POLA KOMUNIKASI PENJUAL TERHADAP PEMBELI PEMPEK DI KOTA PALEMBANG

Elsa Maria Simarmata, Agustinus Rustanta

Abstract


Pola Komunikasi sangat penting dalam mendukung kelancaran proses komunikasi sehari-hari. Pola Komunikasi terbentuk karena adanya kebiasaan berulang yang terjadi secara terus menerus di dalam situasi dan kondisi yang berbeda-beda di dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini fokus pada pola komunikasi yang terjadi antara penjual terhadap pembeli pempek yang terjadi di Restoran Pempek Beringin Gudang Makan-Kenten Street, Jalan MP. Mangkunegara, Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Teori yang digunakan adalah Teori Interaksi Simbolik. Data dikumpulkan dengan cara wawancara mendalam dengan 3 (tiga) orang, yaitu dua orang karyawan dan satu orang konsumen Pempek Beringin. Dari hasil wawancara mendalam dan observasi di lapangan, penulis menemukan bahwa pola komunikasi secara umum sudah dijalankan dengan cukup baik oleh penjual dan pembeli di Restoran Pempek Beringin.

Keywords


Pola Komunikasi, Etnografi dan Interaksi Simbolik

References


Alo, Liliweri. 2013. Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Angrosino, Michael. 2007. Doing Ethnographic and Observational Research. London: SAGE Publications Ltd.

Anita, Sumarni Bayu. 2014. Pempek Palembang. Yogyakarta: Leutikaprio.

Anshori, Dadang S. 2017. Etnografi Komunikasi: Perspekstif Bahasa. Jakarta:

PT RajaGrafindo Persada.

Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Haryono, Akhmad. 2015. Etnografi Komunikasi: Konsep, Metode dan Contoh

Penelitian Pola Komunikasi. Jember: UPT Penerbitan UNEJ.

Littlejohn, Stephen W. 1999. Theories of Human Commnunication. (6th ed.).

Belmont: California.

Morissan. 2010. Teori Komunikasi Massa. Ghalia

Morrisan. 2015. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta:

Prenadamedia Group.

Website:

Academia.edu. “Bangunan Tua”

https://www.academia.edu/6837942/KONSERVASI_BANGUNAN_TUA-BERSEJARAH

Detak-Palembang.com. “Pempek Beringin sebagai Contoh Sektor Perdagangan Sehat Kota Palembang”

http://detak-palembang.com/2019/08/asisten-iii-kota-palembang-optimis-kota-palembang-akan-kembali-raih-penghargaan-kota-sehat/

Gatra. “Moment Peresmian Kenten Street oleh Walikota Palembang

https://www.gatra.com/detail/news/428656/economy/kenten-street-di-palembang-jadi-destinasi-wisata-kuliner

Sumatera Ekspress.co “Grand Opening Kenten Street”

https://sumeks.co/grand-opening-hari-ini-kenten-street-diskon-50-persen-bagi-pengunjung/

Unila.ac.id. “Aksesibilitas”

http://digilib.unila.ac.id/22954/3/Tesis%20Full%20Teks%20Tanpa%20Bab%0Pembahasan.pdf

Wikipedia. “Kebudayaan Palembang”

https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Palembang




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v6i1.467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright