Strategi Komunikasi Pemasaran Efektif Brand AUM Apparel pada Media Sosial Instagram

I Gede Ketut Suntabisena Kasmirada, Itca Istia Wahyuni

Abstract


Instagram becomes one of the options by umkm and brand to market products. With social media growth, many business fashion industries use it to carry out marketing activities. One of the local brand in fashion in the activewear business that incorporated an effective marketing communication strategy in marketing its product was AUM Apparel. The study focused in describing an effective brand aum apparel communication strategy on social media instagram. The study employed qualitative descriptive methods with a constructive paradigm. The validity technique of data using the method of triangulation. In the strategic planning phase, AUM Apparel implemented a determination of segmentation, a market target and a detailed positioning that contributed to success in executing the strategy they had. In the execution of strategy, the effective method of marketing strategy was employed aum apparel in communicating the idea in social media of instagram with a content of visual audio and copywriting intended to encourage their audiences to be more confident with aum apparel products. In the evaluation stage, aum apparel used the report and the response of the audience to strategize a new strategy and take the next step in the event of misappropriation of the existing strategy. The researchers formulated that AUM Apparel had been successful in implementing a marketing communication strategy


Abstrak

Instagram menjadi salah satu opsi oleh UMKM serta brand guna memasarkan produk. Dengan terdapatnya pertumbuhan media sosial Instagram, banyak industri fashion bisnis yang memakainya guna melaksanakan aktivitas pemasaran. Salah satu brand lokal dalam bidang fashion bisnis activewear yang mengaplikasikan strategi komunikasi pemasaran efektif dalam memasarkan produknya yaitu AUM Apparel. Penelitian ini berfokus dalam mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran efektif brand AUM Apparel pada media sosial instagram. Penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Pada tahap perencanan strategi, AUM Apparel menerapkan penentuan terhadap segmentasi, target pasar serta positioning yang terperinci sehingga menunjang kesuksesan dalam mengeksekusi strategi yang mereka miliki. Pada tahap pelaksanaan strategi, teori strategi komunikasi pemasaran efektif diterapkan AUM Apparel dalam mengomunikasikan main idea di dalam media sosial Instagram dengan wujud konten berbentuk audio visual dan copywriting yang bertujuan untuk mengajak audiens mereka untuk lebih percaya diri dengan produk AUM Apparel. Dalam tahap evaluasi, AUM Apparel menggunakan report serta respon dari audiens guna menyusun strategi baru dan mengambil tindakan berikutnya disaat terjadinya tidak kesesuaian pada strategi yang telah dilakukan. Peneliti merumuskan bahwa AUM Apparel sudah sukses dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran efektif di media sosial instagram.

Keywords


AUM Apparel, Instagram, Media Sosial, Strategi Komunikasi Pemasaran Efektif

References


Abidin, Y. Z. (2015). Manajemen Komunikasi Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Pustaka Setia.

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.

Bungin, B. (2015). Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana Prenada Media.

Handoko, T. (2020). Membangkitkan UMKM di Masa Pandemi dengan Inovasi dan Teknologi. http://lipi.go.id/siaranpress/membangkitkan-umkm-di-masa-pandemi-dengan-inovasi-dan-teknologi/22212

Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Cakra Ilmu.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Pustaka.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Soemanagara, R. D. (2008). Strategic Marketing Communication. Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Anggota Ikatan Penerbit Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta CV.

Widjajanto, K. (2013). Perencanaan Komunikasi Konsep dan Aplikasi. Ultimus.




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v7i2.710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright