Pengaruh Iklan YouTube #TiketHariRaya terhadap Kesadaran Merek pada Aplikasi Tiket.com

Priska Ferdiliawati, Salma Aprilia Sari, Alfiani Kharisma, Intan Pratiwi Styaji, Khairani Zikrina, Zulfa Fahmy

Abstract


Advertising has an important role in building brand awareness in marketing strategy, current technological developments have caused the marketing model to change to digital. One of the digital marketing models is to advertise on social media, the aim is to provide information about a brand to the wider community. Providing information about a brand will lead to increased brand awareness among consumers. Brand awareness has an important role in the success of a company. In today's digital era, social media platforms such as YouTube are effective channels for promoting company brands or products. In this context, the aim of the study was to determine the effect of #TiketHariRaya YouTube ads on the brand awareness of the Tiket.com application among students of the Walisongo State Islamic University Faculty of Psychology and Health who are going home. This study uses a quantitative approach using Simple Linear Regression analysis. Data was taken by distributing questionnaires in the form of a google form which were filled in by respondents according to the criteria. The number of samples is 110 students. The results of the study show that #TiketHariRaya YouTube ads have a significant influence of 67% on brand awareness on the Tiket.com application. Through this advertisement, the Tiket.com company succeeded in increasing audience knowledge about the Tiket.com brand and increasing brand awareness among the target market. This discovery pays attention to the importance of YouTube advertising in building brand awareness and expanding brand reach in the increasingly competitive travel app industry. The benefit of this research is a guide for companies in planning an effective advertising strategy on the YouTube platform to increase brand awareness and maximize the use of the Tiket.com application.


Abstrak

Iklan memiliki peran penting membangun kesadaran merek dalam strategi pemasaran, perkembangan teknologi saat ini menyebabkan model pemasaran berubah menjadi digital. Salah satu model digital pemasaran adalah dengan memasang iklan di media sosial, tujuannya untuk memberikan informasi mengenai suatu merek kepada masyarakat yang lebih luas. Pemberian informasi mengenai suatu merek akan menyebabkan meningkatnya kesadaran merek pada konsumen. Kesadaran merek memiliki peran penting dalam keberhasilan sebuah perusahaan. Dalam era digital saat ini, platform media sosial seperti YouTube merupakan saluran yang efektif untuk mempromosikan merek ataupun produk perusahaan. Pada konteks ini, penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh iklan YouTube #TiketHariRaya terhadap kesadaran merek aplikasi Tiket.com pada Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Walisongo yang mudik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana. Data diambil dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk google form yang diisi oleh responden sesuai kriteria. Jumlah sampel sebanyak 110 Mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan YouTube #TiketHariRaya memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 67% terhadap kesadaran merek pada aplikasi Tiket.com. Melalui iklan ini, perusahaan Tiket.com berhasil meningkatkan pengetahuan penonton tentang merek Tiket.com serta meningkatnya kesadaran merek diantara target pasar. Penemuan ini memperhatikan mengenai pentingnya iklan YouTube dalam membangun kesadaran merek dan memperluas jangkauan merek dalam persaingan industri aplikasi perjalanan yang semakin ketat. Manfaat penelitian ini merupakan panduan bagi perusahaan dalam merencanakan strategi iklan yang efektif di platform YouTube untuk meningkatkan kesadaran merek serta memaksimalkan penggunaan aplikasi Tiket.com.

Keywords


Iklan YouTube, Kesadaran Merek, Aplikasi Tiket.com, Media Sosial, Strategi Iklan

References


Aaker, D. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand name.

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Andjarwati, R., Kesadaran, P., Rachmawati, S. D., Andjarwati, A. L., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Surabaya, U. N. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi pada Pengguna JNE Express di Surabaya Selatan ) ( The Effect of Brand Awareness and Brand Image on Purchasing Decisions ( Study of JNE Express Users in South Surabaya )). VII(1), 25–29.

Anisa, Y. (2022). Peran Channel Youtube Sebagai Media Alternatif untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika dan Media Informasi pada Tingkat Perguruan Tinggi. Jpmr, 07(01), 13–21. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Christian, M. (2019). Telaah Keniscayaan Iklan Di Kanal Youtube Sebagai Perilaku Khalayak Di Kalangan Milenial. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(02), 141. https://doi.org/10.30813/bricolage.v5i02.1890

Dehghani, M., Niaki, M. K., Ramezani, I., & Sali, R. (2016). Evaluating the influence of YouTube advertising for attraction of young customers. Computers in Human Behavior, 59, 165–172. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.01.037

Fatimah, S., & Nosita, F. (2020). Analisis Efektivitas Iklan Ramayana Berbasis Epic Model Pada Media Sosial Youtube. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 39–54. https://doi.org/10.31937/manajemen.v11i1.1252

Firat, D. (2019). YouTube advertising value and its effects on purchase intention. Journal of Global Business Insights, 4(2), 141–155. https://doi.org/10.5038/2640-6489.4.2.1097

Firmansyah, W. (2022). Pengaruh Tagline Gratis Ongkir dan Iklan YouTube dari Shopee Terhadap Brand Awareness. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 1–12.

Gross, N. dan R. B. J. (2017). Marketing to Gen Xers? Here`s what they`re watching on Youtube. Think With Google. https://www.thinkwithgoogle.com/marketing-strategies/video/marketing-generation-x-youtube-behavior-trends/

Halim, E. S. (2017). "Faktor-Faktor Yang Menjadikan Brand La Classique Tidak Dikenal. Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(4), 419–427.

Handoyo, B. (2018). Strategi Pemasaran Koran Jawa Pos Pada Pt. Jember Intermedia Pers (Radar Jember). Majalah Ilmiah DIAN ILMU, 11(2), 17–46. https://doi.org/10.37849/midi.v11i2.14

Herlyana, F., & Utami, L. S. S. (2020). Pengaruh Daya Tarik Iklan di Konvergensi Media Terhadap Brand Awareness (Studi Iklan Tiket.com di YouTube Pada Kalangan Generasi Z di Jakarta). Prologia, 4(1), 160. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6463

Ilma, L., Rifa’i, F. S. P., & Sulastiana, M. (2022). Perbedaan Persepsi Ad Intrusiveness Iklan Skippable Dan Non-Skippable Pada Platform Youtube. Journal of Psychological Science and Profession, 6(3), 212. https://doi.org/10.24198/jpsp.v6i3.36901

Januaristanti, L. L., & Nugrahani, R. U. (2021). Pengaruh Iklan Youtube “ Iya Juga Ya ” Terhadap Brand Awareness Produk By . U. e-Proceeding of Management, 8(2), 1825–1833.

Juliansyah, D. (2020). Pengaruh Youtube Ads Terhadap Brand Awareness Pada Vivo Smartphone. Jurnal Syntax Transformation, 5(3), 248–253.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. p-ISSN 2549-7332 %7C e-ISSN 2614-1167%0D

Lukitaningsih Ambar. (2013). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN Ambar Lukitaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/670

Nilakandi, A. K. (2021). Pengaruh Terpaan Pesan Iklan#sekotakharapanshopee Dalam Media Sosial Youtube Terhadap Kesadaran Merek (Survey pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2016 pengguna Aplikasi Shopee). Universitas Muhammadiyah Malang.

Norazah, M. S. (2014). Customer satisfaction in the context of the use of viral marketing in social media. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 22(4), 953–967.

Petra, U. K., Winadi, J. S., Komunikasi, P. I., & Kristen, U. (2004). Hubungan Word of Mouth dengan Brand Awareness Teh Kotak Pendahuluan.

Pranata, I. W. D. R., & Pramudana, K. A. S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) Dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo Dengan Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5230. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p02

Priana, J. R., & Suwandi, S. (2019). Pengaruh Iklan “Introduction: JO & JEK” di Youtube Terhadap Brand Awareness (Studi Kasus Perusahaan GO-JEK). Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(4). https://doi.org/10.36782/jemi.v2i4.1961

Putri, W. C. (2021). Pengaruh Intensitas Terpaan Iklan Youtube Terhadap Tingkat Kesadaran Merek (Kasus pada Mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta Pengguna Produk Mie Sedaap Korean Spicy Chicken). Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Riska Riana Paramita, L. P., Suardana, I. W., & Sendra, I. M. (2018). Efektivitas Promosi Tiket.Com Terhadap Keputusan Wisatawan Domestik Dalam Pembelian Tiket Pesawat Menuju Bali. Jurnal IPTA, 6(2), 104. https://doi.org/10.24843/ipta.2018.v06.i02.p04

Rivaldo, G. (2016). Analisis Pengaruh Informativeness, Credibility, Entertainment, dan Irritation Terhadap Advertising Value Serta Implikasinya Terhadap Purchase Intention (Telaah Pada Iklan Gillette Mach 3 di Youtube). ULTIMA Management, 8(2), 13–31. https://doi.org/10.31937/manajemen.v8i2.590

Rizkiani, Y. I. (2022). Pengaruh Daya Tarik Jingle Iklan Terhadap Brand Awareness Nivea Men Creme. 8(1).

Rubio, N., Oubiña, J., & Villaseñor, N. (2014). Brand awareness-Brand quality inference and consumer’s risk perception in store brands of food products. Food Quality and Preference, 32(PC), 289–298. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2013.09.006

Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 28–36.

Suhendra, J. M., & Millanyani, H. (2021). Pengaruh E-Marketing Mix terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk di Tiket.com. Journal of Management, 8(5), 4480–4491.

Suwandi, E., Imansyah, F. H., & Dasril, H. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. Jurnal Teknik Elektro, 11.

Tabrani. (2023). Perbedaan antara penelitian Kualitatif (Naturalistik) dan Penelitian Kuantitatif (Ilmiah) dalam berbagai Aspek. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 1349–1358.

Tito, A. C. P., & Gabriella, C. (2019). Faktor-faktor Iklan yang Dapat Menarik Penonton Untuk Menonton Iklan Skip-Ads di Youtube Sampai Selesai. Jurnal Akuntansi Maranatha, 11(1), 98–114. https://doi.org/10.28932/jam.v11i1.1544

Umari, S. L. P. (2022). Kecenderungan Aspek Brand Identity Dalam Iklan Youtube# GoPaydiNetflix (Analisis Isi Iklan Youtube# GoPaydiNetflix). Universitas Muhammadiyah Malang.

Yunita, D., Nazaruddin, A., & Nailis, W. (2019). Pengaruh Youtube Advertising terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1). https://doi.org/10.26905/jmdk.v7i1.2538




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v9i1.957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright