Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp sebagai Sarana Penyelenggaraan Seminar Online

Bunga Wiladatika, Mulia Megantari, Zaenal Abidin Eko Putro

Abstract


Saat ini, masyarakat banyak menggunakan media sosial. Salah satu negara dengan pengguna media sosial terbanyak adalah Indonesia. Salah satu media sosial yang paling digemari adalah Whatsapp. Kini, media sosial Whatsapp dimanfaatkan oleh klub atau organisasi masyarakat untuk menyelenggarakan seminar. Penelitian ini akan membahas bagaimana pemanfaatan sebuah media sosial Whatsapp yang dijadikan sarana untuk menyelenggaran seminar online. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis konten agar dapat menganalisis secara keseluruhan teks yang ada selama penyelenggaran seminar. Seminar dilakukan melalui grup Whatsapp. Seminar online yang diselenggaran di Whatsapp memiliki empat segmen, yaitu perkenalan, pemberian materi, tanya jawab yang terdiri dari empat sesi, dan penutup. Penyelanggaran seminar online dilakukan oleh moderator. Moderator menangani peserta yang akan memberikan pertanyaan. Anggota mengajukan pertanyaan kepada moderator lalu moderator mengumpulkan pertanyaan dan mengirimkan daftar pertanyaan ke grup chat. Lalu, pemateri memberikan closing statement kepada peserta dan notulen membagikan notulensi. Saran dari penelitian ini sebaiknya penyelenggarakan seminar online sebaiknya melibatkan anggota untuk berinteraksi dengan pemateri dan panitia lainnya. Interaksi secara langsung juga diperlukan agar seminar online menjadi lebih interaktif dan lebih hidup.

Keywords


media sosial, new media, seminar, semina online, dan grup Whatsapp

References


Alfarizi, K.M. (2018, Mei 8). Ini 6 Aplikasi Jejaring Sosial Terlaris di Dunia. Diperoleh 14 Desember 2018 dari https://tekno.tempo.co/read/1086501/ini-6-aplikasi-jejaring-sosial-terlaris-di-dunia.

Carucci, J & Sharan, S. (2014). Webinars For Dummies. Hoboken, New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Creswell, W.J. (Eds.). (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Los Angeles,California : Sage Publication.

Drisko, W.J. & Maschi, T. (Eds.). (2016). Content Analysis. New York City, NY: Oxford University Press.

Littlejohn, S.W & Foss, K.A. (2009). Encyclopedia of Communication Theory. Thousand Oaks, California : Sage Publication, Inc.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial : Perpektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi.Bandung, Indonesia : Simbiosa Rekatama Media.

Robert, W.B. (2001). Getting Started in Speaking, Training or Seminar Consulting. New York City, NY : John Wiley & Sons, Inc.

Thurlow, C. Lengel, L. Tomic, A. (2004). Computer Mediated Communication : Social Interaction and The Internet. London, Inggris : Sage Publication, Ltd.

Tri, A. H. (2018, Maret 12). 130 Juta Orang Indonesia Tercatat Aktif di Medsos. Diperoleh 14 Desember 2018 dari https://inet.detik.com/cyberlife/d-3912429/130-juta-orang-indonesia-tercatat-aktif-di-medsos.




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v5i2.351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright