Pendampingan Pembelajaran Uji Kompetensi Keahlian Akuntansi Siswa SMK Gema Nusantara 5 di masa PANDEMI COVID-19

Dedy Suryadi, Badie Uddin, Mamay Syani, Rizky Farihatul, Chika Santika Nurathilla

Abstract


Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara sekolah, orang tua dan masyarakat (Tri Pusat, Pendidikan). Sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 8 yang menyebutkan bahwa masyarakat di berikan hak untuk berperan serta dalam perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi program pendidikan. Pasal 9 mewajibkan masyarakat untuk memberi dukungan. sumber daya dalam penyelengaraan pendidikan. Dalam rangka mendukung dan penyelenggaraan pendidikan serta untuk meningkatkan kompetensi siswa, serta menciptakan lulusan yang siap pakai sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan dunia industri, maka dari hal tersebut kami ingin turut serta berperan serta dengan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu pendampingan kepada para siswa meningkatkan kualitas siswa dalam menunjang keberhasilan proses belajar disekolah, agar dalam prosesnya berjalan dengan baik, dengan pengharapan output yang dihasilkan baik pula dan menumbuhkan rasa percaya diri para siswa dimasa pandemi ini. Kegiatan pendampingan dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Gema Nusantara 5 Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat secara offline namun tetap mengikuti protokol kesehatan. meliputi pemahaman tentang proses atau tata cara laporan keuangan dalam proses siklus akuntansi, dan memperdalam prosedur pengolahan akuntansi dengan menggunakan media komputer.

Keywords


pola kegiatan; uji kompetensi akuntansi; pengabdian kepada masyarakat

References


Aini IN dan Effendi KNS. 2021. Pelatihan Soal Matematika Tipe PISA bagi Siswa SMK Usia 15 Tahun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 6 No. 2.

Keputusan Standar Nasional Pendidikan 0022/P/BSNP/XI/2013 tentang Pos Uji Kompetensi Keahlian SMK.

Khoirunnissa. 2020. Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Strategi Pembelajaran dan Capaian Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IIIB MI AL-ITTIHAAD Citrasongo Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020. Salatiga: IAIN Salatiga.

Purnamasari V, Abbas MHI, Wulandari D, Dwiputri IN. 2021. Peningkatan Kompetensi Guru Ekonomi di Kabupaten Malang dalam Analisis Butir Soal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 6 No. 2.

Suprihatin A, Asty Ananda T, dkk. 2020. Efektivitas Pendampingan Belajar Anak dalam Mengatasi Kesulitan Orangtua Saat Pembelajaran Daring di masa Pandemi di Desa Kebulusan Kabupaten Kebumen. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Universitas Negeri Semarang.

Syah R. H. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia; Sekolah Keterampilan dan Proses Pembelajaran. SALAM. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’I 7 (5).

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 8 dan Pasal 9.




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v2i2.627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter