TUGAS SEKRETARIS DALAM MENYIAPKAN RAPAT PIMPINAN PADA DIVISI MSDM PT. INTI BANDUNG

Heni Rohaeni, Restu Rahmah Putri, Srie Wijaya Kesuma Dewi, Doni Purnama Alamsyah

Abstract


Dalam sebuah perusahaan, pimpinan sangat membutuhkan seorang sekretaris untuk membantu melaksanakan tugasnya. Salah satu tugas sekretaris adalah menyiapkan rapat pimpinan.Rapat diadakan apabila pimpinan memerlukan sumbangan pendapat dari para staf karena pimpinan tidak dapat mengambil keputusan secara sepihak. Peran sekretaris dalam menyiapkan rapat pimpinan sangat penting agar rapat dapat berjalan secara efektif guna mendapatkan hasil yang diharapkan. Sekretaris dituntut untuk teliti dalam menyiapkan keperluan rapat agar tidak ada satu bagian yang terlupakan yang akan berdampak besar pada kegiatan rapat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, sedangkan tujuan penelitian adalah melihat sejauhmana efektivitas tugas Sekretaris dalam menyiapkan rapat Pimpinan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan, pada Divisi MSDM PT. INTI Bandung tugas sekretaris dalam menyiapkan rapat pimpinan sudah sesuai dengan standar prosedur yang ditentukan perusahaan dimulai dari pimpinan memberikan instruksi, sekretaris menyiapkan agenda rapat, membuat dan menyebarkan undangan rapat, membuat daftar hadir rapat, menyiapkan ruang rapat, menyiapkan perlengkapan rapat, pimpinan memulai rapat, membuat notulen rapat serta mendistribusikan notulen kepada peserta rapat. Tetapi terkadang sekretaris tidak menjalankan prosedur menyiapkan rapat tersebut dengan baik

Keywords


Tugas Sekretaris, Rapat Pimpinan

References


Alamsyah, D. P., Solihat, A., Suhendi, H., Firmansyah, R., Hunaifi, N., Mukminin, A., ... & Ary, M. (2018). Pemanfaatan ICT Untuk Pengembangan Perusahaan Kecil dan Menengah di Look at Hijab Bandung. Jurnal ABDIMAS (Pengabdian kepada Masyarakat) UBJ, 1(1).

Asekma Don Bosco. 2010. Handbook of Modern Secretary. Jakarta: PPM.

Dewi, Irra Chrisyanti. 2011. Manajemen Kesekretariatan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Endang R, Sri, Sri Mulayani, dan Suyetty. 2010. Modul Merencanakan dan Mengelola Pertemuan atau Rapat. Jakarta: Erlangga.

Hendarto, Hartiti, dan Tulus Haryono. 2008. Menjadi Sekretaris Profesional. Jakarta: Penerbit PPM.

Herlambang, Susatyo, dan Bambang Heru Marwoto. 2014. Manajemen Kesekretariatan Cara Mudah Memahami dan Mengelola Pekerjaan Kesekretariatan. Yogyakarta: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Machfoedz, Mahmud. 2005. Rapat dan Presentasi Lisan yang Efektif. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Musty, Bertha. 2010. Bagaimana Meningkatkan Profesionalisme Seorang Sekretaris. Bandung: LPKIA-IAI

Nuraeni, Nani. 2008. Panduan menjadi sekretaris profesional. Jakarta : Trans Media Pustaka.

Nurasih, Lina, dan Sri Rahayu. 2009. Manajemen Sekretaris Itu Gampang Secara Otodidak. Jakarta: Dunia Cerdas.

Rosidah, dan Ambar Teguh Sulistiyani. 2005. Menjadi Sekretaris Profesional dan Kantor yang Efektif. Yogyakarta: Gava Media.

Sardjono, Tony. 2009. 8 Cara Efektif Menjalankan Rapat. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Sedarmayanti. 2014. Tugas dan Pengembangan Sekretaris Profesional Untuk Meraih Keberhasilan. Bandung: Mandar Maju.

Sedianingsih, Farida Mustikawati dan Nieke P. Soetanto. 2010. Teori dan Praktik Administrasi Kesekretariatan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sumarto, Rumsari Hadi, dan Lukas Dwiantara. 2006. Sekretaris Profesional: Yogyakarta: Kanisius.

Wursanto, Ignatius. 2008. Kompetensi Sekretaris Profesional. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yatimah, Durotul 2009. Kesekretarisan Modern dan Administrasi Perkantoran. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v4i2.256

Refbacks



Copyright (c) 2019 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher STARKI @copyright