Membangun Kemampuan Komunikasi Generasi Muda: Pendidikan Informal di Kampus Diakoneia Modern (KDM)

Tania Lasmaya Putritami, Risa Bhinekawati

Abstract


Komunikasi yang efektif dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri. Kepercayaan diri adalah produk dari proses peralihan aspek internal yaitu self-worth. Berdasarkan pemahaman ini, dibuatlah suatu proyek yang berfokus pada menyediakan materi untuk para peserta proyek mengenai cara untuk mengelola dan meningkatkan nilai diri dengan kemampuan komunikasi yang efektif. Kemampuan ini diharapkan dapat digunakan oleh para peserta dari proyek untuk menghadapi tantangan dalam kehidupannya masing-masing. Untuk mewujudkan proyek tersebut, representatif dari Sekolah Tinggi Manajemen IPMI melakukan kemitraan dengan Kampus Diakoneia Modern (KDM). KDM bertidak sebagai klien dan penyedia tempat pelaksanaan proyek, sementara pihak IPMI berperan sebagai tenaga sukarela dan pelaksana proyek. Para peserta dari proyek merupakan beberapa anak dalam asuhan KDM. Berdasarkan beberapa diskusi di awal pertemuan antara pihak KDM dan IPMI, ditemukan beberapa kendala mengenai self-esteem dan kepercayaan diri pada anak-anak asuhan KDM. Maka dari itu, materi yang dipersiapkan untuk proyek ini dirasa sangat cocok dengan kendala maupun kebutuhan KDM saat itu, sehingga kedua pihak pun setuju untuk bekerja sama. Proyek ini dibuat dalam bentuk kelas komunikasi efektif yang berlangsung selama delapan minggu, dimana terdapat satu pertemuan di setiap minggunya. Selama pelaksanaan proyek, dilakukan pula pengumpulan data. Data yang dikumpulkan dapat menunjukkan gambaran proses dan hasil dari proyek ini. Proses pengumpulan data utama diperoleh melalui observasi dan diskusi, setiap kemajuan yang teridentifikasi atau saran-saran yang diberikan oleh peserta proyek selalu didokumentasikan dalam catatan mengajar. Setelah pelaksanaannya, terdapat beberapa temuan seperti para peserta proyek memiliki self-worth yang baik. Hal ini terefleksikan dari rasa optimis mereka terhadap angan dan cita-cita yang sangat tinggi. Hasil ini dipercayai oleh pelaksana proyek sebagai pengaruh dari kepedulian dan dukungan yang KDM diberikan kepada anak-anak asuhannya. Tujuan proyek untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dari anak-anak yang pada akhirnya mempengaruhi kepercayaan diri mereka pun tercapai, peserta proyek dapat mengakui kemajuan diri mereka seiring proyek dilaksanakan.

Keywords


capability approach; komunikasi; pemberdayaan masyarakat; pendidikan non-formal; soft skill

Full Text:

PDF

References


Fukuda-Parr, S. (2003). THE HUMAN DEVELOPMENT PARADIGM: OPERATIONALIZING SEN’S IDEAS ON CAPABILITIES. Feminist Economics, 9(2-3), 301–317. doi:10.1080/1354570022000077980

Kampus Diakoneia Modern. Retrieved 7 January 2020, from https://www.kdm.or.id

Pasli Gurdogan, E., Uslusoy, E., Kurt, S., & Yasak, K. (2016). Comparison of the Self Esteem and Communication Skills at the 1st and Senior Year Nursing Students. International Journal Of Caring Sciences, 9(2), 496. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/321334160_Comparison_of_the _Self_Esteem_and_Communication_Skills_at_the_1st_and_Senior_Year_Nursing_Students

Robeyns, I. (2005). The Capability Approach: a theoretical survey. Journal of Human Development, 6(1), 93–117. doi:10.1080/146498805200034266

Saith, R. (2001) ‘Capabilities: the concept and its operationalisation’, Queen Elizabeth House Working Paper 66, Oxford University, Oxford.

Sen, A. (1985). Commodities and capabilities (p. 25). Amsterdam: North-Holland.

UK Commission’s Employer Skills Survey 2013: UK Results. (2013). Retrieved 17 January 2020, from https://assets.publishing.service.gov.uk/government/uploads/system/uploads/attachment_data/file/327492/evidence-report-81-ukces-employer-skills-survey-13-full-report-final.pdf

Zambas, J. (2019). The Importance of Effective Communication in the Workplace. Retrieved 17 January 2020, from https://www.careeraddict.com/the-importance-of-effective-communication-in-the-workplace




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v1i2.403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter