STRATEGI REBRANDING C RADIO SEMARANG

naiza rosalia

Abstract


Perusahaan media perlu membuat perubahan secara berkala, tidak terkecuali radio sehingga mereka tidak ditinggalkan oleh pendengar mereka, terutama ketika bisnis dan branding sudah tidak menguntungkan. Radio C Semarang melakukan rebranding setelah 4 tahun bertahan dengan konsep dewasa muda, banyak perubahan yang dilakukan oleh Radio C Semarang, mulai dari konsep penyiaran hingga nafas dari setiap output produknya. Rrranding ini dilakukan setelah C Radio Semarang merasakan tumpang tindih dengan perusahaan saudaranya, yaitu Radio Idola, mulai dari segmentasi pendengar yang dibuat dan juga program yang diberikan kepada pendengarnya, dan ini tidak memiliki dampak positif pada C Radio Semarang Oleh karena itu, peneliti akan mengeksplorasi strategi apa yang sedang dilakukan oleh C Radio Semarang dalam kegiatan rebrandingnya. Hasil penelitian ini adalah bahwa ada beberapa hal yang dilakukan oleh C Radio Semarang, yaitu spesifikasi pangsa pasar, kreativitas produk, penguatan promosi. ketiga hal ini menjadi kekuatan dari strategi rebranding C Radio Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metodologi studi kasus dan menggunakan wawancara mendalam sebagai cara untuk mendapatkan data.

Keywords


RADIO, BRANDING, REBRANDING



DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v5i1.263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright