Komunikasi Tim dan Cloud Platform (dengan Slack dan Asana) pada Siswa SMAN 2 Tambun Utara

Wa Ode Sitti Nurhaliza, Titis Nurwulan Suciati, Hizkia Yosias Polimpung, Nurul Fauziah, Ratna Puspita

Abstract


Komunikasi dalam ruang virtual terjadi tidak hanya dalam konteks interpersonal tetapi semakin berkembang dalam lingkup kelompok. Kehadiran platform komunikasi berbasis kolaborasi/Team Communication Platform (TCP) seperti Slack dan Asana- menggabungkan berbagai fitur di media sosial seperti platform jejaring sosial dan pesan singkat dirasa penting untuk mencapai komunikasi yang efektif dan efisien. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang manajemen komunikasi kelompok kecil yang efektif pada siswa; dan pemahaman tentang pemanfaatan manajemen cloud platform sebagai media komunikasi kelompok pada siswa SMA Negeri 2. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2019 sasaran kegiatan berjumlah 70 siswa-siswi di SMA Negeri 2 Tambun Utara. Media pelatihan yang digunakan Power point, Handphone, Slack dan Asana. Pelatihan dilaksanakan alam benuk cerama, diskusi dan prakti sampai pelajar mampu mengoperasikan berbagai cloud platform (Salck dan Asana). Hasil pelatihan menunjukkan para siswa dapat memanfaatkan dan mengoperasikan berbagai platform (Slack dan Asana) untuk mengelolah komunikasi kelompok siswa khusunya menciptakan komunikasi efektif dalam tim diruang virtual. Dengan demikian, para siswa setelah mengikut kegiatan ini mampu secara mandiri mengoperasikan berbagai platform (Slack dan Asana) terutama dalam menyelesaikan tugas sekolah berbasis kelompok. Selain itu, untuk meningkatkan kreatifitas siswa-siswa di era teknologi informasi dan komunikasi yang semakin hari semakin maju dan berkembang, kegiatan pelatihan serupa perlu sering dilakukan guna membiasakan siswa dalam memanfaatkan teknologi khususnya dalam membangun komunikasi tim diantara siswa.

Keywords


kelompok; komunikasi; platform

References


Anders, A. (2016). Team Communication Platforms and Emergent Social Collaboration Practices. Journal If Business Communication, 53 (2) 224. https://doi.org/10.1177/2329488415627273

Harris, T. E., & Sherblom, J. C. (2008). Small Group and Team Communication (Fourth Edi). Boston: Pearson Education, Inc.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Mulyani, I., Hermita, M., Hapsari, R. M., & Thamrin, W. P. (2015). Face to Face ( FTF ) vs Computer Mediated Communication ( CMC ) dalam Pengambilan Keputusan Kelompok. Prosiding. Universitas Gunadarma.

Rakhmad, Jalaluddin, 2018, Psikologi Komunikasi, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

West, Turner. 2008. ”Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi”. Jakarta. Salemba Humanika




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v2i1.411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter