Pelatihan Pembuatan Hand Soap untuk Proteksi Diri dan Keluarga dari Covid-19 di Wilayah Perumahan Kekancan Mukti Kidul

Sri Sutanti, Sari Purnavita, Lucia Susi Irawati, Rachel Dasmasela

Abstract


COVID-19 adalah penyakit mematikan yang menyerang sistem pernapasan manusia dan menular dengan sangat cepat. Di masa kebijakan new normal pandemi, angka positif COVID-19 di Semarang masih tinggi. Salah satu cara untuk memproteksi diri dan keluarga dari ancaman COVID-19 adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Pelatihan pembuatan hand soap ini secara umum bertujuan untuk membantu masyarakat menekan penyebaran COVID-19 di Semarang, dan secara khusus memberikan penyuluhan, pengetahuan, dan keterampilan baru kepada mitra seputar teknologi pembuatan hand soap dan gambaran peluang berwirausaha. Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan pada mitra ibu-ibu PKK RT 05 RW 02 Perum. Kekancan Mukti Pedurungan Kidul Semarang dalam tiga sesi, yaitu kegiatan penyuluhan dan pemberian materi, pelatihan pembuatan hand soap, dan diskusi. Dari hasil pelatihan, mitra menunjukkan respon positif karena mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru, mitra senang dan antusias dengan materi yang diberikan karena bermanfaat terutama di masa pandemi COVID-19, serta termotivasi untuk mencoba peluang berwirausaha hand soap.
Kata kunci : COVID-19, cuci tangan, hand soap, proteksi diri, sabun

Keywords


hand soap; pelatihan; wirausaha; pengabdian masyarakat

References


Ikhsania, A. A. (2020). 8 Cara Pencegahan Virus Corona (COVID-19) Rekomendasi Kemenkes RI dan WHO. https://www.sehatq.com/artikel/5-cara-mencegah-penyebaran-virus-korona-yang-disarankan-kemenkes-ri

Pame, M. (2020). Virus Corona. https://www.alodokter.com/virus-corona

Peristianto, S. V., & Anggawijayanto, E. (2020). Pengelolaan Stres Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. In D. H. Santoso & A. Santosa (Eds.), Covid-19 dalam Ragam Tinjauan Perspektif (pp. 161–168). MBridge Press.

Purnamasari, D. (2020). 127 Pasien Covid-19 Meninggal dalam Sehari, Tertinggi Selama Pandemi. https://nasional.kompas.com/read/2020/07/19/17050861/127-pasien- covid-19-meninggal-dalam-sehari-tertinggi-selama-pandemi

Rinaldi, M. R., & Yuniasanti, R. (2020). Kecemasan pada Masyarakat Saat Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. In D. H. Santoso & A. Santosa (Eds.), Covid-19 dalam Ragam Tinjauan Perspektif (pp. 137–150). MBridge Press.

Soeharto, T. N. E. D. (2020). Pendampingan Kader Bina Keluarga Lansia (BKL) Mugi Waras Dusun Blendung Desa Sumbersari Moyudan Sleman DIY: Ditengah Wabah Pandemi Covid-19. In D. H. Santoso & A. Santosa (Eds.), Covid-19 dalam Ragam Tinjauan Perspektif (pp. 123–130). MBridge Press.




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v2i1.482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter