PENYAJIAN MATERI SECARA SEDERHANA DAN MENGGEMBIRAKAN MENDORONG MINAT MAHASISWA ASING DALAM BELAJAR BAHASA INDONESIA

Rs. Kurni Setyawati, Maria Francisca Lies Ambarwati

Abstract


Belajar bahasa Indonesia bagi orang asing merupakan usaha yang tidak mudah jika harus mencapai tingkat terampil. Namun, lagu dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang ringan dan menimbulkan suasana riang. Pengajaran bahasa Indonesia dengan media lagu ini dilaksanakan dalam pertukaran dosen antara STIKS Tarakanita dengan Polytechnic University Of The Philippines. Dalam kesempatan tersebut bahasa Indonesia merupakan salah satu materi kuliah yang disampaikan. Lagu dipilih sebagai media karena sederhana, menyenangkan dan mudah dipahami. Pengajaran ini memiliki sasaran agar mahasiswa di Phillipine dapat memahami beberapa kosakata bahasa Indonesia, berkomunikasi secara sederhana dan mengenal budaya di beberapa tempat yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, selain lagu sebagai media, budaya juga diangkat karena merupakan khasanah yang dapat menarik perhatian serta menambah wawasan mahasiswa tentang negara Indonesia. Di dalamnya terdapat lagu, tarian, dan tata cara khas yang dapat diangkat sebagai media yang menarik sehingga menimbulkan antusiasme bagi mahasiswa karena merupakan hal baru baginya. Suasana yang menyenangkan dan penyajian materi secara ringan memudahkan mahasiswa dalam menerima materi pembelajaran.

Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Budaya, Gembira, Lagu, Orang Asing, Sederhana.

Full Text:

PDF

References


Hackathorn, J., Solomon, E. D., Blankmeyer, K. L., Tennial, R. E., & Garczynski, A. M. (2011). Learning by Doing: An Empirical Study of Active Teaching Techniques. The Journal of Effective Teaching, 11(2), 40–54.

Huyen, N. T. T. K. T. T. N. (2003). Learning Vocabulary through Games. ASIAN EFL Journal, Dec_03.

Nguyen, N., Ozarska, B., Fergusson, M., & Vinden, P. (2018). Comparison of two dye uptake measurement methods for dyed wood veneer assessment. European Journal of Wood and Wood Products, 76(6), 1757–1759. https://doi.org/10.1007/s00107-018-1344-6

Sieberer-Nagler, K. (2015). Effective Classroom-Management & Positive Teaching. English Language Teaching, 9(1), 163. https://doi.org/10.5539/elt.v9n1p163

Willis, J. (2007). The neuroscience of joyful education. Educational Leadership, 64, 1–4. Retrieved from http://www.ascd.org/publications/educational-leadership/summer07/vol64/num09/The-Neuroscience-of-Joyful-Education.aspx

Setyawati, Kurni. 2017. Mengajar Bahasa Indonesia untuk Orang Asing. Dalam Tarakanita Forum Tahun II-No.03/Februari. STIKS Tarakanita: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v1i1.296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter