Ideologi Patriarki pada Iklan Bibit Versi "Suara Hati Generasi Sandwich"

Monika Delarosa Unsai, Gabriella Novianty Soedjarwo

Abstract


Iklan merupakan bagian dari komunikasi karena iklan merupakan proses penyampaian pesan. Iklan berusaha untuk memberikan informasi, membujuk, meyakinkan dan menyampaikan suatu gagasan atau ideologi kepada khalayak. Bibit melalui iklan versi “Suara Hati Generasi Sandwich” menyampaikan pesan melalui seperangkat tanda yang digunakan dalam membangun jalan cerita iklan untuk menarik atensi khalayak. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui pesan atau ideologi yang dimuat dalam iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis data ialah semiotika Roland Barthes dengan mengidentifikasi makna denotasi, konotasi dan mitos. Hasil penelitian ini menemukan tiga mitos utama yakni: 1) produk Bibit dapat memberikan kemakmuran bagi penggunanya; 2) generasi sandwich dimaknai sebagai generasi yang mengalami masalah keuangan; 3) rajin berinvestasi atau menabung dipercaya dapat terbebas dari masalah keuangan di masa depan. Ideologi patriarki juga ditemukan dalam iklan ini yang digambarkan melalui karakter atau tokoh dalam iklan.

Full Text:

PDF

References


Ardia, V., Indriawan, & Jamiati.(2020). Analisis Semiotika Iklan Gojek Versi “Cerdikiawan”. Jurnal KAIS, 1 (2), 71-79.

Burhan,F.A. (2021, 7 5). Kelola Dana Investasi Rp 5 Trilliun, Startup Bibit Gaet Bank Jago. Dipetik Februari 25, 2023, dari Katadata.co.id: https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/60e2a850298f1/kelola-dana-investasi-rp-5-triliun-startup-bibit-gaet-bank-jago.

Davidson, H., & Novitasari, D. (2022). Budaya Konsumerisme dalam Iklan Shopee Versi Cetar Membahana. Jurnal Semiotika, 16 (1), 14-23.

Israpil. (2017). Budaya Patriaki dan Kekerasan Terhadap Perempuan. Jurnal Pusaka, 5(2), 141-150.

Salfa, H. N. (2022, November 2). Peran Sosial Perempuan dalam Masyarakat dan Implikasinya terhadap Penempatan Perempuan Anggota Legislatif Pada Komisi-Komisi di DPR RI Periode 2018-2024. Jurnal Politica, 13(2), 162-181.

Sobur, A. (2018). Semiotika Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Vera, N. (2022). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Wahyuningsih, S. (2019). Memahami Representasi Pesan-Pesan Dakwah dalam Film Melalui Analisis Semotioka. Surabaya: Media Sahabat Cendekia Surabaya.




Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi Widyanita

Publisher:

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

Kompleks Billy & Moon, Pondok Kelapa, Jakarta 13450

@copyright