MANAGEMENT SERVICE PUBLIC DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN BANDONGAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengkaji Manajemen Pelayanan Publik di Kantor Urusan Agama Kecamatan Bandongan. Manajemen pelayanan publik menjadi isu penting dalam pemerintahan lokal untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik manajemen pelayanan publik di Kantor Urusan Agama Kecamatan Bandongan, dengan fokus pada upaya peningkatan efisiensi, responsivitas, dan kepuasan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kantor Urusan Agama Kecamatan Bandongan telah mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan manajemen pelayanan publik, seperti penggunaan teknologi informasi dan pelatihan pegawai. Namun, masih terdapat beberapa hambatan, seperti kurangnya dana dan sumber daya manusia yang memadai. Penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya peningkatan manajemen pelayanan publik di Kantor Urusan Agama Kecamatan Bandongan masih perlu terus dilakukan. Diperlukan kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan masyarakat, untuk menciptakan sistem pelayanan publik yang lebih efisien dan responsif. Selain itu, penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk perbaikan lebih lanjut dalam manajemen pelayanan publik di tingkat lokal.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Aghni, I., & Fajri, N. (2023). Efektivitas Kepala KUA dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Ditinjau dari Peraturan Menteri Agama. 1–6.
Ahdiyani, D. A. (2017). Praktek Kursus Calon Pengantin Sebagai Upaya KUA Kecamatan Secang Kabupaten Magelang Dalam Meminimalisir Angka Perceraian.
Balakrishnan, S., & Forsyth, A. (2019). Qualitative methods. In The Routledge Handbook of International Planning Education (Vol. 6, Issue August). https://doi.org/10.4324/9781315661063-13
et al. Jackson, S. E. (2011). Pengelolaan Sumber daya Manusia. 3(2), 13.
Gunada, I. W. A., Lasmawan, I. W., & Suharta, I. G. P. (2023). Aspek Agama, Sosial dan Budaya dalam Kurikulum Pendidikan dan Pembelajaran Seni Budaya Keagamaan Hindu yang Berkearifan Lokal. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 321–337. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i2.2462
Harahap, B. A., Idham, P. B., Kusuma, A. C. M., & Rakhman, R. N. (2017). Perkembangan Financial Technology Terkait Central Bank Digital Currency (CBDC) Terhadap Transmisi Kebijakan Moneter Dan Makroekonomi. Bank Indonesia, 2, 1–80.
Ismail, F. (2018). Implementasi Total Quality Management (TQM) di Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2), 1–14. https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.591
Jhuji, E. a. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 113.
Juneldi, R., & Sururie, R. W. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) Di Kua Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah: Jurnal Hukum Keluarga Dan Peradilan Islam, 1(2), 179–194. https://doi.org/10.15575/as.v1i2.9914
Latief, A., Nurlina, N., Medagri, E., & Suharyanto, A. (2019). Pengaruh Manajemen Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap terhadap Kinerja Karyawan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2), 173. https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i2.12608
Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo, & Husaini, H. (2021). Efektivitas Pengelolaan Mutu Dosen Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8(1), 29–39. https://doi.org/10.21009/improvement.v8i1.19308
Nur Andriani, R. (2015). manajemen kelas pada kelompok mata pelajaran unas kelas IX di smp yimi fuul day school gresik. Jurnal Pendidikan, 01(01), 1–13.
Rachmadinata, N. S., & Ayuningtias, H. G. (2017). Pengaruh Manajemen Talenta Terhadap Kinerja Karyawan Lintasarta Kota Jakarta. Jurnal Manajemen Indonesia, 17(3), 197. https://doi.org/10.25124/jmi.v17i3.1156
Riswandi, P., & Yuniarti, R. (2020). Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Nilai Perusahaan. Pamator Journal, 13(1), 134–138. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6953
Riyadi, F. (2019). Efektivitas Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) Dalam Implementasi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Di Kua Kecamatan Mejobo Kudus. YUDISIA : Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 9(2), 211. https://doi.org/10.21043/yudisia.v9i2.4477
Said, N. M. (2016). Manajemen Masjid (Studi Pengelolaan Masjid Agung Al-Azhar Jakarta). Jurnal Dakwah Tabligh, 17(1), 94–105. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/tabligh/article/view/6079
Saogi, A., Agama, K. K., & Cirebon, K. (2022). Revitalization Strategy of Religious Affairs. 1, 63–84.
DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v8i2.1034
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher STARKI @copyright