Pemanfaatan Gang sebagai Ruang Edukasi dan Interaksi Anak pada RW 02 Kelurahan Paseban Jakarta Pusat

Sitti Wardiningsih, Sitinah Sitinah, Serepina Tiur Maida, Retno Indriyati K., Rismen Sinambela

Abstract


Gang sebagai ruang umum dapat digunakan untuk pemanfaatan sebagai Ruang Publik (RP) untuk berbagai kegiatan edukasi dan interaksi anak. Berdasarkan pengamatan tumbuh kembang anak saat ini di lingkungan RW 02 dalam phase pertumbuhan 3-12 tahun. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang bertujuan agar masyarakatt di Kelurahan Paseban Jakarta Pusat dapat memanfaatkan gang sebagai ruang edukasi dan interaksi anak di luar jam belajar. Pemanfaatan gang sebagai ruang edukasi dan interaksi difungsikan semaksimal mungkin sebagai area belajar, bermain dan interaksi anak-anak warga masyarakat di lingkungan ini. Kegiatan ini dengan metode pencerahan kepada orang tua dan anak yang secara langsung melakukan kegiatan bermain sambil belajar yang terbagi dalam kelompok umur 3-6 tahun bermain dengan kertas dan 6-12 tahun praktik membuat ondel-ondel. Kegiatan ini dimulai dengan diskusi bersama tentang arti dan makna gang sebagai ruang edukasi dan interaksi, sehingga mereka memahmi arti pentingnya kedua hal tersebut. Kegiatan diikuti oleh 10 orang ibu-ibu rumah tangga dan anak-anak sebanyak 11 orang dalam usia bermain. Hasil akhir dari kegiatan ini menjadikan mereka lebih tanggap dan memahami dalam pemanfaatan gang sebagai ruang edukasi dan interaksi bahkan sebagai area transaksi ekonomi atau ekonomi lowes sesuai kebutuhan warga di limgkungan ini Kelurahan Paseban ini.

Keywords


edukasi; gang; interaksi; ruang publik

References


Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. DINAMIKA (Jurnal Pendidikan Dasar), 8(1), 50–58. https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943

Gerungan, W. A. (2006). Psikologi Sosial. PT. Eresco.

Hermawan. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Permainan Tradisional Tema 3 Sub Tema 2 Siswa Kelas IV SDN Jongkang Yogyakarta [Universitas Sanata Darma]. https://repository.usd.ac.id/31547/2/141134076_full.pdf

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Nusa, S. S., & Ernawati, J. (2018). Pola Pemanfaatan Ruang pada Kawasan Ngrowo Waterfront Tulungagung [Universitas Brawijaya]. http://repository.ub.ac.id/167184/

Seran, E., & Kurniati, E. (2019). Identifikasi Permainan Tradisional Busa No Manu Dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 1–12. http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/edusentris/article/view/449/257

Setianingsih, Ardani, A. W., & Khayati, F. N. (2018). Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. GASTER: Jurnal Kesehatan, 16(2), 191–205. https://doi.org/https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297

Suana, & Firdaus. (2014). Pola Asuh Orangtua Akan Meningkatkan Adaptasi Sosial Anak Prasekolah di RA Muslimat NU 202 Assa’adah Sukowati Bungah Gresik. Journal of Health Sciences, 7(2), 180–185. https://doi.org/https://doi.org/10.33086/jhs.v7i2.509

Umasugi, R. A., & Patnistik, E. (2020). Berapa upah minimum DKI Jakarta tahun depan? https://regional.kontan.co.id/news/berapa-upah-minimum-dki-jakarta-tahun-depan

Wardiningsih, S., Sujatini, S., & Dewi, E. P. (2019). Mewarnai Gambar Sebagai Salah Satu Upaya untuk Menanamkan Cinta Alam dan Lingkungan pada Usia Dini, di Paud Bahagia RW 02 Kelurahan Paseban. Jurnal Comunita Servizio, 1(1), 37–49. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/cs/article/view/953

Wong, D. L., Hockenberry-Eaton, M., Wilson, D., Winkelstein, M. L., & Schwartz, P. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik (Edisi 6). EGC.

Yusuf, S. (2006). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. PT Remaja. Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v2i1.488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter