Presentasi Diri Grup K-Pop Cover Dance (Studi Dramaturgi Pada Grup K-Pop Cover Dance Sinister)

Yosefin Mareta Natasya Kenzy

Abstract


Cover dance is an informal term for reproducing boyband’s or girlband’s dance. One of a special cover dance grup in Bandung that still exist among all teenagers K-Pop lovers is Sinister. Sinister are a cover dance group who perform covers boyband’s dance from South Korea, NCT (Neo Culture  Technology).  As performers  cover  dance, Sinister  have  to  represent themselves like boyband NCT. Any member of Sinister get a different role when doing cover dance. The purpose of this research is to know how Sinister forming the impression that they want to show. This research used qualitative method with the study dramaturgy on five informants, who are a couple members of Sinister group. The results found that Sinister group, build the impression and represent themselves as NCT group

Cover dance adalah sebutan untuk sebuah kegiatan mereproduksi tarian  girlband atau boyband. Salah satu grup cover dance yang eksis dikalangan remaja pencinta K-pop di Bandung adalah Sinister. Sinister adalah kelompok cover dance yang melakukan cover tarian dari boyband Korea Selatan, NCT (Neo Culture Technology). Sebagai performer cover dance, grup Sinister harus merepresentasikan diri layaknya boyband NCT. Setiap anggota Sinister mendapatkan peran yang berbeda ketika melakukan cover dance. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara grup Sinister dalam membentuk kesan yang ingin mereka tampilkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi dramaturgi kepada 5 informan kunci, yaitu beberapa anggota grup Sinister. Hasil penelitian menemukan bahwa grup Sinister membentuk kesan dan merepresentasikan diri mereka seperti layaknya grup NCT


Keywords


Self Presentation, Dramaturgy, K-Pop Cover Dance, Sinister

References


Effendi, dan Onong Uhcjana. 1997. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Karya.

Goffman, Erfing. The Presentation of Self in Everyday Life. New York: Random House.

Kuswarno, Engkus. 2013. Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi

Konsepsi Pedoman dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjajaran.

Littlejohn, dan Karen A. Foss. 2008. Theories of Human Communication. Australi : Thomson.

Moleong, Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar (edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2008. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Leung, Sarah. 2012. Catching The Korean Wave: Globality in The Production, Distribution, And Consumption of South Korean Popular Music, 2-4. Retrived from Vasar College.

Sumber Online :

Billboard. A look inside the ‘K-Pop Cover Dance’ Trend” (akses: 5 November 2017)

Kim, Youna. 2013. The Korean Wave : Korean Media Go Global. Diambil dari:

https://books.google.co.id . (Akses: 12 Februari 2018




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v3i2.166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright