Pengaruh Electronic Word of Mouth di Instagram terhadap Brand Awareness Sisi Barat Cafe

Zulfanul Qahfi, Berlian Primadani Satria Putri

Abstract


Instagram merupakan sebuah tempat atau media online yang saat ini banyak digunakan oleh kalangan anak muda hingga orang dewasa. Dengan adanya peningkatan yang cepat di pengikut Instagram sejak grand opening, penulis tertarik untuk melihat apakah ada dampak electronic word of mouth di sosial media Instagram pada kesadaran merek Pembeli di Sisi Barat Coffee, dan seberapa besar pengaruh electronic word of mouth di Instagram terhadap kesadaran merek konsumen Sisi Barat Coffee yang akan digunakan dalam ulasan ini untuk mengetahui dan seberapa besar "Pengaruh EWOM Akun Sisi Barat Coffee di Instagram terhadap Brand Awareness Konsumen" adalah strategi penelitian kuantitatif. Pengujian ini menggunakan penelitian kuantitatif, karena jenis ini dapat memberikan hubungan antara dua elemen, yaitu EWOM spesifik pada brand awareness. Hasil dari uji regresi linear sederhana yang didapat dari pengolahan informasi dengan bantuan SPSS 25 adalah 1,109. Jadi hasil dari informasi ini dapat menjelaskan apabila variabel EWOM dipandang konstan (0), kesadaran merek adalah 1,109. Sedangkan koefisien regresi pada variabel electronic word of mouth adalah 1,216. Hasil yang didapat dalam pengolahan informasi koefisien determinasi sebesar 66%.

Keywords


Electronic Word Of Mouth; Brand Awareness; Sisi Barat Cafe; Instagram

References


Dahwilani, D. M. (2019). Data dan Fakta Tren Menjamurnya Kedai Kopi Kekinian di Indonesia. INews. https://www.inews.id/travel/kuliner/data-dan-fakta-tren-menjamurnya-kedai-kopi-kekinian-di-indonesia

Hasan, A. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut.

Ibnuismail. (2020). Word of Mouth Adalah Strategi Pemasaran Ampuh untuk Meningkatkan Penjualan. Accurate.Id. https://accurate.id/marketing-manajemen/word-of-mouth-adalah/#:~:text=Keuntungan paling utama dari adanya kegiatan word of,yang merasa ketika menggunakan suatu produk dari perusahaan.

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Laksmi, A. A., & Oktafani, F. (2016). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (eWOM) TERHADAP MINAT BELI FOLLOWERS INSTAGRAM PADA WARUNK UPNORMAL. Jurnal Computech & Bisnis, 10(2), 78–88. www.dailysocial.id

Natakusumah, F. . (2015). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN.

Suciningtyas, W. (2012). Management Analysis Journal. 1(2), 120–128.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, v. wiratna. (2015). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi.

Winadi, J. S. (2017). Hubungan Word of Mouth dengan Brand Awareness Teh Kotak. 3. https://media.neliti.com/media/publications/185778-ID-hubungan-word-of-mouth-dengan-brand-awar.pdf

WOMMA. (2014). The State of Word of Mouth Marketing Survey. https://www.slideshare.net/WOMMAChicago/the-state-of-word-of-mouth-marketing-survey-2014#




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v8i1.810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright