Manajemen Hubungan Influencer Media Sosial: Kesadaran Pengikut Dewi Sandra Akan Dukungan Niat Beli Wardah

Aurel Raisha Sandy, Niken Febrina Ernungtyas

Abstract


Media sosial dinilai mampu membangun ikatan yang baik bagi konsumen. Sebagian besar perusahaan bersaing untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka dalam berbagai cara inovatif untuk menghasilkan niat membeli produk. Jadi dalam penelitian ini, peneliti akan mengetahui tentang hubungan melalui Influencer-Followers, eWom, dan niat beli. Menggunakan survei online (N = 31), yang terdiri dari siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik Purposive Sampling untuk memperoleh sampel. Pengumpulan data dalam proses penilaian dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner online. Hasil analisis yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan ada hubungan influencer-follower dengan niat beli.

Keywords


Hubungan Influencer-Followers, E-Wom, Niat Beli

References


Abidin, C., & Ots, M. (2015). The Influencer’s dilemma: The shaping of new brand professions between credibility and commerce. “Media Branding Revised: Participative Audiences and Their Consequences for Media Branding, 1–12.

Agustini, P. M. (2005). Membangun Loyalitas Pelanggan “Citilink” Garuda: Tinjauan Manajemen Hubungan Pelanggan. (56), 297–312.

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behavior (Second Edi). New York.

Ajzen, I., & Fishbein, M. (1978). Attitudinal and normative variables as predictors of drinking behavior. Journal of Studies on Alcohol, 39(7), 1178–1194. https://doi.org/10.15288/jsa.1978.39.1178

Anidia, A. (2016). ANALISIS PENGARUH SIKAP, NORMA SUBYEKTIF, DAN KONTROL PERILAKU YANG DIRASAKAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK PRIVATE BRAND ALFAMART DI SEKITAR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Arista, E. D., & Triastuti, S. R. (2011). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayan Merek dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen. In Jurnal Aset (Vol. 13). Semarang.

Boerman, & Reijmersdal, V. (2016). Informing consumers about ’ hidden ’ advertising . A literature review of the effects of disclosing sponsored content.

Boerman, S. C., van Reijmersdal, E. A., & Neijens, P. C. (2012). Sponsorship Disclosure: Effects of Duration on Persuasion Knowledge and Brand Responses. Journal of Communication, 62(6), 1047–1064. https://doi.org/10.1111/j.1460-2466.2012.01677.x

Dhanesh, G. S., & Duthler, G. (2019). Relationship management through social media influencers: Effects of followers’ awareness of paid endorsement. Public Relations Review, 45(3), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2019.03.002

Djafarova, E., & Rushworth, C. (2017). Exploring the credibility of online celebrities’ Instagram profiles in influencing the purchase decisions of young female users. Computers in Human Behavior, 68, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.11.009

Gurevitch, M., Coleman, S., & Blumler, J. G. (2009). Political communication -old and new media relationships. Annals of the American Academy of Political and Social Science, 625(1), 164–181. https://doi.org/10.1177/0002716209339345

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.

Hartini, S. (2012). Perilaku Pembelian Smartphone : Analisis Brand Equity dan Brand Attachment. Jurnal Mitra Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 75–86.

Karppi, T. (2018). Engage. In Disconnect. https://doi.org/10.5749/j.ctv65sz27.4

Kertamukti, R. (2015). INSTAGRAM DAN PEMBENTUKAN CITRA (Studi Kualitatif Komunikasi Visual dalam Pembentukan Personal Karakter Account Instagram @basukibtp). (May 2015).

Khamis, S., Ang, L., & Welling, R. (2017). Self-branding, ‘micro-celebrity’ and the rise of Social Media Influencers. Celebrity Studies, 8(2), 191–208. https://doi.org/10.1080/19392397.2016.1218292

Martínez, P., Moreno, A. J., Jimenez, M. P., Varo, I., & Abellán, M. (2017). Social networks’ unnoticed influence on body image in Spanish university students. Telematics and Informatics. https://doi.org/10.1016/j.tele.2017.08.001

Michael, C. (2013). Social Media Security: Leveraging Social Networking While Mitigating Risk. Waltham.

Permatasari, D. (2018). HUBUNGAN PENGGUNAAN FITUR INSTA STORY SEBAGAI MEDIA PROMOSI DENGAN MINAT BELI PRODUK WELLBORN. In HUBUNGAN PENGGUNAAN FITUR INSTA STORY SEBAGAI MEDIA PROMOSI DENGAN MINAT BELI PRODUK WELLBORN. Bandung.

Rahyuda, I. K., & Atmaja, N. P. C. D. (2017). Pengaruh Kewajaran Harga, Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Penerbangan Domestik Gia Di Denpasar. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 15(3), 370. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2011.v15.i3.2301

Ramdhani, N. (2016). Penyusunan Alat Pengukur Berbasis Theory of Planned Behavior. Buletin Psikologi, 19(2), 55–69. https://doi.org/10.22146/bpsi.11557

Ratnasari, A., Hamdan, Y., & Julia, A. (2015). Anne Ratnasari, 2 Yusuf Hamdan, 3 Aan Julia.

Richins, S. (2015). Social Media Use in Health. Emerging Technologies in Healthcare, (March), 81–86. https://doi.org/10.1201/b18431-6

Rini, E. S., & Astuti, D. W. (2012). Pengaruh Agnes Monica Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Pembentukan Brand Image Honda Vario. In Jurnal Bisnis dan Manajemen (Vol. 6). Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BISMA/article/view/45

Sallam, M. A. A. (2011). The Impact of Source Credibility on Saudi Consumer’s Attitude toward Print Advertisement: The Moderating Role of Brand Familiarity. International Journal of Marketing Studies, 3(4), 63–77. https://doi.org/10.5539/ijms.v3n4p63

Siregar, S. (2017). Metode Pemilihan Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta.

Sterne, J. (2010). Praise for Social Media Metrics. Retrieved from http://dl.motamem.org/social_media_metrics.pdf

Sweetser, K. D. (2010). A losing strategy: The impact of nondisclosure in social media on relationships. Journal of Public Relations Research, 22(3), 288–312. https://doi.org/10.1080/10627261003614401

Syafaruddin Z, Suharyono, S. K. (2016). PENGARUH KOMUNIKASI ELECTRONICWORD OF MOUTH TERHADAP KEPERCAYAAN (TRUST) DAN NIAT BELI (PURCHASE INTENTION ) SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survey Pada Konsumen Online Shopping Zafertech.Com). Bisnis Dan Manajemen, 3, 65–72.

Unud, E. M. (2018). DENPASAR Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Perkembangan teknologi di era globalisasi kini menjadi semakin pesat di berbagai belahan dunia . Perkembangan teknologi ini tidak lepas dari semakin kompleks kegiatan manu. 7(5), 2470–2499.

Wen, L., & Li, S. (2013). a Study on the Relationship Amidst Health Consciousness, Ecological Affect, and Purchase Intention of Green Production. In the International Journal of … (Vol. 5). Retrieved from http://www.ijoi-online.org/attachments/article/34/FINAL ISSUE VOL 5 NUM 4 APRIL 2013.pdf#page=124




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v5i2.295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright