Analisis Dramaturgi Erving Goffman Terhadap Pola Komunikasi Pelayan di Karen's Diner

Maria Octavianney Muku, Yoseph Hendrik Maturbongs

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai pola komunikasi pelayan di restoran Karen's Diner, yang memiliki konsep pelayanan yang buruk dan kasar kepada para pelanggannnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Panggung Depan dan Panggung Belakang para pelayan, dan bagaimana sikap kasar yang ditunjukkan kepada pelanggan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawacara mendalam, observasi, serta dokumentasi dari berbagai sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sifat yang ditunjukkan para pelayan saat bekerja dan sifat asli mereka berbeda, dan sebenarnya mereka mempunyai dua sisi kehidupan yang berbeda.

Full Text:

PDF

References


Afandi, G. (2023). Analisis Dramaturgi Mahasiswa Hijabers UIN Khas Jember. Jember:

digilib.uinkhas.ac.id.

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik,

Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Jurnal Kajian, Penelitian &

Pengembangan Pendidikan Sejarah, 146-150.

Arianto, N. (2019). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan serta

Berdampak Terhadap Loyalitas Pelanggan. KREATIF Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen

Universitas Pamulang, 7, 47.

Diah Pranitasari, K. K. (2021). Analisis Disiplin Pelayan. Jurnal Akuntansi dan Manajemen,

Dr. Farida Nugrahani, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan

Bahasa. Surakarta: Cakra Books.

Fitri, A. (2015). Dramaturgi: Pencitraan Prabowo Subianto di Media Sosial Twitter Menjelang

Pemilihan Presiden 2014. Jurnal Interaksi Vol. 4 No. 1, 101-108.

Ftiriana, W. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga dengan Perilaku Hidup Sehat

Lansia di Desa Wirogunan Kartasura. Surakarta: Universitas Muhammadiyah

Surakarta.

Goffman, E. (1956). The Presentation of Self in Everyday Life. Edinburgh: University of

Edinburgh, Social Sciences Research Centre.

M. Setiadi Hartoko, S. M. (2016). Rekrutmen Calon Pelayan Tetap (Studi Kasus LP3I Jakarta

Kampus Pasar Minggu). Jurnal Akuntansi, Ekonomi, dan Manajemen Bisnis, 123.

Musta'in. (2010). "Teori Diri" Sebuah Tafsir Makna Simbolik (Pendekatan Teori Dramaturgi

Erving Goffman). Jurnal Dakwah & Komunikasi, 4.

Sahir, Syafrida Hafni. (2021). Metodologi Penelitian. Medan: KBM Indonesia.

Siti Nurul Hidayah, Sofia Salsabila, Bela Farisa. (2020). Presentasi Diri Anak Punk Street

(Analisis Dramaturgi Kehidupan Punk Street). Journal of Social Science Teaching

Vol.4 No. 1, 1-9.

Sri Suneki, H. (2012). Paradigma Teori Dramaturgi terhadap Kehidupan Sosial. Jurnal Ilmiah

CIVIS, 1.

Wibowo, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Umum Bus Trans Jogja

terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, 11, 69.

Zurkiyah, Tri Rahayu, Riki Wahyuni Rahmad. (2022). Pola Pelayanan Pelabuhan

Penyebrangan Aceh Singkil - Simeulue. SEMNASTEK UISU, 106.




Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi Widyanita

Publisher:

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

Kompleks Billy & Moon, Pondok Kelapa, Jakarta 13450

@copyright