Reception Analysis terhadap Kehadiran Jokowi dan Prabowo pada Pernikahan Atta dan Aurel di Postingan Akun Twitter @KemensetnegRI

Vivi Nur Afifah, Herlina Suksmawati

Abstract


Twitter @KemensetnegRI is the Twitter account of the State Secretariat who is tasked and responsible to the President for State activities. The presence of Jokowi and Prabowo at Atta and Aurel’s wedding in the midst of the Covid-19 pandemic was posted on the Twitter account @KemensetnegRI. The posting of the presence of Jokowi and Prabowo caused a lot of controversy among netizens. This study aims to find out how the reception analysis of the presence of Jokowi and Prabowo at Atta dan Aurel’s wedding posted on the Twitter account
@KemensetnegRI. This study uses a qualitative approach with Stuart Hall’s reception analysis method which is categorized into three types of reception. The result of this study indicate that the acceptance of netizens in receiving news related to the presence of Jokowi and Prabowo at Atta and Aurel’s wedding posted on the @KemensetnegRI Twitter account has different views. In receiving the news, one informant occupies the
Dominant Hegemonic Position, indicating that the informant accepts the news, two informants occupy the
Negotiated Position, indicating that they accept the news but also provide input and suggestions, and others
mostly occupy the Oppostional Position, indicating that the informant does not accept and does not agree with
the news.

Abstrak

Twitter @KemensetnegRI merupakan akun Twitter Kesekretariatan Negara yang bertugas dan bertanggung jawab kepada Presiden atas kegiatan Kenegaraan. Kehadiran Jokowi dan Prabowo pada pernikahan Atta dan
Aurel ditengah Pandemi Covid-19 diposting di akun Twitter @KemensetnegRI. Atas postingan kehadiran Jokowi dan Prabowo tersebut menimbulkan banyak kontroversi di kalangan netizen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana reception analysis terhadap kehadiran Jokowi dan Prabowo pada pernikahan Atta dan Aurel di postingan akun Twitter @KemensetnegRI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode reception analysis Stuart Hall yang dikategorikan ke dalam tiga tipe penerimaan. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa penerimaan netizen dalam menerima pemberitaan terkait kehadiran Jokowi dan Prabowo pada pernikahan Atta dan Aurel yang diposting di Twitter @KemensetnegRI memiliki pandangan yang
berbeda-beda. Dalam penerimaan pemberitaan tersebut satu informan menempati pada posisi Dominant hegemonic position, menandakan bahwa informan menerima pemberitaan tersebut, dua informan menempati
pada posisi Negotiated Position, menandakan menerima pemberitaan tersebut tpi juga memberikan masukkan dan saran dan lainnya sebagian besar menempati pada posisi Oppositional position, menandakan bahwa informan tidak menerima dan tidak setuju dengan pemberitaan tersebut.

Keywords


Reception Analysis, Kehadiran Jokowi dan Prabowo, Twitter

References


Juditha, C. (2015). "Fenomena Trending Topic Di Twitter: Analisis Wacana Twit #Savehajilulung Trending Topic Phenomenon on Twitter: Discourse Analysis of Tweet #Savehajilulung. Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 16(2), 138–154.

Kietzmann, J. H. et al. (2011). Sosial media ? Get serious ! Understanding the functional building blocks of sosial media’, Business Horizons. ‘Kelley School of Business, Indiana University’, 54(3), pp. 241–251. doi: 10.1016/j.bushor.2011.01.005.

Puspita, Y. (2015). Pemanfaatan New Media dalam Memudahkan Komunikasi dan Transaksi Pelacur Gay The Usage of New Media to Simplify Communication and Transaction of Gay Prostitute.18(3), pp. 203–212.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa, Edisi 6 Buku 1. In Jakarta: Salemba Humanika.

Salemba Humanika.

Miles, matthew B & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang

Metode-Metode Baru. Universitas Indonesia.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mulyana. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Imu Komunikasi dan Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis Volume 7 - Nomor 2 – April 2022 162 Ilmu. Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. In Bandung: Simbiosa Rekatama Media (Vol. 2016).

Nazhifah. (2014). Pengaruh Twitter Terhadap Perilaku Kecanduan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Jom FISIP, 2, 2.

Ningsih, W. L. (2018). PENERIMAAN FANBOY DI SURABAYA TERHADAP GAMBARAN PRIA METROSEKSUAL YANG DIREPRESENTASIKAN MELALUI MUSIC VIDEO OLEH BOYBAND K-POP BIG BANG’, Jurnal Fisip, 22(071311533087), pp. 1–12. Available at:

http://repository.unair.ac.id/70590/3/JURNAL_Fis.K.22 18 Nin p.pdf.

Nurcholis Majid, M. (2020) ‘Analisis Resepsi Mahasiswa Terhadap Pemberitaan Hoax di Media Sosial’,

ETTISAL Journal Of Communication, 5(2), pp. 227–237. Available at:

https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/ettisalhttp://dx.doi.org/10.21111/ejoc.v5i2.4655.

Nuryanto, H. (2012). Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT Balai Pustaka (Persero).

Puspita, Y. (2015). Pemanfaatan New Media Dalam Memudahkan Komunikasi dan Transaksi Pelacur Gay. Jurnal Pekommas, 18, 206.

Rosini, R., & Nurningsih, S. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pencarian dan Komunikasi Informasi Kesehatan. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(2), 226–237.

Santoso, S. (2021) ‘“Analisis Resepsi Audiens Terhadap Berita Kasus Meiliana di Media Online”’, Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 12(2), pp. 140–154.

Available at: https://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/13285.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Zarella, D. (2010). The Sosial Media Marketing Book. In Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta Anggota IKAPI. PT Serambi Ilmu Semesta Anggota IKAPI




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v7i2.687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright