Pengaruh Product Placement Kopiko dalam Drama Korea Vincenzo terhadap Respon Khalayak

Ashaffa Rizky Meidianti, Rah Utami Nugrahani

Abstract


Advertising is the most used marketing communication mix by marketers. However, there are behavioral changes where consumers object to being forced to watch advertisements, resulting in zapping and zipping behavior. The use of advertisements inserted in a program, or product placement, still considered a non-priority for marketers. Despite that, one product that uses product placement is Kopiko. Kopiko is an Indonesian product that uses product placement in Korean drama Vincenzo. This research aims to find out how much Kopiko's product placement in Korean drama Vincenzo impacted audience response. This research uses quantitative methods. The sample were chosen using non-probability sampling method purposive sampling type, with the number of respondents 410 people. Data analysis technique used is descriptive analysis and simple linear regression analysis. According to the results of hypothesis testing, Kopiko's product placement in Korean drama Vincenzo has a significant impact towards audience response, as shown by tcount > ttable (8,337 > 1,965). Based on coefficient determination, Kopiko's product placement in Korean drama Vincenzo has 14,6% impact towards audience response, while 85,4% influenced by other factors not examined in this study. So, it can be concluded that Kopiko's product placement in Korean drama Vincenzo has 14,6% impact towards audience response.


Abstrak

Iklan merupakan bauran komunikasi pemasaran yang paling banyak digunakan oleh pemasar. Namun, terdapat perubahan perilaku dimana konsumen tidak suka dipaksa melihat iklan hingga timbul perilaku zapping dan zipping. Penggunaan iklan yang disipkan dalam suatu acara atau product placement masih belum menjadi prioritas pemasar. Salah satu produk yang menggunakan product placement yakni Kopiko. Kopiko merupakan produk Indonesia yang menggunakan product placement dalam drama Korea Vincenzo. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh product placement Kopiko dalam drama Korea Vincenzo terhadap respon khalayak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling jenis purpossive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 410 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji hipotesis, product placement Kopiko dalam drama Korea Vincenzo berpengaruh secara signifikan terhadap respon khalayak dibuktikan dengan thitung > ttabel (8,337 > 1,965). Berdasarkan koefisien determinasi, product placement Kopiko dalam drama Korea Vincenzo memiliki pengaruh sebesar 14,6% terhadap respon khalayak sedangkan 85,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa product placement Kopiko dalam drama Korea Vincenzo memiliki pengaruh sebesar 14,6% terhadap respon khalayak.

Keywords


Penempatan produk, iklan, respon khalayak, AISAS

References


Belch, G. E., & Belch, M. A. (2015). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. New York: McGraw-Hill.

d’Astous, A., & Séguin, N. (1999). Consumer reactions to product placement strategies in television sponsorship. European Journal of Marketing, 33(9/10), 896–910. https://doi.org/10.1108/03090569910285832

Dzakiyyah, S. J. (2020). Pengaruh Iklan Web series “Eiger: Jejak Rasa” terhadap Respon Khalayak (Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi). Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi, Bandung. Retrieved from https://repository.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/160963/slug/pengaruh-iklan-web-series-eiger-jejak-rasa-terhadap-respon-khalayak.html

Effendy, O. U. (1990). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Elmira, P. (2021, November 4). Kisah di Balik Kopiko Mejeng di Luar Angkasa hingga Drama Korea. Retrieved October 10, 2021, from Liputan6 website: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4702457/kisah-di-balik-kopiko-mejeng-di-luar-angkasa-hingga-drama-korea

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Penerbit Qiara Media.

Fourqoniah, F., & Aransyah, F. (2020). Buku Ajar Pengantar Periklanan. Klaten: Lakeisha.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Sembilan). In Semarang, Universitas Diponegoro.

Gunawan, C. (2018). Mahir Menguasai SPSS (Mudah mengolah Data Dengan IBM SPSS Statistic 25) . Yogyakarta: Deepublish.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Kaptan, S. (2002). Advertising New Copcepts. New Delhi: Sarup & Sons.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Marketing: An Introduction. Boston: Pearson Education.

Kottler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. England: Pearson Education.

Kriyantono, R. (2013). Manajemen Periklanan: Teori dan Praktik. In Manajemen Periklanan: Teori dan Praktik.

Kumparan. (2021, February 22). Heboh di Medsos! Kopiko Ngiklan di Vincenzo, Drakor Terbaru Song Joong Ki. Retrieved June 16, 2021, from kumparan website: https://kumparan.com/kumparanbisnis/heboh-di-medsos-kopiko-ngiklan-di-vincenzo-drakor-terbaru-song-joong-ki-1vE26MpXIX9

Kurniawan, R., & Yuniarto, B. (2016). Analisis Regresi: Dasar dan Penerapannya dengan R. Jakarta: Kencana.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129.

Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Newel, J., Salmon, T., & Chang, S. (2006). The Hidden History of Product Placement. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 50(4).

Nurhasanah, Y. (2021, May 24). Setelah Debut di Drama Vincenzo, Kali Ini Permen Kopiko Muncul di Drakor Mine. Retrieved August 27, 2021, from cakapcakap website: https://www.cakapcakap.com/setelah-debut-di-drama-vincenzo-kali-ini-permen-kopiko-muncul-di-drakor-mine/

Nuryadi, Astuti, T., Utami, E., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Reily, M. (2017, November 23). Tak Tunggu Jeda, 22% Iklan Disisipkan dalam Acara TV. Retrieved September 20, 2021, from katadata website: https://katadata.co.id/pingitaria/berita/5e9a56252330a/tak-tunggu-jeda-22-iklan-disisipkan-dalam-acara-tv

Russel, C. (1998). Toward a Framework of Product Placement: Theoretical Proposition. Advances in Consumer Research, 25.

Shimp, T. A., & Andrews, J. G. (2018). Advertising, promotion and other spects of integrated marketing communications. USA: Cengage Learning.

Sugiyama, K., & Andree, T. (2010). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing from the World’s Most Innovative Advertising Agency. In McGraw-Hill Education; 1st Edition (December 13, 2010) (Vol. 11).

Sugiyono, Prof. Dr. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Alfabeta, cv.

Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.

Tempo. (2005, March 4). 53 Persen Pemirsa Menilai Iklan TV Membosankan. Retrieved June 10, 2021, from Tempo website: https://koran.tempo.co/read/ekonomi-dan-bisnis/35055/53-persen-pemirsa-menilai-iklan-tv-membosankan

Widyastuti, S. (2017). Manajemen Komunikasi Terpadu. Jakarta Selatan: FEB-UP Press.




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v7i2.726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright