Pelatihan Pendukung bagi Pelaku Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) dalam Digitalisasi Pemasaran

Yakobus Suharyono, Petrus Dwi Ananto Pamungkas, Robertus Koesmaryanto Oetomo, Gabriella Novianty Soedjarwo, Uus Rusmawan, Badie Uddin

Abstract


Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan berdampak pula bagi para pelaku UMKM yang secara umum berskala kecil, baik modal, tenaga kerja, produk hingga pangsa pasarnya. Tidak sedikit para pelaku UMKM yang membuka usahanya di rumah karena tidak sanggup membayar sewa tempat berjualan atau bahkan menutup usahanya. Berawal dari keprihatinan inilah maka dilaksanakan kegiatan pelatihan bagi para pelaku UMKM yang berada di wilayah Jabodetabek dengan tujuan memberikan pengetahuan, wawasan, dan kemampuan untuk mampu bertahan melalui diversifikasi produk yang dijual hingga pemanfaatan teknologi. Pelatihan ini dilakukan secara online dengan media Zoom, demi tetap mendukung program pemerintah guna mengakhiri pandemi Covid-19 ini, dengan materi membangun jejaring pemasaran, fotografi sebagai kemampuan dasar kegiatan pemasaran digital produk UMKM, dan media sosial sebagai wahana pemasaran. Dalam pelatihan ini berhasil memaksimalkan gadget dan media sosial yang dimiliki oleh para peserta, terutama grup-grup yang sudah ada, untuk meningkatkan penjualan. Antusias yang tinggi dari para peserta dalam bertanya dan pendampingan dalam praktik langsung membuat pelatihan terasa berarti bagi para peserta pelatihan.

Keywords


media sosial; pandemi Covid-19; pelaku UMKM; pelatihan; pemasaran digital

References


Marcella. (2015). 10 Manfaat Sosial Media untuk Bisnis. https://www.progresstech.co.id/blog/manfaat-sosial-media-bisnis/

Pamungkas, P. D. A., Oetomo, R. K., & Maturbongs, Y. H. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Pencari Kerja Online dalam Meraih Peluang Kerja bagi Orang Muda. Jurnal Karya Untuk Masyarakat (JKuM), 1(1), 59–66. http://jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JKuM/article/view/313

Sudarma, I. K. (2014). Fotografi (Cetakan 1). Graha Ilmu.

Tim Indonesia Banking School. (2021). Potensi UMKM di Wilayah Jawa Tengah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Tahun 2021. https://www.youtube.com/watch?v=2o3gsCy9Edw

Watie, E. D. S. (2011). Communications and Social Media. The Messenger, 3(1), 69–75.




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v3i1.673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter