Pelatihan Komunikasi Organisasi, Kepemimpinan, serta Korespondensi kepada OSIS SMA Pangudi Luhur II Servatius

Elsie Oktivera, Fredericka Krisma Setyatami, Maria Estri Wahyuningsih

Abstract


Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan wadah bagi siswa untuk mengembangkan diri melalui kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan bersama. Bagi siswa-siswi SMA yang tergabung dalam OSIS, keunikan karakter, perbedaan sudut pandang dan harapan tiap individu dapat menjadi tantangan tersendiri dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Untuk itulah, pelatihan komunikasi organisasi, kepemimpinan serta korespondensi diberikan selama dua hari pada tanggal 25 dan 26 Februari 2022. Pelatihan diberikan kepada pengurus OSIS SMA Pangudi Luhur II Servatius, agar setiap individu menumbuhkan sikap kepemimpinan dalam berorganisasi serta menerapkan tata kelola korespondensi yang baik selama menjadi pengurus OSIS. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah ceramah, diskusi dan workshop. Dari hasil survei kepada peserta pelatihan, diperoleh informasi bahwa pelatihan ini membawa manfaat bagi mereka.

ABSTRACT

Intra-School Student Organization (OSIS) is a forum for high school students to develop themselves through activities to achieve common goals. The uniqueness of character, different perspectives, and expectations of each individual might be a barrier in communicating, both orally and in writing, for members of the organization. To improve their communication, management and leadership skills, therefore, two days of training on organizational communication, leadership, and correspondence were held on February 25 and 26, 2022. Training was given to OSIS management members at Pangudi Luhur II Servatius High School to help them develop leadership attitudes in the organization and applies good correspondence governance while serving as OSIS officials. The methods used in the training are lectures, discussions, and workshops. The survey findings from the training participants indicate that the program have given positive impact on them.

Keywords


kepemimpinan; komunikasi; korespondensi; pelatihan; organisasi

References


Griffin, EM. 2006. A First Look At Communication Theory. United States: McGraw-Hill.

Mulyono, Hardi (2018). Kepemimpinan (Leadership) Berbasis Karakter dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora

Ramelan. 2005. Panduan Lengkap Menulis Surat Bisnis Modern. Jakarta: PPM

Rogers, Everett M & Rekha Agrawala-Rogers. 1976. Communication in Organization. New York: The Free Press, 1976.

Sari Putri Pujianti, L., & Fajar Suhendar, I. (2019). Peranan OSIS dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Kewarganegaraan di SMA Plus PGRI Ciranjang. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum dan Kewarganegaraan, 9(2), 2622–8718.

Sedarmayanti. 2018.Tata Kearsipan dengan Memanfaatkan Teknologi Modern. Bandung : CV Mandar Maju

Selfiana & Adrianus Trigunadi S., 2021 Korespondensi Bahasa Indonesia: Cara Cepat Membuat Surat, Bekasi: Amerta Media

Sitti Roskina Mas, P. I. H. (2020). Komunikasi Dalam Organisasi (Teori dan Aplikasi). In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Suprapto. 2004. Pedoman Lengkap Surat-menyusat Bahasa Indonesia. Surabaya: Indah

Sys, Revan. 2004. Surat-menyurat untuk Sekretaris. Jakarta: Batavia Press

Toni, I. A., & Mediatati, N. (2019). Peranan Organisasi Intra Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa. Satya Widya, XXXV, 54–61.

Usep Deden Suherman (2019). Pentingnya Kepemimpinan dalam Organisasi. Jurnal Ilmu Akuntansi dan Bisnis Syariah




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v3i2.776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Karya untuk Masyarakat

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter