Model Pembelajaran Mind Mapping Menggunakan Microsoft Visio 2007 bagi Guru-Guru SDIT Al-Kautsar Cikarang

Arie Kusumawati, Nuraini Purwandari, Ester Lumba

Abstract


Abstrak: Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah berkembang dengan cepat saat ini. Pemanfaatan TIK dengan pendidikan diharapkan mampu mengoptimasi proses belajar dan mengajar sehingga tercipta generasi yang unggul. Penggunaan teknologi pada software aplikasi yang mudah dan mempermudah proses belajar mengajar namun powerfull sangat dibutuhkan. Salah satu penerapan teknologi software aplikasi dalam pembelajaran adalah dengan memanfaatkan Microsoft Visio untuk pembuatan metode mind mapping. Menerapkan metode mind mapping dengan memanfaatkan Microsoft Visio didalam proses belajar mengajar bukan hanya menuntut ketersediaan perangkat kerja namun juga kemampuan pratikal dari seorang pengajar atau guru. SDIT Al-Kautsar merupakan salah satu organisasi pendidikan yang dimana masih harus ditingkatkan kemampuan pemahaman dan implementasinya terhadap metode mind mapiing dalam proses belajar mengajar. Berfokus pada kemampuan praktikal guru-guru SDIT Al-Kautsar Cikarang maka pelaksanaan PKM ini bertujuan memberikan pengetahuan dasar kepada guru-guru sehingga dapat memanfaatkan software aplikasi khususnya Microsoft Visio serta mampu mengembangkan materi ajar dengan mind mapping. Serta dapat memberikan ketertarikan dan penyemangat untuk meningkatkan minat belajar, dan daya serap anak didik terhadap materi pelajaran.

Kata kunci: guru sekolah dasar; microsoft visio; mind mapping; pembelajaran

Abstract: Information and communication technology (ICT) has developed rapidly nowadays. Utilization of ICT with education is expected to be able to optimize the learning and teaching process so as to create an excellent generation. The use of technology in application software that is easy and simplifies the teaching and learning process but is very powerful is needed. One application of application software technology in learning is to use Microsoft Visio to create a mind mapping method. Applying the mind mapping method by utilizing Microsoft Visio in the teaching and learning process requires not only the availability of work tools but also the practical abilities of a teacher. SDIT Al-Kautsar is an educational organization where the ability to understand and implement the mind mapping method in teaching and learning still needs to be improved. Focusing on the practical abilities of SDIT Al-Kautsar Cikarang teachers, the implementation of this PKM aimed to provide basic knowledge to teachers so that they can take advantage of application software, especially Microsoft Visio and be able to develop teaching materials with mind mapping. And can provide interest and encouragement to increase interest in learning, and the ability of students to absorb the subject matter.

Keywords: elementary school teacher; Microsoft Visio; mind mapping; learning

Keywords


guru sekolah dasar; microsoft visio; mind mapping; pembelajaran

References


Buzan, T. (2002). Buku Pintar Mind Map. PT Gramedia Pustaka Utama.

Helmers, S. A. (2013). Visio 2013 Step by Step. O’Reilly/Microsoft Press.

Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Model Pembelajaran Problem Solving dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 1(3), 34–41. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jbe.v1i3.1498

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 4(1), 13–19. https://doi.org/https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204

Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran. PT Gramedia Pustaka Utama.

Syam, N., & Ramlah. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 5(3), 184–197. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1612




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v2i1.478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter