Pelatihan Luring Surat Menyurat Guru dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Kecamatan Mustika Jaya

Selfiana Selfiana, Adrianus Trigunadi, Kristiana Widiawati

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berbentuk pelatihan luring surat menyurat pendidik dan tenaga pendidik anak usia dini Kecamatan Mustika Jaya bertujuan untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan membuat konsep surat sesuai dengan kaidah korespondensi bahasa Indonesia. Metode pelaksanaan kegiatan yang dilakukan menggunakan metode pelatihan tatap muka dan dilaksanakan di Universitas Bina Inani. Untuk menemukan permasalahan dan kebutuhan mitra, tim melakukan wawancara dengan pengurus HIMPAUDI Kecamatan Mustika Jaya, analisa surat -surat yang dikeluarkan. Berdasarkan hasil wawancara dan analisa, ditemukan bahwa anggota HIMPAUDI lemah dalam membuat konsep sebuah surat. Tim melakukan koordinasi, menyusun rencana pelatihan, materi, jadwal dan angket kepuasan mitra. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 66,67% peserta memberikan respon baik terhadap materi yang disampaikan dan 70% peserta merasa ada keterkaitan antara materi dengan praktik yang dapat diserap. Peserta mengajukan saran agar dapat diselenggarakan kembali pelatihan lanjutan, khusus untuk sesi berlatih agar peserta semakin trampil dalam menyusun kalimat efektif, penggunaan huruf kapital, penggunaan ejaan dan tanda baca.

Keywords


konsep surat menyurat, pelatihan

References


Anam, A. K., Hilaliyah, H., Rokayah, S., & Maulana, T. (2021). Pelatihan Pembuatan Surat Resmi di Karang Taruna RW 07 Jatiluhur, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 4(1).

Ismiyati, Pramusinto, H., & Murniawaty, I. (2019). Pelatihan Tata Kelola Surat Dinas Dalam Upaya Peningkatan Tertib Administrasi Desa. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(1). https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3837

Noviatri, Reniwati, Nadra, & Aslinda. (2018). Penyuluhan Dan Pelatihan Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Dalam Surat-Menyurat Di Lingkungan Kelurahan Se-Kecamatan Kuranji Dan Padang Timur Kota Padang. Warta Pengabdian Andalas, 25(4).

Sari, V. O. (2018). KETERAMPILAN MENULIS SURAT YANG BAIK DAN BENAR. Jurnal Elsa, Volume 16(2), 92–100.

Selfiana, Soedomo, A., Santoso, A. T., & Mikkael, R. H. (2021). Korespondensi Bahasa Indonesia: Cara Cepat Membuat Surat (1st ed.). CV Amerta Media.

Selfiana, Trigunadi, A., & Sudomo, A. (2021). MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Daring Menangani Telepon , Korespondensi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Matappa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3).

Supriyana, A., Azmin, G. G., Nureriyani, R., & Rahmawati, A. (2016). Pelatihan Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan Dan Kalimat Efektif Pada Penulisan Surat Resmi Bagi Guru Sekolah Dasar Di Jakarta Timur. Sarwahita, 12(1), 5–10. https://doi.org/10.21009/sarwahita.121.02

Syam, S., Komalasari, D., & Yurfiah. (2019). Pelatihan Penulisan Surat Dinas di Desa Lanto Kecamatan Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v3i1.674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter