Stimulus Promosi Penjualan Produk Bubble Tea pada Aplikasi Digital Payment Membentuk Keputusan Pembelian

Elsie Oktivera, Gabriella Viana Melisantinny

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis promosi penjualan yang dilakukan oleh Chatime melalui aplikasi digital payment Gopay dalam upaya membentuk keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui studi kasus deskriptif, yang menggunakan hasil wawancara dan observasi sebagai data utama. Informan pada penelitian ini berjumlah sepuluh orang yang dipilih berdasarkan kriteria yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil temuan dari penelitian ini adalah informan mengambil keputusan membeli produk Chatime karena adanya promosi penjualan dalam bentuk cashback yang dilakukan jika melakukan pembelian dengan menggunakan digital payment Gopay. Penerapan promosi penjualan dengan yang dilakukan Chatime telah memberikan dorongan konsumen dalam keputusan pembelian produk. Selain didorong oleh promosi penjualan, keputusan pembelian konsumen juga terbentuk karena kemudahan dan kenyamanan dari aplikasi Gopay saat bertransaksi.

References


Daftar Pustaka

Aco, A., & Endang, A. H. (2017). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Insypro, 2, 1–13.

Databoks.katadata.(2019).Inilah daftar dompet digital terbesar di Indonesia ( Online ).Available :http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/08/23/inilah-daftar-dompet-digital-terbesar-di -indonesia(2019,Agustus

Databoks.katadata.(2018).Gopay uang elektronik terpopuler di Indonesia ( Online ).Available :http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/13/gopay-uang-elektronik-terpopuler-di -indonesia(2018,Februari)

Databoks.katadata.(2018).e-commerce mendorong popularitas transaksi non tunai ( Online ).Available :http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/09/20/gopay-uang-elektronik-terpopuler-di -indonesia(2018,September)

Gunadarma, A. U., Trihasta, D., Fajaryanti, J., Gunadarma, U., Gunadarma, U., & Sistem, E. (2008). “ E-payment ” SISTEM. Kommit, 20–21.

Huwaydi, Y., & Persada, S. F. (2018). Analisis Deskriptif Pengguna Go-Pay di Surabaya. Jurnal Teknik ITS, 7(1), 1–5. https://doi.org/10.12962/j23373539.v7i1.28827

Kotler&Keller. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 1–9.

Mothersbaugh, D. L., & Hawkins, D. I. (2016). Consumer Behavior Building Marketing Strategy (13th Edn) McGrawhill. www.mhhe.com

Oktivera, E. (2019). Pengaruh Sales Promotion Shopee Indonesia Terhadap Impulsive Buying Konsumen Studi Kasus : Impulsive Buying Pada Mahasiswa Stiks Tarakanita. 4(April), 111–137.

Rohmah, M. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Situs Jual Beli Online Elevenia. Jom Fisip, 5, 1–13.

Shimp, T. A., & Andrews, C. J. (2013). Advertising, Promotion, And Other Aspects of Integrated Marketing Communication. In Integrated Marketing communications. https://doi.org/10.1300/J057v01n01




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v7i1.628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright