PENGARUH SALES PROMOTION SHOPEE INDONESIA TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN Studi Kasus: Impulse Buying pada mahasiswa STIKS Tarakanita

Patricia Felita, Elsie Oktivera

Abstract


the purpose of this research to know e-commerce marketing communication strategy that is Shopee Indonesia, this site use sales promotion strategy with online media. Various interesting promotional promotions make consumers often do impulse buying. Development factors for the use of information and communication technology (ICT) make it easier for consumers to make online purchases.Researchers want to The Influence of Sales promotion Shopee Indonesian Decision Impulse buying Online at Student STIKS TARAKANITA. This research has 2 variable that is Sales Promotion as X variable and Impulse buying as variable Y. The theory used in this research is communication theory, Marketing Communication, Mix of Promotion and Impulse buying. This research was conducted on March-July 2018 at STIKS Tarakanita. Methods This study uses quantitative research methods using primary data, the questionnaires were distributed directly to STIKS Tarakanita students with shopee accounts totaling 130 students. Test Validity, Reability, Normality, Linearity, Regression Simple, Correlation, and Determination conducted in this study processed using IBM SPSS Statistic 22.0. The results of this study there is influence of sales promotion Shopee Indonesia to impulse buying in STIKS Students Tarakanita 52% the remaining 48% influenced by other variables not included in this research model.



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran e-commerce yaitu Shopee Indonesia, situs ini menggunakan strategi promosi penjualan dengan media online. Berbagai Sales promotion yang menarik membuat para konsumen sering melakukan impulse buying. Faktor perkembangan pemanfaatan teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) mempermudah konsumen dalam melakukan pembelanjaan online. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui pengaruh sales promotion Shopee Indonesia terhadap impulse buying pada mahasiswa STIKS TARAKANITA. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu sales promotion sebagai variabel X dan Impulse buying sebagai variabel Y. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah ilmu komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Bauran Promosi dan Impulse buying. Penelitian ini dilaksanakan pada Maret-Juli 2018 bertempat di STIKS Tarakanita. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer, yang kuesioner disebarkan langsung kepada mahasiswa STIKS Tarakanita yang memiliki akun shopee yang berjumlah 130 mahasiswa. Uji Validitas, Reabilitas, Normalitas, Linearitas, Regresi Sederhana, Korelasi, dan Determinasi yang dilakukan pada penelitian ini diolah menggunakan IBM SPSS Statistic 22.0. Hasil penelitian ini menjunjukan terdapat pengaruh sales promotion Shopee Indonesia terhadap impulse buying pada Mahasiswa STIKS Tarakanita sebesar 52% sisanya 48% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Keywords


Impulse buying, Sales promotion, e-commerce,ICT

References


Buku

Effendy, Onong Uchjana. (2001). Ilmu Komunikasi: Teori and Praktek, Bandung: PT. Remaja Rosadakarya

Belch, George and Belch, Michael. (2015). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective, New York: McGraw Hill.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. (2009).Manajemen Pemasaran13rd, edition,jilid 1. Penerbit : Erlangga, Cirakas, Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Keller. (2012). Marketing management 14 E, New Jersey: Pearson.

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana

Mulyana, Deddy. (2009). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Priyatno, Duwi. (2008). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS, Cetakan ketiga, Yogyakarta : Media Kom.

Jurnal

Duarte, P., Raposo, M., & Ferraz, M. (2013). Drivers of snack foods impulse buying behaviour among young consumers. British Food Journal, 115(9), 1233–1254. https://doi.org/10.1108/BFJ-10-2011-0272

Tinne, W.S., (2010), Impulse Purchasing: A Literature Overview. ASA University Review, Vol. 4, No. 2.

Arifianti , Ria,2017, Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Impulse buying Pada Hypermarket Di Kota Bandung , Bandung

Semuel, H., (2005), Dampak Respons Emosi Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Online dengan Sumberdaya yang dikeluarkan dan Orientasi Belanja sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 8, No. 2.

Denny Kurniawan dan Yohanes Sondang Kunto,SSi, MSc.,2013, Pengaruh Promosi Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse buying Dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Di Matahari Department Store Cabang Supermall Surabaya, Surabaya

Yushita, 2016, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunkasi (Tik) Sebagai Inovatif Pembelajaran Dan Strategi Promosi Pada Perguruan Tinggi Di Era Digital,




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v4i2.229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright