Strategi Komunikasi Guru Dalam Proses Belajar Anak Tunanetra Dengan Menerapkan Multimodal Learning Di Sekolah Luar Biasa Negeri A Bandung

Emiliana Sari Saragi

Abstract


Communication is a social activity in the learning process. Teachers are required to have their own learning strategies by utilizing other sensory tools except visual sensory. To achieve learning objectives, teacher communicate the learning materials by applying several methods. One of the learning methods that teacher applied in special school for blind students is multi modal learning method. Multimodal learning is a learning activity by combining several methods of learning methods so the message more widely and more easily understood by students with visual impairment. Not only forming the learning method, but teacher that teach in special school for blind students also has its own strategy to sending the learning messages to students with visual impairment in the classroom. The purpose of this research is to see how strategy communication that teacher do in the class to teach the visual impairment students and communication pattern between teacher and students with application multimodal learning method in class. This research uses constructivist paradigm through case study approach. The result of this research shows that The result of the research shows that there are stages of learning strategy which is done by teacher in the class, that is the stage of forming the personal relationship, the stages form the proximity relationship, the stages of choosing the teaching materials, the stages of delivery strategy by applying multi modal learning that is combination of auditory-kinesthetic learning style, kinesthetic visual-visual, the learning stages and the teacher's response to the students. The strategy is communicated by applying a two-way communication pattern in the classroom.

Komunikasi merupakan kegiatan sosial yang dilakukan pada proses belajar mengajar. Guru dituntut untuk membentuk strategi pembelajaran yang berbeda di dalam kelas dengan memanfaatkan alat indera lainnya yang ada pada murid tunanetra selain indera penglihatan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru mengkomunikasikan materi pembelajaran dengan menerapkan beberapa metode. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan guru pada Sekolah Luar Biasa Negeri A Bandung adalah metode multimodal learning. Multimodal learning merupakan kegiatan pembelajaran dengan menggabungkan beberapa metode pembelajaran sehingga makna pesan lebih luas dan lebih mudah dipahami oleh murid tunanetra. Tidak hanya pembentukan metode pembelajaran, namun guru Sekolah Luar Biasa Negeri A Bandung juga memiliki strategi tersendiri dalam mengirimkan pesan pembelajaran kepada murid tunanetra di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan guru dalam mengajar anak berkebutuhan khusus tunanetra serta pola komunikasi antara guru dan murid dan penerapan metode pembelajaran multimodal yang di lakukan guru dalam mengirimkan pesan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis melalui pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat tahapan strategi pembelajaran yang di lakukan guru di dalam kelas, yaitu tahapan pembentukan hubungan pribadi, tahapan membentuk hubungan kedekatan, tahapan memilih bahan ajar, tahapan strategi penyampaian dengan menerapkan multi modal learning yaitu penggabungan gaya belajar auditori-kinestetik, kinestetik-visual audio visual, tahapan hasil pembelajaran dan tahapan respon guru terhadap murid. Strategi tersebut dikomunikasikan dengan menerapkan pola komunikasi dua arah di dalam kelas.


Keywords


Communication strategy, the process of teaching and learning, multimodal learning, Visual Impairment students

References


Buku :

Budyatna, Muhammad dan Ganiem Mona. 2011. Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Kencana.

Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Denzin, Norman K dan Linclon Yvonna. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ikbar, Yanuar. 2012. Metode Penelitian Sosial Kualitatif. Bandung: Refika Aditama.

Iriantara, Yosal dan Syaripudin Usep. 2013. Komunikasi Pendidikan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Dedi. 2012. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 2014. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Nurudin. 2016. Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soekanto, Soejono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Skripsi :

Ilmi, Rizqi Nurul. 2013. Strategi Komunikasi Guru dalam Penananam Nilai-Nilai Pendidikan Agama pada Anak Penyandang Tunagrahita di SLB-C Tunas Kasih 1 Kabupaten Bogor. Bogor: Universitas Negeri Islam Jakarta.

Indasari. 2016. Strategi Komunikasi Interpersonal Pendidik dan Peserta Didik dalam Proses Belajar di SMP Luar Biasa Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPACC) di Makassar. Makassar: Universitas Alauddin.

Khoir, M Syaghilul. 2014. Pola Komunikasi Guru Agama dan Murid di SLB Frobel Montessori Conder Balekambang Kramat Jati Jakarta Timur. Jakarta: Universitas Negeri Islam Jakarta.

Ratriana, Annisa Alfi, Christin Maylanny, dan Rifaldi Refi. 2012. Komunikasi Antarpribadi dalam Proses Belajar Mengajar Guru dengan Murid Berkebutuhan Khusus (Analisis Komunikasi Antarpribadi Guru dengan Murid Tunagrahita SLB BC Cibaduyut. Bandung: Universitas Telkom.

Jurnal :

Bjekic Dragana, Svetlana Obradovic, Milica Vucetic, Bojovic Milevica. 2013. E-Teacher in Inclusive E-Education for Students with Specific Learning Disabilities. Kragujevac University.

Ciolca, Corina, Mogaldea Claudia. 2014. Types of Communication in Kinetotherapy Classes Involving Students with Hearing Impairments. National University of Physical Education and Sports.

Della, Prisca Oktavia Della. 2014. Penerapan Metode Komunikasi Non Verbal Yang Dilakukan Guru Pada Anak-Anak Autis di Yayasan Pelita Bunda Therapy Center Samarinda. Universitas Mulyana.

Fong EE Chiang, Lee Ching Sock. 2012. Communication Response of an Indian Student with Autism to Music Education. Campus Tuanku Bainun.

Hermawan, Budi. 2012. Multimodality : Menafsirkan Verbal, Membaca Gambar, dan Memahami Teks. Universitas Pendidikan Indonesia.

Obradovic, Svetlana, Bjekic Dragana, Lidija Zlatic. 2015. Creative Teaching with ICT Support for Students with Specific Learning Disabilities. Kragujevac University.

Sitorus, Imei Febe, Joni I Dewa Ayu Sugiarica Joni, Suryawati I Gusti Agung Atlit. Bentuk Komunikasi Guru dalam Proses Pembelajaran pada Disabilitas Tunarungu di SMPLB Negeri 2 Denpasar. Universitas Udayana.

Sondakh, Rachel, Boham Antonius, Harilama Stefi H. Pola Komunikasi Guru dalam Proses Belajar Anak Down Sindrom di Yayasan Pendidikan Anak Cacat Malalayang. Universitas Sam Ratulangi.

Wisadirana, Darsono, Safitri Reza, dan Swastikawara. 2012. Strategi Komunikasi Guru Dalam Mengasah Kemampuan Komunikasi Pada Murid (Studi Kasus pada SDLB-B YPTB Malang). Universitas Brawijaya.

Xerri, Daniel. 2012. Poetry Teaching and Multimodality : Theory into Practice. University of Malta.

Internet :

Blog guru. 2013. Tiga pola komunikasi dalam proses. http://www.blog-guru.web.id/2009/03/tiga-pola-komunikasi-dalam-proses.html diakses tanggal 4 Januari 2018, pukul 14.00

Hariyanto. 2013. Pengertian Interaksi Sosial. http://belajarpsikologi.com/pengertian-interaksi-sosial/ diakses tanggal 25 Oktober 2017 pukul 14.00

Learning Theories. 2014. Multimodality (Kress). https://www.learning-theories.com/multimodality-kress.html diakses tanggal 8 November 2017, pukul 23.00

https://kbbi.web.id/pola




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v4i1.177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright