ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES TERHADAP LIRIK LAGU BAND NOAH “PUISI ADINDA”

David Ardhy Aritonang, Yohannes Don Bosco Doho

Abstract


Present with the first album "Seperti Seharusnya" Noah Band was able to make them the most successful band that was able to win 6 trophies at the Indonesian Music Award 2013 (AMI Awards). But not many know, behind the 9 songs contained in the album, there is a hidden track that the vocalist Ariel created as a bonus song for fans who remain loyal to support the Noah Band entitled "Puisi Adinda". In this study the main theory used is the semiotic theory of Roland Barthes. The method used in the study is a qualitative method with a descriptive interpretive approach.
Regarding the outpouring of the main character's heart towards his partner and the continuity of his love story journey. The choice of the word "Puisi Adinda" as the song title represents the woman he loves. The hope of songwriters is that this song can be remembered and used as learning as one of the life events that must have been or is being and will be faced by the layers of society. As long as the main character is still breathing in this world he will always try to be the ideal male figure for the woman he loves. Besides that, he is also inviting his partners to join together to become individuals who are patient, relentless and loyal. The mythology encountered is the role of men in solving problems in love relationships.
Songwriters have an important role because what becomes song lyrics can have an impact on listeners and music lovers. For example in ideology and idealism.

Hadir dengan album pertama “Seperti Seharusnya” Band Noah mampu menjadikan mereka grup band tersukses yang mampu menyabet 6 piala di ajang Anugerah Musik Indonesia 2013 (AMI Awards). Namun tidak banyak yang mengetahui, dibalik 9 lagu yang terdapat pada album tersebut, ada sebuah hidden track yang sang vokalis Ariel ciptakan sebagai bonus lagu untuk para penggemar yang tetap setia mendukung Band Noah yang diberi judul “Puisi Adinda”. Dalam penelitian ini teori utama yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan interpretatif deskriptif.
Mengenai curahan hati sang tokoh utama terhadap pasangannya dan kelangsungan perjalanan kisah cintanya. Pemilihan kata “Puisi Adinda” sebagai judul lagu mewakili sosok perempuan yang ia cintai. Harapan pencipta lagu agar lagu ini dapat diingat dan dijadikan pembelajaran sebagai salah satu perisitiwa kehidupan yang pasti pernah atau sedang dan akan diahadapi oleh lapisan masyarakat. Selama tokoh utama masih bernafas di dunia ini ia akan selalu berusaha menjadi sosok laki-laki yang ideal bagi perempuan yang ia cintai. Disamping itu juga ia sedang mengajak pasangannya agar turut bersama-sama menjadi individu yang sabar, mengalah dan setia. Mitologi yang ditemui adalah berkenaan peran laki-laki dalam menyelesaikan permasalahan dalam hubungan cinta.
Pencipta lagu memiliki peranan penting karena apa yang menjadi lirik lagu dapat memberikan dampak bagi pendengar dan penikmat musik. Misalnya dalam ideology dan idealisme.

Keywords


Semiotika, Denotasi, Konotasi, Mitologi, Lirik Lagu, Puisi Adinda

References


Barthes, R. (1997). Image music text (S. Heath, Trans). London: Fontana Press

DeVito, J. A. (2007) . The interpersonal communication book (11th ed.). New York: Pearson

DeVito, J. A. (2009). The interpersonal communication book (12th ed.). New York: Pearson

Djohan. (2009). Psikologi musik. Yogyakarta, Indonesia: Penerbit Best Publisher.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Kriyantono, R. (2007). Teknik praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relation, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana, 268

Pease, A. & B. (2007). Why men don’t listen and women can’t read maps. (I. B. Koesalamwardi, Trans). Jakarta: Ufuk Press

Riffaterre, M. (1978). Semiotics of poetry. Bloomington & London, Inggris: Indiana Unversity Press, 164-166

Sangadji, E.M., & Sopiah. (2016). Perilaku konsumen: pendekatan praktis disertai: himpunan jurnal penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi

Setianingsih, I. (2007). Notasi dan teknik permainan musik kecapi pada kesenian tradisional Jaipong Dodo Gedor Grup di kelurahan Soklat kabupaten Subang provinsi Jawa Barat. Tugas Akhir Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, 7

Sobur, A. (2003), Semiotika komunikasi Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sobur, A. (2004). Semiotika komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sobur, A. (2009). Semiotika komunikasi. Bandung : PT Remaja

Sobur, A. (2012), Analisis teks media : Suatu pengantar analisis wacana, analisis semiotika, dan analisis framing. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sudjiman, P dan Aart Van Zoest. (1996), Serba-serbi semiotika. Jakarta: Gramedia

Suprapto, T. (2009). Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. Yogyakarta, Indonesia: MedPress




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v4i2.217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright