Pemanfaatan e-WOM sebagai Pemberi Rekomendasi Kuliner di Kalangan Milenial terhadap Akun Instagram @smrfoodies

Sartika Sartika, Romlah Novianti

Abstract


Dalam kepentingan pemasaran produk dan layanan, perusahaan memanfaatkan komunikasi word of mouth. Seiring perkembangan teknologi, word of mouth tidak hanya dapat dilakukan dengan cara bertemu langsung secara tatap muka. Komunikasi dengan pemanfaatan teknologi ini sering disebut dengan electronic word of mouth (e-WOM). Komunikasi ini dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, seperti Instagram. Kebanyakan yang menggunakan komunikasi ini adalah kalangan milenial.Mekanismenya yaitu konsumen membagikan pengalaman kepada orang lain mengenai aktivitas konsumsinya melalui media tersebut. Hal ini berhubungan dengan keanekaragaman kuliner yang ada di Indonesia, kaitannya yaitu banyak pemberi rekomendasi kuliner dikenal dengan istilah food blogger yang menggunakan media Instagram untuk berbagi informasi seputar hal tersebut. Kuliner yang direkomendasi pun ditampilkan dengan nilai estetika sebagai objek foto dan diberi ulasan. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui manfaat e-WOM terhadap kaum milenial melalui metode kualitatif deskriptif dengan wawancara sumber. Simpulan dari penelitian ini yaitu pemanfaatan media sosial oleh kaum milenial sangat memiliki peran penting dalam hal pemasaran online (e-WOM), khususnya food blogger. Dengan banyaknya followers yaitu pada media Instagram tentu membantu hal tersebut serta dapat mendorong adanya interaksi yang baik antar pengguna satu dengan yang lainnya.

Keywords


electronic word of mouth, food blogger, Instagram.

References


Databoks.katadata.com. (2020, 26 Februari).

Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia. Diakses pada tanggal 01 April 2020, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia

M. liputan6.com. (2019, 01 Maret).

Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Vitur Canggihnya. Diakses pada tanggal 06 April 2020, dari https://m.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya.

DOSENPENDIDIKAN. (2019, 15 Oktober).

Pengertian Metodologi Penelitian Menurut Para Ahli Dan Prinsip. Diakses pada tanggal 09 April 2020, dari https://www.dosenpendidikan.co.id/metodologi-penelitian/

DOSEPENDIDIKAN. (2020, 08 Maret).

Penelitian Kualitatif-Pengertian, Ciri, Jenis & Perbedaan. Diakses pada tanggal 09 April 2020, dari https://www.dosenpendidikan.co.id/penelitian-kualitatif/

Viviana, Chintya dan Diah Ayu Chandraningrum. (2018).

Ewom Oleh Kalangan Milenial Terhadap Akun @makansampaikenyang Sebagai Pemberi Rekomendasi Kuliner. Prologia Vol. 2, No. 2, Desember 2018. hal 272-273. Diakses pada tanggal 26 Maret 2020, dari https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/3587

Penelitianilmiah.com. (2019, 19 Mei).

Pengertian Studi Kasus, Jenis, Tujuan, dan ContohnyaPenelitianIlmiah.Com. Diakses pada tanggal 09 April 2020, dari https://penelitianilmiah.com/studi-kasus/

REPBULIKA.co.id. (2016, 26 Desember).

Mengenal Generasi Milenial. Diakses pada tanggal 09 April 2020, dari https://republika.co.id/berita/ois64613/mengenal-generasi-millennial

Sari, Fungkiya dan Edriana Pangestuti. (2018).

Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-wom) Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Studi Pada Wisata Coban Rais BKPH Pujon). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 54 No. 1. Diakses pada tanggal 04 Mei 2020, dari http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2231

Laksmi, Aditya Ayu Dan Farah Oktafani. (2016).

Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Minat Beli Followers Instagram Pada Warunk Upnormal. Jurnal Computech & Bisnis Vol. 10, No. 2, Desember 2016. Diakses pada tanggal 04 Mei 2020, dari http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/149/172

Aransyah, Muhammad Fikry,. Finnah Fourqoniah dan Amjad Hamad Abdullah. (2019). The Review Study of Halal Products and Its Impact on Non-Muslims Purchase Intention. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 4, No. 2, 2019. Diakses pada tanggal 04 Mei 2020, dari http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ikonomika/article/view/5355/pdf




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v6i2.548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright