Pelatihan Pembelajaran Sejarah Islam Menggunakan Augmented Reality

Reimond Hasangapan Mikkael Napitupulu, Etyca Rizky Yanti, Hanif Aulawi, Putri Nur Anggraeny, Dian Kurniawan

Abstract


Augmented Reality (AR) dapat didefinisikan sebagai sebuah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian memunculkannya atau memproyeksikannya secara real time. Beberapa aplikasi AR dirancang untuk memberikan informasi yang lebih detail pada pengguna dari objek nyata. Media pembelajaran merupakan suatu alat perantara antara pendidik dengan peserta didik dalam pembelajaran yang mampu menghubungkan, memberi informasi dan menyalurkan pesan sehingga tercipta proses pembelajaran efektif dan efisien. Media pembelajaran mengakibatkan terjadinya sebuah komunikasi antara pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kegiatan pelaksanaan didesain untuk masyarakat yang berada pada Pondok Pesantren Tahfizh Al Kaukab agar mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dilingkungan Pondok Pesantren Tahfizh Al Kaukab. Kegiatan ini dilakukan selama empat bulan dari bulan Juni hingga Agustus 2021.Pelaksanaan kegiatan pemberdayaan telah memberikan solusi atas permasalahan mitra dalam hal pembelajaran sejarah islam menggunakan aplikasi AR sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar Hasil pengabdian menunjukkan pemanfaatan teknologi sangat membantu kegiatan proses belajar mengajar pada Pondok Pesantren Tahfizh Al Kaukab.

Keywords


augmented reality ; pembelajaran ; pelatihan

References


Darmawan, D., Setiawati, P., Supriadie, D., & Alinawati, M. (2017). PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ENGLISHSIMPLE SENTENCESPADA MATA KULIAH BASIC WRITING DI STKIP GARUT. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 15(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/pedagogia.v15i1.6576

Mustaqim, I. (2016). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2). https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154

Mustaqim, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Edukasi Elektro, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267

Napitupulu, R. H. M., Aulawi, H., Sukirno, S., Takrim, M., & Sapta, A. (2021). Pelatihan Daring Kepemimpinan OSIS Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dimasa PANDEMI COVID-19. Jurnal Karya Untuk Masyarakat (JKuM), 2(2), 196–205. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36914/jkum.v2i2.590

Pamungkas, P. D. A., Win, H. A., Astuti, C. W., Silalahi, E., & Setyawati, R. K. (2020). Pelatihan Daring Optimalisasi Pemanfaatan E-Learning dalam Mendukung Pembuatan Soal Ujian Daring bagi Dosen. Jurnal Karya Untuk Masyarakat (JKuM), 1(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36914/jkum.v1i2.393

Safira, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Augmented Reality Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Dari Ancaman Sekutu di SMK Negeri 1 Bawang Tahun 2019/2020 [Universitas Negeri Semarang]. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76

Wu, H. K., Lee, S. W. Y., Chang, H. Y., & Liang, J. C. (2013). Current status, opportunities and challenges of augmented reality in education. Computers & Education, 62, 41–49. https://doi.org/10.1016/J.COMPEDU.2012.10.024

Napitupulu, R. H. M. (2020). The Relationship Between Education, Training, and Civil Servant Lecturers Competency. Journal of Business Management Review, 1(2), 121–132. https://doi.org/https://doi.org/10.47153/jbmr12.202020




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v3i1.658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter