Analisis multimodalitas terhadap kefiguran Ma’ruf Amin pada Kontestasi Pemilihan Presiden 2019

Agustinus Rustanta

Abstract


Dalam konstelasi pemilihan presiden 2019 ada yang sangat menarik. Kubu Prabowo dengan cepat mengumumkan calon wakil presidennya namun justru Jokowi tidak segera mengumumkan calon wakil presiden pilihannya. Bahkan sampai detik-detik terakhir, Jokowi justru membiarkan isu calon wakil presiden ini bergulir di masyarakat. Tanpa diduga-duga Jokowi justru memilih orang yang tidak pernah masuk dalam pembicaraan di masyarakat. Pilihan Jokowi juga membuat beberapa nama yang berinisial M seperti yang disampaikan sendiri bahwa calon wakil presiden pilihannya benisial M. Secara mengejutkan ia mengumumkan bahwa calon wakil presiden pilihannya adalah Ma’ruf Amin, seorang ulama senior sekaligus Ketua MUI saat diumumkan. Isu pemilihan Ma’ruf Amin pada penelitian ini fokus pada teori pertukaran sosial dan konsep marketing politik dari Jennifer Lees khusunya model MOP (Market Oriented Product) dengan pendekatan kualitatif multimodalitas. Sebagai pisau analisis dipergunakan pisau analisis teks visual yang mampu menggali lebih dalam terhadap makna non verbal Jokowi dengan memutuskan memilih Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden. Data berupa foto penetapan calon Presiden dan calon wakil presiden dan dianalisis dengan anlisis teks digital.Temuan penelitian ini adalah bahwa pemilihan Ma’ruf Amin merupakan pilihan yang paling tepat dan akurat untuk mengalahkan Prabowo kedua kalinya. Dengan memilih Ma’ruf Amin, Jokowi sudah menang sebelum bertanding melawan Prabowo. Ma’ruf merupakan simbol, sarana, dan sumber kemenangan Jokowi.

Keywords


Semiotika; Ulama; Pertukaran sosial, Marketing politik

References


Shahreza, Mirza. 2017. Komunikator Politik Berdasarkan Teori Generasi. Jurnal of Communication, Vol. 1., No. 1 halaman 33-48.

Meliana, Yos Horta & Nurdiansyah, Taufik. 2019. Pengaruh Media Sosial Instagram Joko Widodo terhadap Elektabilitas Joko Widodo pada Pilpres 2019. Jurnal Pustaka Komunikasi, Vol. 2, No. 2 halaman 234-246.

Juniarti, Gita, Yofiendi Indah Indainanto, Patria Yulida Augustine. 2018. Strategi Joko Widodo Membentuk Manajemen Kesan di Instagram Menjelang Pilpres 2019. Jurnall Imu Komunikasi, Vol. 7, No. 2 halaman 116-132.

Setiowati, Rini. 2015. Strategi Pemenangan Jokowi-JK pada Pemilu Presiden 2014. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol. 1 No. 3 halaman 361-375.

Linda D. Molm, Theoritical Comparaitons of Forms of Exchange, dalam Sociological Theory, Vol 21, No. 1, Mar., 2003, hlm., 3-4

George Ritzer – Douglas J. Goodman, Teori Sosiologi Modern, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008, hlm., 375

Ritzer G & Goodman. 2008. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana Prenada Media group

Cook, K.S & Whitmeyer J.M. 1992. Two Approaches to Social Structure: Exchange Theort and Network Analysis

Lee-Marshment, J (2009). Political Marketing : Principles and applications. London: Routledge.

Liliker, Darren G (2006).Political Communication. London: Sage Publications Ltd.

Lilleker, D.G. & Lees-Marshment, J. (2005) Conclusion. In Lilleker, D. and Lees-Marshment,

J. (eds.) Political Marketing in Comparative Perspective. Manchester: Manchester University

Press.

Website

https://news.detik.com/berita/4400899/bicara-diserang-hoax-pki-jokowi-itulah-kejinya-politik

https://www.liputan6.com/pilpres/read/3470468/jokowi-bisa-gagal-di-pilpres-2019-bila-salah-pilih-cawapres

https://www.liputan6.com/pilpres/read/3590944/jokowi-pamer-cawapres-pilih-siapa

https://www.liputan6.com/pilpres/read/3614998/4-pertanda-mengejutkan-di-detik-detik-jokowi-pilih-maruf-amin

https://www.jawapos.com/nasional/politik/10/08/2018/pilih-maruf-amin-jokowi-gugurkan-stigma-musuhi-ulama/

https://islami.co/jika-jokowi-terpilih-memang-adzan-benar-akan-dilenyapkan/

https://www.liputan6.com/pilpres/read/3903906/jokowi-katanya-kalau-saya-menang-enggak-boleh-azan-ini-kebangetan

https://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/pnj0bu430/tidak-ada-azan-jika-jokowi-menang-jk-di-mana-logikanya

https://www.tribunnews.com/nasional/2018/07/07/jawaban-jokowi-dan-prabowo-saat-ditanya-calon-pendampingnya-di-pilpres

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180809180812-32-320989/jokowi-pilih-maruf-amin-sebagai-cawapres-di-pemilu-2019

https://www.jawapos.com/nasional/politik/28/03/2018/figur-cawapres-masih-misteri-jokowi-dan-prabowo-saling-tunggu/

https://www.beritasatu.com/politik/483845/april-prabowo-dideklarasikan-sebagai-capres

https://tirto.id/jokowi-beberkan-cawapres-mulai-dari-tgb-mahfud-md-hingga-airlangga-cPf6

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180716112446-32-314444/jokowi-akui-mahfud-md-dan-tgb-masuk-daftar-cawapres

https://nasional.tempo.co/read/1115551/jokowi-ungkap-alasannya-pilih-maruf-amin-jadi-cawapres




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v5i1.281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright