Representasi Kepercayaan Diri dalam Iklan Youtube Rexona Indonesia Versi #geraklampauibatas

Maria Lisa Aryani, FA Wisnu Wirawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis representasi kepercayaan diri dalam iklan Youtube Rexona Indonesia versi #GerakLampauiBatas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori jarum hipodermik. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yang terdiri dari tiga konsep pemaknaan yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Iklan Rexona versi #GerakLampauiBatas yang memiliki durasi 1 menit 1 detik. Terdapat 5 scene yang menjadi objek penelitian untuk dianalisis yang menunjukkan representasi kepercayaan diri yang digambarkan dalam iklan Youtube Rexona Indonesia versi #GerakLampauiBatas adalah (1) keyakinan akan kemampuan sendiri, yang digambarkan memlalui tindakan dan voice over, (2) optimis, yang digambarkan melalui warna, properti, voice over, dan tindakan, (3) objektif, yang digambarkan melali voice over, (4) bertanggung jawab, yang digambarkan melalui voice over dan tindakan, dan (5) rasional dan realistis, yang digambarkan melalui voice over.

Full Text:

PDF

References


Adzani, F. (2020, Mei 16). 12 Manfaat Olahraga Barbel yang Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental. sehatq.com. https://www.sehatq.com/artikel/10-manfaat-angkat-barbel-yang-baik-untuk-kesehatan-fisik-dan-mental

Amelia, M. (2015, Maret 21). Wanita Bisa Bela Diri, Kenapa Nggak Sih? . kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/bahasa.kita/552993acf17e614f08d623bf/wanita-bisa-bela-diri-kenapa-nggak-sih

Angela, M., & Winduwati, S. (2019). Representasi Kemiskinan dalam Film Korea Selatan (Analisis Semiotika Model Saussure pada Film Parasite). Koneksi, 3(2), 478–484.

Aprilianda, R. (2021). Tinjauan Visual Tokoh Miko yang Berjuang Dengan Gigih Menggunakan Teori Tokoh dan Penokohan Dalam Komik “Hai, MIIKO!” [Universitas Komputer Indonesia].

Astuti, T. (2018). Mendeteksi Kebohongan dengan Gesture dan Mikroekspresi (S. Adams, Ed.; I). Anak Hebat Indonesia.

Bonafix, D. N. (2011). Videografi: Kamera dan Teknik Pengambilan Gambar. Humaniora, 2(1), 845.

Dyning Pertiwi, M., & Verdiana, E. O. (2022). Visual Identity Nimade Donuts Sebagai Media Promosi Di Kota Malang. Dalam Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia (JESKOVSIA) (Vol. 06, Nomor 01).

Effendi, E., Dewi, K. P., & Natasya, F. N. (2023). Teori Peluru Ajaib. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2).

Gunarwan, N. (2021, September 16). Apa Itu Energi Positif dan Energi Negatif? Jangan Salah Pilih Ya! yoursay.suara.com. https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/09/16/123608/apa-itu-energi-positif-dan-energi-negatif-jangan-salah-pilih-ya

Gunawan, S., Putri, D., & Darmayanti, T. E. (2023). Kajian Warna pada Café Sawo Coffee & Roastery Braga Bandung. Gewang, 5(1), 46–52.

Hude, M. D. (2006). Emosi : penjelajahan religio-psikologis tentang emosi manusia di dalam Al-Qur’an (S. Mahdi, Ed.). Erlangga.

Ibtisamah, S. (2021). Dampak Buruk dari Malas Gerak (Mager). Berita Ners (Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga).

Iye, R., Susiati, S., & Karim, K. (2020). Citra Perempuan dalam Iklan Sabun Shinzui. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 6(1), 1–7.

Kusrini, W., & Prihartanti, N. (2014). Hubungan Dukungan Sosial dan Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Boyolali. Jurnal Penelitian Humaniora, 15(2), 131–140.

Laura, M. ;, & Luzar, C. (2011). Efek Warna Dalam Dunia Desain dan Periklanan. 2(2), 1084–1096.

Musfialdy, & Anggraini, I. (2020). Kajian Sejarah Dan Perkembangan Teori Efek Media. VIII(1).

Phoenix. (2011, Maret 31). Orang Gemuk Sering Menderita karena Stigma Negatif. health.detik.com. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1605872/orang-gemuk-sering-menderita-karena-stigma-negatif

Pramudiarja, U. (2016, Februari 15). Beda Persepsi Seperti Ini Membuat Orang Gemuk Cenderung Malas Bergerak. health.detik.com. https://health.detik.com/diet/d-3142480/beda-persepsi-seperti-ini-membuat-orang-gemuk-cenderung-malas-bergerak

Purbasari, M., & Jakti, R. A. D. R. I. K. (2014). Warna Dingin Si Pemberi Kenyamanan. Humaniora (Language, People, Art, and Communication Studies), 5(1), 357–366.

Puspitasari, D. G., Bandung, I. T., Sabana, S., & Ahmad, H. A. (t.t.). Cahaya Kearifan Lokal Dalam Narasi Visual Film Sang Pencerah Karya Hanung Bramantyo. International Conference on Creative Media, Design &Technology (REKA2016).

Putra, T. M. (2016). Ekspresi Wajah Dalam Karya Lukis Surrealis. Serupa: The Journal of Art Education, 4(3).

Rahayuningdyah, E. (2016). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VIII D Di SMP Negeri 3 Ngrambe. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(2).

Riadi, M. (2022, Mei 31). Harapan (Hope) - Aspek, Indikator dan Faktor yang Berpengaruh. kajianpustaka.com. https://www.kajianpustaka.com/2022/05/harapan-hope.html

Safika, R., & Trihastuti, M. C. W. (2020). Faktor-Faktor Kepercayaan Dir Dua Siswa Kelas VII SMP Katolik Ricci II Bintaro. Jurnal Psiko-Edukasi, 18(1), 57–72.

Salimah. (2019). Mitos: Ungu Identik dengan Warna Janda. Kumparan.com.

Sendari, A. A. (2021, Oktober 14). 15 Arti Warna Sebagai Simbol, Punya Pesan yang Berbeda. Liputan6.com. https://www.liputan6.com/hot/read/4684314/15-arti-warna-sebagai-simbol-punya-pesan-yang-berbeda

Sobur, A. (2018). Semiotika Komunikasi (7 ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Sunarto, Ed.; I). CV ALFABETA.

Susanto, M. (2018). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana [Universitas Kristen Satya Wacana].

Swari, R. C. (2022, Desember 15). 6 Manfaat Duduk Tegak bagi Kesehatan. hellosehat.com. https://hellosehat.com/muskuloskeletal/tulang-sendi-lainnya/6-manfaat-duduk-tegak-bagi-kesehatan/

Syarifah, F. (2021). 9 Mitos tentang Disabilitas yang dipatahkan Atlet Palalimpiade Tokyo 2020. liputan.com.

Uly, Y. A. (2020, Juni 29). Rahasia Alam Semesta: Warna Matahari Bukan Kuning tapi Putih, Kok Bisa? kompas.com. https://www.kompas.com/sains/read/2020/06/29/180100923/rahasia-alam-semesta--warna-matahari-bukan-kuning-tapi-putih-kok-bisa-

Vera, N. (2022). Semiotika Dalam Riset Komunikasi (S. Y. Hayati, Ed.; I). PT RajaGrafindo Persada.

Wahyuningsih, sri. (2019). Film dan Dakwah: Memahami Representasi Pesan-Pesan Dakwah Dalam Film Melalui Analisis Semiotik. Media Sahabat Cendekia.

Widiyarti, Y. (2022, Juni 22). Gaya Alasan Orang Berteriak, dari Marah sampai Sakit. tempo.co. https://gaya.tempo.co/read/1604704/alasan-orang-berteriak-dari-marah-sampai-sakit

Wuryani, S. M. (2022, Agustus 3). Efek Jangka Panjang “Malas Gerak” Bagi Kesehatan. Kementerian Kesehatan Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/959/efek-jangka-panjang-malas-gerak-bagi-kesehatan




Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi Widyanita

Publisher:

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

Kompleks Billy & Moon, Pondok Kelapa, Jakarta 13450

@copyright