Kreativitas Warga Kelurahan Bojong Rawa Lumbu Bekasi dalam Mengubah Sampah Plastik Kemasan Menjadi “Emas”

Serepina Tiur Maida, Sitinah Sitinah, Sitti Wardiningsih, Retno Indriyati W.

Abstract


Kemasan plastik sudah tidak asing lagi bagi kita semua saat ini karena hampir setiap hari kita selalu berhubungan dengan plastik, minimum satu kantong plastik setiap satu orang. Ditambah berbagai macam kemasan prodak lainnya yang dikemas dalam plastik, baik makanan ataupun lainnya. Menurut pengamatan penulis kurang lebih sekitar 98 % bahkan 99,5 % semua produk makanan cemilan dikemas dalam plastik. Berdasarkan hal tersebut di atas, dilakukan suatu kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan tujuan agar masyarakat kelurahan Bojong Rawa Lumbu Bekasi dapat memanfaatkan limbah plastik kemasan tersebut menjadi sesuatu yang berharga dan menambah perekonomian keluarga. Limbah sampah plastik tersebut dikumpulkan warga di RT 04 RW 28 Kelurahan Bojong Rawa Lumbu Bekasi untuk kemudian diserahkan pada Bank Sampah pada setiap hari Sabtu. Kegiatan ini dilakukan dengan metode penyuluhan dan praktik langsung tentang bagaimana caranya memilah sampah plastik untuk dimanfaatkan kembali metode atau metode (3 R) Reuse, Reduse, Recycle. Hasil dari kegiatan ini menjadikan mereka lebih terampil dalam memilah limbah sampah plastik kemasan yang diawali dengan penyuluhan tentang memilah sampah plastik kemasan dan dilanjutkan dengan praktik meningkatkan kreativitas dengan memanfatkan limbah sehingga dapat dijadikan penambah ekonomi rumah tangga.

Kata kunci: barang kerajinan, memilah, sampah plastik.

Full Text:

PDF

References


Ardini, Pupung Puspa. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 6, No 1 (2012): PGPAUD Universitas Negeri Gorontalo Jl. Jend.Sudirman No.6, Gorontalo.

Hijrah Purnama Putra dan Yebi Yuriandala, 2010. Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif, 2010. Jurnal Jurusan Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Universitas Islam Indonesia Jalan Kaliurang Km 14.4, Sleman, Yogyakarta, 55584 email: hijrah_purnama@yahoo.com

Nurwati 2019, Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreatifitas Warga Sekitar Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan (ITB-AD) Jakarta. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v1i1.320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter