Pelatihan English Speaking untuk Orang Muda di Penajam, Paser Utara

F.A. Wisnu Wirawan, Gabriella Novianty Soedjarwo, Fredericka Krisma Setyatami

Abstract


Pemerataan pendidikan dan kemampuan pemuda di Indonesia merupakan sebuah keharusan. Dengan adanya rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kabupaten Penajam, maka peningkatan skill pemuda di sana perlu untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar orang muda di daerah Penajam memiliki bekal untuk bersaing dengan orang dari berbagai daerah yang akan datang ke Penajam sebagai akibat perpindahan ibu kota. Pelatihan English Speaking skill diharapakan mampu menjadi bekal bagi mereka untuk memiliki skill berbahasa Inggris yang lebih baik karena kurangnya pembelajaran Bahasa Inggris yang memadai di sekolah mereka. Pelatihan diberikan secara online melalui kanal zoom. Materi pelatihan didesain sesuai dengan kemampuan siswa SMA yang merupakan peserta pelatihan ini. Sebelum menyusun modul, needs analysis dilakukan dengan cara melakukan pertemuan dengan para peserta dan menampung aspirasi mereka tentang pembelajaran dan materi yang mereka inginkan. Dari hasil kuesioner evaluasi, dapat terlihat bahwa para peserta merasakan manfaat dalam mengikuti pelatihan ini.
Kata kunci: pelatihan English Speaking Skill, peningkatan speaking skill, siswa SMA di Penajam

Keywords


pelatihan English Speaking Skill, peningkatan speaking skill, siswa SMA di Penajam

References


Aflah, M. N., & Rahmani, E. F. (2018). Analisa Kebutuhan (Need Analysis) Mata Kuliah Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Kejuruan. Jurnal Pendidikan Bahasa, 77-89.

Hakim, M. F. (2022). Tantangan dan Solusi Pembelajaran Online Berbasis Digital pada Masa Pandemic Covid 19. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 1-13.

Hariyani, E. (2021, Juli 13). Retrieved from www.sonora.id: https://www.sonora.id/read/422786893/kualitas-pendidikan-di-penajam-paser- u t a r a - t u r u n - s e j a k - p a n d e m i - c o v i d - 1 9

Infrastruktur dan SDM Sama-Sama Dikebut untuk IKN. (2022, September 7). Retrieved from www.kemenkopmk.go.id: https://www.kemenkopmk.go.id/infrastruktur-dan-sdm-sama-sama-dikebut-untuk-ikn

Kellen, R. (1998). Effective Teaching Strategies Lesson from Research and Practice. South Melbourne: Thomson Social Science Press.

Mufidah, N. (2017). Strategi Belajar Berbicara Bahasa Inggris . Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Paturusi, S. (2021, Juli 11). Kualitas Pendidikan di Penajam Paser Utara Menurun Sejak Pandemi Covid-19. Penajam, Kalimantan Timur, Indonesia. Retrieved from https://kaltim.tribunnews.com/2021/07/11/

Prijanto, J. H. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online (Vols. 11; p 238-251). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). Tantangan Pembelajaran Daring di Indonesia. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 89-98.

Trinova, Z. (2013). Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning pada Materi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ta'Lim, 324-335.

(n.d.). Understand your English Level. British Council.




DOI: https://doi.org/10.36914/jkum.v4i2.981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright Web Analytics Made Easy - Statcounter