Pelatihan Membuat Business Plan Bagi Pemuda Karang Taruna RW 01 Pinangsia Taman Sari Jakarta

Bryan Givan, Hieronimus Erwin Indrawan, Ade Onny Siagian

Abstract


Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan tentang e-commerce kepada pemuda Karang Taruna Pinangsia di Jakarta Barat, memberikan pengetahuan tentang model bisnis terkini yang sedang ramai digunakan oleh pelaku usaha dan memberikan bekal untuk membuat business plan guna menciptakan kegiatan usaha yang terukur, terarah dan sistematis di Karang Taruna Pinansia Jakarta Barat. Sasaran kegiatan ini adalah pemuda Karang Taruna Pinansia Jakarta Barat. Permasalahan diselesaikan dengan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan melakukan survey pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan mengenai perkembangan usaha di Karang Taruna. Pelaksanaan dilakukan dengan pelatihan menggunakan metode ceramah yaitu dengan teknik presentasi dilanjutkan diskusi sesi tanya jawab sebagai bentuk kegiatan workshop pembuatan business plan. Kegiatan tersebut dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting dikarenakan adanya pandemik corona. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data dari masing-masing tahapan kegiatan. Hasil kegiatan pelatihan menunjukan tingkat keberhasilan dengan indikasi adanya kesesuaian materi dengan kebutuhan pemuda Karang Taruna, adanya tanggapan positif dari pesera dan sebagian besar (80%) peserta telah memahami konsep e-commerce dan mampu membuat 8 business plan yang dapat diimplementasikan menjadi kegiatan usaha di Karang Taruna Pinangsia Jakarta Barat.

Keywords


membuat business plan; pemuda karang taruna; Jakarta Barat

Full Text:

PDF

References


Dan & Bradstreet and Business Credit Service. (1993). Strategy Plan and Business Plan. New York: Prentice Hall, Inc.

Drucker, P. F. (1985). Inovasi dan Kewiraswastaan: Praktek & Dasar-Dasar. Jakarta: Erlangga.

Sanusi, A. (1994). Menelaah Potensi Perguruan Tinggi Untuk Membina Program Kewirausahaan dan Mengantar Kehadiran Pewirausaha Muda. In Inkubator Bisnis Bandung. Bandung: STMB-KADIN Jabar.

Suryana. (2013). Ekonomi Keatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v1i2.396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter