Self-Awareness Creates Job Satisfaction in PT Indosat, Tbk., Jakarta

Kartini Ismono

Abstract


Kepuasan kerja adalah perasaan positif tentang pekerjaan seseorang yang merupakan hasil dari evaluasi karakteristiknya. Kepuasan kerja yang tinggi memiliki perasaan positif tentang pekerjaannya, sementara orang yang tidak puas memiliki perasaan negatif tentang pekerjaannya. Ketika ada perbincangan antar teknisi, yang sering dibahas adalah kepuasan karyanya. Adanya fakta bahwa teknisi yang puas jauh lebih produktif jika dibandingkan dengan teknisi yang tidak puas telah menjadi alasan yang tak terbantahkan dalam aktivitas kerja sehari-hari. PT Indosat, Tbk. yang dimaksud dalam penelitian ini adalah perusahaan telekomunikasi untuk publik internasional, dan merupakan bentuk Investasi Asing (PMA / swasta) sejak tahun 1967, yang pada awalnya dikelola oleh PT Telkom. Saat itu, PT Indosat, Tbk. adalah salah satu pelopor bisnis Investasi Asing yang didirikan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini sebagai prosedur penyelesaian masalah dengan menggambarkan keadaan objek penelitian pada saat tertentu (sebagaimana adanya), atau aktivitas penelitian pada aspek (variabel) yang diteliti dengan 2 (dua) variabel menggunakan metode sederhana. perhitungan, yaitu kesadaran diri dan kepuasan kerja. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh py = 0,238 dengan t = 2,586, sedangkan nilai ttabel = 1,99 ( = 0,05, dk = 80), karena thitung> ttabel ( = 0,05), Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti koefisien Kesadaran Diri (X) tentang Kepuasan Kerja (Y) signifikan. Temuan ini berarti Kesadaran Diri memiliki efek positif langsung pada Kepuasan Kerja, dengan kata lain peningkatan Kesadaran Diri akan mengarah pada peningkatan kualitas Kepuasan Kerja.

Full Text:

PDF

References


Ahmed, H. A. A., & Elmasri, Y. M. (2011). Effect of Self-awareness Education on the Self-efficacy and Sociotropy Autonomy Characteristics of Nurses in a Psychiatry Clinic. Life Science Journal.

Colquitt, J. A., Lepine, J. A., & Wesson, M. A. (2013). OB: Improving Performance & Commitment in the Workplace (3rd editio). New York: McGraw-Hill.

George, J. M., & Jones, G. R. (2012). Understanding & Managing Organizational Behavior (6th editio). New Jersey: Pearson Education Ltd.

Gibson, J. L., & et al. (2009). Organizations: Behavior, Structure, Processes (13th editi). New York: McGraw-Hill.

Janasz, S. C., Dowd, K. O., & Z., S. B. (2009). Interpersonal Skills in Organizations. New York: McGraw-Hill.

McShane, S. L., & Glinow, M. A. Von. (2007). Organizational Behavior (5th editio). New York: McGraw-Hill.

Pamungkas PDA. (2016). Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Kelurahan Bitungsari Bogor Menggunakan Kep/25/M.PAN/2/2004. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, 1(1), 85–91.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2011). Organizational Behavior : Global (14th editi). New Jersey: Pearson Education Ltd.

Schemerhorn Jr, J. R. (2011). Introduction to Management (11th editi). Iowa: John Wiley & Sons, Asia, Pte, Ltd.

Whetten, D. A., & Cameron, K. S. (2007). Developing Management Skills (7th editio). New Jersey: Pearson Education Ltd.




DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v5i1.342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher STARKI @copyright