Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Adopsi Inovasi Aplikasi Permainan Daring Arena Of Valor
Abstract
As a new comer of MOBA-based game in Indonesia, Arena Of Valor has been promoted massively. This research to know how big is the influence of promotional mix which is consisted of advertising, sales promotion, public relations, events and experience, direct and interactive marketing, and word of mouth marketing towards innovation-adoption of online game apps Arena Of Valor. This research is a quantitative research which involves 1066 respondents. Based on the result, it can be shown that 65,5% promotional mix influencing innovation adoption of online game apps Arena Of Valor and the other 34,5% is not researched in this research
Sebagai pemain baru dalam permainan daring MOBA yang masuk pasar Indonesia, Arena Of Valor gencar melakukan aktivitas promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, acara dan pengalaman, pemasaran langsung dan interaktif, dan pemasaran dari mulut ke mulut terhadap adopsi inovasi aplikasi permainan daring Arena Of Valor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif yang melibatkan 1066 responden sebagai sampel. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa pengaruh bauran promosi mempengaruhi adopsi inovasi aplikasi permainan daring Arena Of Valor sebesar 65,5% sedangkan 34,5% lainnya tidak diteliti dalam penelitian ini
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Kotler, P. & Amstrong, G. 2008. Principles of Marketing. Pearson.
Kottler, P., & Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, P., & Keller, K.L. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid satu, Edisi Keduabelas, Cetakan Ketiga. Jakarta: Erlangga.
Dewanti, R., Utomo, H. and Hidayat, A. 2010. Peran Orientasi Pasar, Program Promosi dan Inovasi dalam Menentukan Kinerja Pemasaran Jasa. Binus Business Review, [online] 1(2), p.380. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/168013-ID-peran-orientasi-pasar-program-promosi-da.pdf [Accessed 25 Dec. 2017].
DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v3i2.170
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright