Mis-Disinformasi. Aji Indonesia, Google Initiative.

Asprilla, A., & Maharani, N. (2019). Jurnalisme Data Dalam Digitalisasi Jurnalisme Investigasi Tempo. Kajian Jurnalisme, 2(2), 212–224.

Badri, M. (2017). Inovasi Jurnalisme Data Media Online di Indonesia. The 3rd Indonesia Media Research Awards & Summit (IMRAS) 2017: Tren Pola Konsumsi Media Di Indonesia Tahun 2017, 356–378.

Baskoro, L. R. (2008). Jurnalisme Lingkungan: Jurnalisme Menggerakkan : Teknik Menulis Berita Lingkungan Yang Menarik. Q Communication.

BNPB. (2007). Definisi Bencana. https://bnpb.go.id/definisi-bencana

BNPB. (2023). IRBI, Indeks Risiko Bencana Indonesia Tahun 2022. Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Bradshaw, P. (2011). The inverted pyramid of data journalism. https://onlinejournalismblog.com/2011/07/07/the-inverted-pyramid-of-data-journalism/

Bradshaw, P. (2023). The Online Journalism Handbook Skills to Survive and Thrive in the Digital Age (3rd ed.). Routledge.

Fajarlie, N., & Monggilo, Z. (2023). The Data Journalism Practices in the Production of Investigative News Videos by Narasi TV. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JSP), 27(2), 123–140. https://doi.org/10.22146/jsp.79791

Haddow, K., & Haddow, G. (2013). Disaster Communications in a Changing Media World (2nd ed.). Butterworth-Heinemann.

Hapsarie, B. (2021). Analisis Isi Objektivitas BBC Indonesia dalam Pemberitaan Isu Lingkungan Nasional VS Internasional. Jurnal Transparansi Hukum, 4(2). https://doi.org/10.30737/transparansi.v4i2.1767

Hasibuan, E., Sahputra, D., & Mazdalifah. (2022). The Presence of Television Media in Disaster Reporting to Increase the Community’s Disaster Literacy Skills. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 7(1), 75–82. https://doi.org/10.25008/jkiski.v7i1.640

Hendarto, Y. M. (2020, September 10). Humanisme Transendental: Warisan Pemikiran Jakob Oetama. https://www.kompas.id/baca/riset/2020/09/10/humanisme-transendental-warisan-pemikiran-jakob-oetama

Indira, M., & Birowo, M. A. (2014). Objektivitas Berita Lingkungan Surat Kabar: Analisis Isi pada Berita Lingkungan dalam Pemberitaan Kasus Reklamasi Teluk Benoa Bali di Surat Kabar Bali Post Periode 27 Juni 2013 – 18 Agustus 2013 [Universitas Atma Jaya Yogyakarta]. https://e-journal.uajy.ac.id/5377/1/jurnal skripsi.pdf

KPI. (2012). Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) Dan Standar Program Siaran (SPS). https://kpi.go.id/download/regulasi/P3SPS_2012_Final.pdf

KPI. (2022). Data Survey Indeks Kualitas KPI 2022. Komisi Penyiaran Indonesia.

Krisdamarjati, Y. A. (2022, June 18). Banjir Berita Melelahkan Audiens. https://www.kompas.id/baca/riset/2022/06/17/banjir-berita-melelahkan-audiens?utm_source=kompasid&utm_medium=link_shared&utm_content=copy_link&utm_campaign=sharinglink&open_from=Share_Button

Lubis, I. (2023). Wawancara Penelitian.

Lukmantoro, T. (2007). Bencana dalam Berita: Komodifikasi dan Simplifikasi Fakta. RENAI: Kajian Politik Lokal Dan Sosial Humaniora, 7(1), 44–60.

Margianto, J. H., Monggilo, Z. M. Z., Adzkia, A., & Yudiawan, D. (2021). Memahami Bencana Alam di Indonesia Peran Media dan Cara Melawan Hoaks Bencana. Aliansi Jurnalis Independen. https://www.batukarinfo.com/system/files/Buku_Memahami_Bencana_Alam_di_Indonesia_FIX_compressed.pdf

Masduki. (2007). Wajah Ganda Media Massa dalam Advokasi Bencana Alam. Jurnal UNISIA, 30(5).

McLuhan, M. (1994). Understanding Media: The extensions of man. The MIT Press.

Moleong, L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Morissan. (2019). Riset Kualitatif. Prenadamedia Group.

Nazaruddin, M. (2007). Jurnalisme Bencana: Sebuah Tinjauan Etis. Jurnal Komunikasi, 1(2), 163–177. https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/5254

Nazaruddin, M. (2015). Jurnalisme Bencana di Indonesia Setelah Sepuluh Tahun. Jurnal Komunikasi, 10(1), 79–88. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol10.iss1.art8

Nazaruddin, M., & Habibi, Z. (2011). Jurnalisme Warga, Radio Publik Dan Pemberitaan Bencana. Penerbit Komunikasi UII.

Pers, D. (2006). Pengesahan Surat Keputusan Dewan Pers Nomor 03/SK-DP/III/2006 Tentang Kode Etik Jurnalistik Sebagai Peraturan Dewan Pers. https://dewanpers.or.id/assets/documents/peraturan/1907030645_2008_Peraturan_DP_NO_06_TTG_PENGESAHAN_SURAT_KEPUTUSAN_DEWAN_PERS_NOMOR_03SK-DPIII2006_TENTANG_KODE_ETIK_JURNALISTIK_SEBAGAI_PERATURAN_DEWAN_PER.pdf

Pezzullo, P., & Cox, R. (2018). Environmental Communication and the Public Sphere (sixth). SAGE Publications.

Sambrook, R. (2012). Delivering Trust: Impartiality and Objectivity in the Digital Age. Reuters Institute for Study of Jounalism.

Santhika, E. (2018). Peneliti Ungkap Hoaks Lebih Cepat Menyebar dari Berita Asli. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180309164835-185-281779/peneliti-ungkap-hoaks-lebih-cepat-menyebar-dari-berita-asli

Singla, C., Da Rocha, I., & Ramon, X. (2016). Shaping The Future of News Media. Integrated Journalism in Europe.

Steensen, S., & Westlund, O. (2021). What is Digital Journalism Studies? In Routledge. Routledge, Taylor & Francis.

Thienthaworn, E. (2018). Data Journalism: Principle Development And Knowledge Adaptation In Thailand [National Institute of Development Administration]. https://repository.nida.ac.th/items/63ddccef-faa4-484e-832b-704a035caa09

Toffler, A. (1984). The Future Shock (1st ed.). Bantam.

Utami, P. (2017). Data Journalist, A Hope for Indonesia’s Quality Journalism in the Digital Era? Proceedings of the 3rd World Conference on Media and Mass Communication, 45–52. https://doi.org/10.17501/medcom.2017.2105

Ward, S. J. A. (2019). Objectivity and Bias in Journalism. Communication. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190228613.013.853

Widarini, D., Saifullah, H., Nilamsari, N., Andriani, F., & Wiyanti, E. (2019). Lapran Penelitian Akhir: Kepercayaan Publik Terhadap Pers Arus Utama. Dewan Pers. https://dewanpers.or.id/assets/documents/laporan/LapAkhirPenelitianUniversitasProf.Dr.Moestopo(Beragama)110821.pdf

Yusuf, I. A. (2006). "Ada Kuis di Tengah Gempa”: Membangun Epistemologi Liputan Bencana di Media. Jurnal Komunikasi, 1(1), 41–52. https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/7085




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v9i2.1153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright