Kontestasi Partai Politik Baru dalam Memenangkan Pemilu 2019 di Kabupaten Ogan KOmering Ulu

Dian Novitasari, Akhmad Rosihan, Bianca Virgiana

Abstract


Penelitian ini ingin melihat bagaimana kontestasi partai politik baru dalam memenangkan suara masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui deep interview dengan para pengurus partai politik baru di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Dalam Pemilu 2019 terdapat empat partai politik baru yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Garuda, dan Partai Bekarya. Melalui pendekatan model Strategi Perolehan Pemenuhan Kebutuhan Marwell dan Schmitt ditemukan bahwa partai politik baru belum mempunyai gagasan besar didaerah dalam hal misi membangun daerah, hanya melanjutkan apa yang ada di Pusat. Kemudian yang perlu disoroti adalah mengenai pengkaderan partai yang belum maksimal, hanya sebatas insidental dan faktor kedekatan dalam merekrut anggota maupun calon legislatif partai tersebut. Partai politik baru di daerah belum dapat mentransformasi visi misi pusat secara sederhana sehingga bisa diterima oleh masyarakat di daerah.

Keywords


Kontestasi, Partai Politik Baru, Pemilu

References


Arifin, Anwar.2003. Komunikasi Politik: Paradigma-Teori-Aplikasi-Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia. Jakarta: PT. Balai Pustaka.

Baxter, A. L., & Babbie, E.2004. The Basic of Communication Research. Belmont, CA: Wadsworth.

Littlejohn, Stephen W & Karen A.Foss.2009. Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Marijan, Kacung.2010. Sistem Politik Indonesia: Konsolidasi Demokrasi Pasca-Orde Baru, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Patton, M. Q. 2002. Qualitative research and evaluation methods (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Robert Harmel, “On the Study of New Parties,” International Political Science Review, Vol 6, No. 4. (October 1985), 403-418. Diunduh 7 Oktober 2018 pukul 22.30).

Scrooder, Peter. 2009. Strategi Politik. Jakarta:FNS

Surbakti, Ramlan.1992. Memahami Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia

______________.2010. Memahami Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia

Syafiie, Inu Kencana. 2010. Ilmu Politik, Jakarta: Rineka Cipta

West, R. & Turner, H,. L. 2008. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi, 3rd ed. Penerjemah: Maria Natalia Damayanti Maer. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v5i1.264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright