Pelatihan Microsoft PowerPoint Tingkat Dasar untuk Guru-Guru SD Taruna Bakti Bandung

Yulia Ery Kurniawati, Harya Bima Dirgantara, Yulius Denny Prabowo, Ester Lumba

Abstract


Kegiatan belajar mengajar selalu menjadi bagian dari pekerjaan seorang guru, media presentasi sebagai bahan ajar saat ini tidak hanya mengandalkan spidol dan kapur serta penjelasan dengan media suara langsung dari seorang guru. Pelatihan penggunaan Software Aplikasi Microsoft PowerPoint untuk menunjang pekerjaan para guru di sekolah sangat diperlukan, walaupun penggunaan spidol sebagai alat bantu masih diperlukan namun saat ini spidol atau alat tulis lain bukanlah satu-satunya perangkat yang diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Kompetensi penggunaan software aplikasi untuk presentasi seperti Microsoft PowerPoint sangat diperlukan untuk menunjang pekerjaan guru di sekolah. Tujuan dari PkM ini adalah memberikan kemampuan kepada para guru untuk menyiapkan materi mengajar dalam bentuk multimedia menggunakan Microsoft PowerPoint sehingga meningkatkan kompetensi para guru dalam bidang presentasi dan penyampaian bahan ajar kepada para muridnya, selain itu kemampuan penggunaan Software Aplikasi PowerPoint ini juga bermanfaat untuk hal-hal diluar pengajaran, misalnya pada saat rapat di sekolah, pertemuan guru dan murid, presentasi kepada orang tua calon siswa dan mungkin dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Kendala yang dihadapi adalah perangkat dalam pelatihan yaitu laptop peserta yang beragam dengan spesifikasi bervariasi sehingga tidak memiliki aplikasi dengan versi Microsoft Power Point yang sama. Kendala kedua adalah kemampuan dasar para peserta juga bervariasi sehingga kecepatan belajar tidak sama, sehingga perlu pendampingan khusus bagi peserta beberapa pelatihan yang kurang memiliki kemampuan dasar. Hasil dari pelatihan ini adalah para guru mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan baru penggunaan Microsoft PowerPoint untuk membangun materi ajar multimedia.

Keywords


guru; kompetensi; multimedia; pelatihan; presentasi

Full Text:

PDF

References


Data SD Taruna Bakti. (2019). Retrieved August 14, 2019, from http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/c090e805-2df5-e011-b86a-2d73eb98c06e

Fang, F. (n.d.). sd taruna bakti - Google Search. Retrieved May 22, 2020, from https://www.google.com/maps/uv?hl=en&pb=!1s0x2e68e64a89dbb515%3A0xadd153b889cde4e7!3m1!7e115!4shttps%3A%2F%2Flh5.googleusercontent.com%2Fp%2FAF1QipPc2xtXvKcP3KOeBp7S2xf2CWd-jWam_kM6uy_X%3Dw284-h160-k-no!5ssd taruna bakti - Google Search! 15sCgIgAQ&imagekey= !1e10!2sAF1 QipPc2xtXvKcP3KOeBp7S2xf2CWd-jWam_kM6uy_X&sa=X&ved= 2ahUKE wiNl4aowsXpAhUJcCsKHVqzAXYQoiowFnoECAwQCA

Henri Septanto, Paramaresthi, Tedi Lesmana, (2020), Pelatihan Microsoft Excel Tingkat Menengah Untuk Guru-guru SD Taruna Bakti Bandung, KALBISABDIMAS, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.1, No.1,

Suwandi, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad ke-21 dan Tantangan untuk Berperan dalam Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 1–15.

Wahyuni, D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Menuju Era Revolusi Industri 4.0. Info Singkat (Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis) Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI 2018, 10(24).

Yenny Puspita, Yessi Fitriani, Sri Astuti, S. N. (2020). Selamat Tinggal Revolusi Industri 4.0, Selamat Datang Industri 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 122–130.

Yilmazel‐Sahin, Y. (2009). A comparison of graduate and undergraduate teacher education students’ perceptions of their instructors’ use of Microsoft PowerPoint. Technology, Pedagogy and Education, 18(3), 361–380. https://doi.org/10.1080/14759390903335866




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v1i2.395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter