Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Skincare Somethinc Melalui Instagram @somethincofficial

Angelina Priska Aningtyas, Maria F. Lies Ambarwati

Abstract


Komunikasi pemasaran merupakan bentuk komunikasi yang bertujuan untuk memperkuat strategi pemasaran, guna meraih target pasar yang meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Somethinc terhadap keputusan pembelian produk Somethinc. Dasar Teori yang digunakan adalah teori Uses and Gratification. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah Somethinc, dan mengambil 9 informan dengan empat kategori; beauty enthusiast, digital creator, mahasiswi, dan ibu rumah tangga. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara secara daring, observasi, dan dokumentasi dari konten yang diunggah di Instagram Somethinc. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi yang dilakukan Somethinc, informan mengatakan kualitas produk dan strategi komunikasi; announcing, informing, dan motivating di Instagram Somethinc telah sesuai. Strategi yang paling menonjol dari ketiga tujuan strategi komunikasi adalah informing. Manfaat praktis Somethinc adalah orang lain dapat mengikuti apa yang dilakukan Somethinc, sehingga orang lain menggunakan Instagram tidak hanya untuk sebagai hiburan semata, tetapi dapat digunakan juga untuk berbisnis.

Full Text:

PDF

References


Alo, L. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Prenada Media.

Ciptono, F. (2000). Strategi Pemasaran. Andi Offset.

Indriono, G., & Gitosudarmo, I. (2001). Prinsip Dasar Manajemen. BPFE.

Kotler &, K. &. (2012). Marketing Management. Indeks Kelompok Gramedia.

Steven, P. (2003). Integrated Marketing Communication. Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.




Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi Widyanita

Publisher:

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

Kompleks Billy & Moon, Pondok Kelapa, Jakarta 13450

@copyright