Efektivitas Komunikasi Akun Tiktok @buiramira Sebagai Media Edukasi Akademik Mahasiswa Universitas Riau

Ringgo Eldapi Yozani, Tika Isma Hamida, Evawani Elysa Lubis

Abstract


Tiktok is one type of social media that is not only effective for communicating, but also effectively used as an educational medium. One of the users using Tiktok as an educational medium is the tiktok account @buiramira, where the @buiramira tiktok account contains content about tips for dealing with college problems.This research uses a quantitative approach with descriptive type. The data in this study were obtained from questionnaires distributed online (google form). The population in this study were 29,470 Riau University students as of May 13, 2022. Then using the unknown populations formula, 135 samples were obtained. Furthermore, the sampling technique used in this study is accidental sampling.The results of this study indicate that the measurement of the communication effectiveness scale of the @buiramira tiktok account as an educational medium is obtained by an average of 3.53. This value is obtained from the calculation of the communication effectiveness variable according to Cutlip which consists of seven measurement indicators, namely the Credibility indicator with a value of 3.57 and is included in the very effective scale, Context (context) with a value of 3.59 and is included in the very effective scale. , Content (content) with a value of 3.54 and included in the very effective scale, Clarity (clarity) with a value of 3.50 and included in the very effective scale, Continuity and Consistency (Continuity and Consistency) with a value of 3.44 and included in the scale very effective, Channel (Channel) with a value of 3.62 and included in the very effective scale, Capability of The Audience (Capabilities or Audience Ability) with a value of 3.51 and included in the very effective scale.

Abstrak
Tiktok merupakan salah satu jenis media sosial yang tidak hanya efektif untuk berkomunikasi, tetapi juga efektif digunakan sebagai media edukasi. Salah satu pengguna menggunakan Tiktok sebagai media edukasi adalah akun tiktok @buiramira, dimana akun tiktok @buiramira berisi tentang konten seputar tips menghadap permasalahan kuliah .Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas komunikasi akun tiktok @buiramira sebagai media edukasi akademik mahasiswa Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif.Data-data dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebarkan secara online (google form).Populasi dalam peneltian ini adalah mahasiswa Universitas Riau sebanyak 29.470 orang per tanggal 13 Mei 2022. Kemudian dengan menggunakan rumus uknown populations diperoleh sampel sebanyak 135 orang. Selanjutnya, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengukuran skala efektivitas komunikasi akun tiktok @buiramira sebagai media edukasi diperoleh rata-rata sebesar 3,53. Nilai ini diperoleh dari hasil kalkulasi variabel efektivitas komunikasi menurut Cutlip yang terdiri dari tujuh indikator pengkuran yaitu indikator Credibility (Kredibilitas) dengan nilai 3,57 dan masuk dalam skala sangat efektif , Context (konteks) dengan nilai 3,59 dan masuk dalam skala sangat efektif, Content (konten) dengan nilai 3,54 dan masuk dalam skala sangat efektif , Clarity (kejelasan) dengan nilai 3,50 dan masuk dalam skala sangat efektif , Continuity and Consistency ( Kontinuitas dan Konsistensi) dengan nilai 3,44 dan masuk dalam skala sangat efektif , Channel ( Saluran ) dengan nilai3,62 dan masuk dalam skala sangat efektif, Capability of The Audience ( Kapabilitas atau Kemampuan Audiens) dengan nilai 3,51 dan masuk dalam skala sangat efektif.

Keywords


Efektivitas, Komunikasi Edukasi, Tiktok

References


Bungin, B. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Cutlip, S. M. (2011). Effective Publik Relations. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nurudin, (2018). Media Sosial Agama Baru Masyarakat Milenial. Intrans Publishing

Rasyid, A. (2019). Metode Penelitian Komunikasi. Pekanbaru: UR Press.

Rosady, R. (2004). Metode penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Annur, M. C. (2020). Pengguna Tiktok Naik 20% Selama Pandemi, Terbanyak Konten Edukasi. https://www.google.co.id/amp/s/katadata.co.id/amp/ekarina/digital/5ec2245aa8bc7/pengguna-tiktok-naik-20-selama-pandemi-terbanyak-konten-edukasi

Javier, F. (2021). Tembus 1 Milyar Pengguna,Tik-tok Hanya Butuh 5 Tahun. https://data.tempo.co/data/1230/tembus-1-miliar-pengguna-tiktok-hanya-butuh-5-tahun

Kusuma, P. wahyu N. (2020). Di Balik Fenomena Ramainya Tik-Tok di Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/25/11180077/di-balik-fenomena-ramainya-tiktok-di-indonesia?page=2

Stephanie, C. (2021a). Jumlah Pengguna Aktif Bulanan TikTok Terungkap. https://tekno.kompas.com/read/2021/04/19/14020037/jumlah-pengguna-aktif-bulanan-tiktok-terungkap?page=all

https://www.tiktok.com/diaksespada 1 Maret 2022.

https://datatempo.codiaksespada1 Maret 2022 pukul 10.42.

https://www.cnnindonesia.com/diaksespada1 Maret 2022.

https://unpad.ac.id diakses pada tanggal 2 Maret 2022.

https://apjiii.or.id diakses pada tanggal 2 Maret 2022




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v8i1.856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright