Pengaruh Iklan YouTube #TiketHariRaya terhadap Kesadaran Merek pada Aplikasi Tiket.com
Abstract
Abstrak
Iklan memiliki peran penting membangun kesadaran merek dalam strategi pemasaran, perkembangan teknologi saat ini menyebabkan model pemasaran berubah menjadi digital. Salah satu model digital pemasaran adalah dengan memasang iklan di media sosial, tujuannya untuk memberikan informasi mengenai suatu merek kepada masyarakat yang lebih luas. Pemberian informasi mengenai suatu merek akan menyebabkan meningkatnya kesadaran merek pada konsumen. Kesadaran merek memiliki peran penting dalam keberhasilan sebuah perusahaan. Dalam era digital saat ini, platform media sosial seperti YouTube merupakan saluran yang efektif untuk mempromosikan merek ataupun produk perusahaan. Pada konteks ini, penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh iklan YouTube #TiketHariRaya terhadap kesadaran merek aplikasi Tiket.com pada Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Walisongo yang mudik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana. Data diambil dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk google form yang diisi oleh responden sesuai kriteria. Jumlah sampel sebanyak 110 Mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan YouTube #TiketHariRaya memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 67% terhadap kesadaran merek pada aplikasi Tiket.com. Melalui iklan ini, perusahaan Tiket.com berhasil meningkatkan pengetahuan penonton tentang merek Tiket.com serta meningkatnya kesadaran merek diantara target pasar. Penemuan ini memperhatikan mengenai pentingnya iklan YouTube dalam membangun kesadaran merek dan memperluas jangkauan merek dalam persaingan industri aplikasi perjalanan yang semakin ketat. Manfaat penelitian ini merupakan panduan bagi perusahaan dalam merencanakan strategi iklan yang efektif di platform YouTube untuk meningkatkan kesadaran merek serta memaksimalkan penggunaan aplikasi Tiket.com.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aaker, D. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand name.
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
Andjarwati, R., Kesadaran, P., Rachmawati, S. D., Andjarwati, A. L., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Surabaya, U. N. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi pada Pengguna JNE Express di Surabaya Selatan ) ( The Effect of Brand Awareness and Brand Image on Purchasing Decisions ( Study of JNE Express Users in South Surabaya )). VII(1), 25–29.
Anisa, Y. (2022). Peran Channel Youtube Sebagai Media Alternatif untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika dan Media Informasi pada Tingkat Perguruan Tinggi. Jpmr, 07(01), 13–21. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Christian, M. (2019). Telaah Keniscayaan Iklan Di Kanal Youtube Sebagai Perilaku Khalayak Di Kalangan Milenial. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(02), 141. https://doi.org/10.30813/bricolage.v5i02.1890
Dehghani, M., Niaki, M. K., Ramezani, I., & Sali, R. (2016). Evaluating the influence of YouTube advertising for attraction of young customers. Computers in Human Behavior, 59, 165–172. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.01.037
Fatimah, S., & Nosita, F. (2020). Analisis Efektivitas Iklan Ramayana Berbasis Epic Model Pada Media Sosial Youtube. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 39–54. https://doi.org/10.31937/manajemen.v11i1.1252
Firat, D. (2019). YouTube advertising value and its effects on purchase intention. Journal of Global Business Insights, 4(2), 141–155. https://doi.org/10.5038/2640-6489.4.2.1097
Firmansyah, W. (2022). Pengaruh Tagline Gratis Ongkir dan Iklan YouTube dari Shopee Terhadap Brand Awareness. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 1–12.
Gross, N. dan R. B. J. (2017). Marketing to Gen Xers? Here`s what they`re watching on Youtube. Think With Google. https://www.thinkwithgoogle.com/marketing-strategies/video/marketing-generation-x-youtube-behavior-trends/
Halim, E. S. (2017). "Faktor-Faktor Yang Menjadikan Brand La Classique Tidak Dikenal. Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(4), 419–427.
Handoyo, B. (2018). Strategi Pemasaran Koran Jawa Pos Pada Pt. Jember Intermedia Pers (Radar Jember). Majalah Ilmiah DIAN ILMU, 11(2), 17–46. https://doi.org/10.37849/midi.v11i2.14
Herlyana, F., & Utami, L. S. S. (2020). Pengaruh Daya Tarik Iklan di Konvergensi Media Terhadap Brand Awareness (Studi Iklan Tiket.com di YouTube Pada Kalangan Generasi Z di Jakarta). Prologia, 4(1), 160. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6463
Ilma, L., Rifa’i, F. S. P., & Sulastiana, M. (2022). Perbedaan Persepsi Ad Intrusiveness Iklan Skippable Dan Non-Skippable Pada Platform Youtube. Journal of Psychological Science and Profession, 6(3), 212. https://doi.org/10.24198/jpsp.v6i3.36901
Januaristanti, L. L., & Nugrahani, R. U. (2021). Pengaruh Iklan Youtube “ Iya Juga Ya ” Terhadap Brand Awareness Produk By . U. e-Proceeding of Management, 8(2), 1825–1833.
Juliansyah, D. (2020). Pengaruh Youtube Ads Terhadap Brand Awareness Pada Vivo Smartphone. Jurnal Syntax Transformation, 5(3), 248–253.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. p-ISSN 2549-7332 %7C e-ISSN 2614-1167%0D
Lukitaningsih Ambar. (2013). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN Ambar Lukitaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/670
Nilakandi, A. K. (2021). Pengaruh Terpaan Pesan Iklan#sekotakharapanshopee Dalam Media Sosial Youtube Terhadap Kesadaran Merek (Survey pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2016 pengguna Aplikasi Shopee). Universitas Muhammadiyah Malang.
Norazah, M. S. (2014). Customer satisfaction in the context of the use of viral marketing in social media. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 22(4), 953–967.
Petra, U. K., Winadi, J. S., Komunikasi, P. I., & Kristen, U. (2004). Hubungan Word of Mouth dengan Brand Awareness Teh Kotak Pendahuluan.
Pranata, I. W. D. R., & Pramudana, K. A. S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) Dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo Dengan Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5230. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p02
Priana, J. R., & Suwandi, S. (2019). Pengaruh Iklan “Introduction: JO & JEK” di Youtube Terhadap Brand Awareness (Studi Kasus Perusahaan GO-JEK). Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(4). https://doi.org/10.36782/jemi.v2i4.1961
Putri, W. C. (2021). Pengaruh Intensitas Terpaan Iklan Youtube Terhadap Tingkat Kesadaran Merek (Kasus pada Mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta Pengguna Produk Mie Sedaap Korean Spicy Chicken). Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Riska Riana Paramita, L. P., Suardana, I. W., & Sendra, I. M. (2018). Efektivitas Promosi Tiket.Com Terhadap Keputusan Wisatawan Domestik Dalam Pembelian Tiket Pesawat Menuju Bali. Jurnal IPTA, 6(2), 104. https://doi.org/10.24843/ipta.2018.v06.i02.p04
Rivaldo, G. (2016). Analisis Pengaruh Informativeness, Credibility, Entertainment, dan Irritation Terhadap Advertising Value Serta Implikasinya Terhadap Purchase Intention (Telaah Pada Iklan Gillette Mach 3 di Youtube). ULTIMA Management, 8(2), 13–31. https://doi.org/10.31937/manajemen.v8i2.590
Rizkiani, Y. I. (2022). Pengaruh Daya Tarik Jingle Iklan Terhadap Brand Awareness Nivea Men Creme. 8(1).
Rubio, N., Oubiña, J., & Villaseñor, N. (2014). Brand awareness-Brand quality inference and consumer’s risk perception in store brands of food products. Food Quality and Preference, 32(PC), 289–298. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2013.09.006
Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 28–36.
Suhendra, J. M., & Millanyani, H. (2021). Pengaruh E-Marketing Mix terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk di Tiket.com. Journal of Management, 8(5), 4480–4491.
Suwandi, E., Imansyah, F. H., & Dasril, H. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. Jurnal Teknik Elektro, 11.
Tabrani. (2023). Perbedaan antara penelitian Kualitatif (Naturalistik) dan Penelitian Kuantitatif (Ilmiah) dalam berbagai Aspek. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 1349–1358.
Tito, A. C. P., & Gabriella, C. (2019). Faktor-faktor Iklan yang Dapat Menarik Penonton Untuk Menonton Iklan Skip-Ads di Youtube Sampai Selesai. Jurnal Akuntansi Maranatha, 11(1), 98–114. https://doi.org/10.28932/jam.v11i1.1544
Umari, S. L. P. (2022). Kecenderungan Aspek Brand Identity Dalam Iklan Youtube# GoPaydiNetflix (Analisis Isi Iklan Youtube# GoPaydiNetflix). Universitas Muhammadiyah Malang.
Yunita, D., Nazaruddin, A., & Nailis, W. (2019). Pengaruh Youtube Advertising terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1). https://doi.org/10.26905/jmdk.v7i1.2538
DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v9i1.957
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright