Effective Public Speaking Penggerak PKK Kelurahan Pondok Kelapa Jakarta Timur

Cresensiana Widi Astuti, F. A. Wisnu Wirawan, Yulita Daru Priliantari

Abstract


Kemampuan untuk menyampaikan informasi, memotivasi dan bahkan mempersuasi orang lain merupakan nilai tambah bagi seorang pembicara. Berdiri di garda depan sebagai pembicara membutuhkan kemampuan berbicara yang efektif dan efisien agar pesan yang disampaikan dapat diterima baik dan dilaksanakan. Untuk itu, kemampuan berbicara di depan umum (public speaking) ini perlu diasah dan dikembangkan. Karena hal inilah maka Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi & Sekretari Tarakanita (STARKI) Jakarta mengadakan kegiatan Pelatihan Effective Public Speaking bagi Ibu-ibu Penggerak PKK Kelurahan Pondok Kelapa. Pelatihan ini tidak berfokus pada penyampaian materi saja namun lebih kepada praktik berbicara di depan umum secara efektif, sesuai dengan bidang penggerak peserta. Antusiasme dan kesediaan untuk belajar para ibu ini sangat tinggi dan patut dihargai.

Keywords


ibu-ibu penggerak PKK; masyarakat yang dilayani; public speaking

Full Text:

PDF

References


Effendy, O. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Rogers, E. M., & Storey, J. D. (1987). Communication Campaigns. In C. R. Berger & S. H. Chaffee (Eds.), Handbook of Communication Science (pp. 817–846). New Burry: Sage Publications, Inc.

Tim CNN Indonesia. (2019). Cara-cara Efektif Meningkatkan Kepercayaan Diri. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190712123140-284-411556/cara-cara-efektif-meningkatkan-kepercayaan-diri.

Victor, H., & Kandani, H. (2018). Tips Public Speaking Dan Teknik Latihan Yang Baik. Retrieved from https://publicspeaking.id/tips-public-speaking-dan-teknik-latihan/

Webster, L. (2012). Introduction to Public Speaking (2nd Editio). New York: Fountainhead Press.

Wickerson, G. (2014). What is Public Speaking and Why Do I need to Do It. Retrieved from https://study.com/academy/lesson/what-is-public-speaking-and-why-do-i-need-it.html




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v1i2.399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter