Pengaruh Human Capital Terhadap Kinerja Organisasi

Ismiyati Ismiyati

Abstract


Penilaian Kinerja Organisasi berbasis human capital merupakan hal menarik yang perlu dikembangkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Human Capital Terhadap Kinerja Organisasi. Human Capital adalah nilai ekonomi dan sumber daya manusia yang berkaitan dengan kemampuan, pengerahuan, ide, keterampilan seseorang. Sedangkan kinerja organisasi adalah gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan tugas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dengan populasi karyawan PT.Mega Bakti Teknik dengan Metode pengambilan sampel yang digunakan berdasarkan teknik probability sampling yaitu Proporsional Random Sampling, dimana sampel dipilih secara diproporsikan dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Human Capital di PT. Mega Bakti Teknik di katagori baik, Kinerja Organisasi di PT. Mega Bakti Teknik di katagori baik, dan Human Capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Organisasi.

Keywords


Human Capital, Kinerja Organisasi.

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2016). Pengaruh human capital dan structural capital terhadap kinerja sumber daya manusia pada pt. semen tonasa pangkep sulawesi selatan.

Abdussalam, I., & Laksito, H. (2010). Analisis Pengaruh Human Capital Terhadap Kinerja Kantor Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(1).

Aisah, D. S. (2016). Pengaruh Intellectual Capital Pada Kinerja Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi :, 5(9).

Arikunto, Suharsimi (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Armosudiro, P. (2011). Konsep Organisasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Bastian, Indra, 2011, Sistem Akuntansi Sektor Publik, penerbit salemba empat ,Jakarta

Danang Sunyoto. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta : CAPS.

Dharmaningsih, Putu. Dian., Sujana, E., & Herawati, N. T. (2017). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi (Sia), Human Capital, Dan Budaya Organisasi Tri Hita Karana Terhadap Kinerja Organisasi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (Skpd) Dinas Di Kabupaten Buleleng. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi S1, 7(1).

Dwi, M., Astri, P., & Susanto, A. (2008). Analisis Pengaruh Human Capital Terhadap Kinerja Perusahaan ( Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Indonesia ). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 11–21.

Endri. (2011). Peran Human Capital Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan : Suatu Tinjauan Teoritis. ABFI Institute Perbanas, 6(2), 179–190.

Faturachman, R. (2013). Human Capital Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 2(12), 1–15.

Gaol Chr. Jimmy L. 2015. A to Z Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit : Kompas Gramedia , Cetakan kedua, Jakarta.

Gibson, et al. 2009. Organisasi. Edisi ke lima. Jakarta : Erlangga.

Hidayat, C. (2013). Analisis Model Pengukuran Human Capital Dalam Organisasi. Binus Business Review, 4(2), 879–885.

Ismail. (2017). pengaruh Keterampilan terhadap keberhasilan Wirausaha. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 10(1), 9–39.

Kamper, J., & Darmaga, K. I. P. B. (2014). Peran Human Capital , Corporate Value dan Good Corporate Governance melalui Kinerja Karyawan terhadap Kinerja Perusahaan di PTPN VII Lampung. Manajemen IKM, 9(2), 131–139.

Keban, Yeremias T. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori, dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.

Malayu, S.P. Hasibuan, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Cetakan 9. PT. Bumi Aksara

Mangkunegara A. A. Anwar Prabu. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Muchtar, H. 2010. Penerapan Penilaian Autentik Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, 14.

Notoadmodjo, S, 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta, Rineka Cipta.

Nurziah, F., & Darmawati, D. (2014). Analisis Pengaruh Corporate Governence, Kepemilikan Manajerial, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Intellectual Capital Disclosure. Finance and Banking Journal, 16(2).

Prasetya, E. M. et al. (2016). Pengaruh Human Capital, Information Capital dan Organizational Capital Terhadap Kinerja Karyawan ( Studi Pada Karyawan PT PLN ( Persero ) Unit Induk Pembangunan VIII Surabaya ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 40(1).

Pujiastuti, E. E. (2012). Human capital, social capital dan pengarunya terhadap kinerja perusahaan (study pada bank sleman). Business Conference(BC), 1–16.

Putri, N. K. (2013). Peran Human Capital terhadap Kesuksesan Organisasi: Karyawan Adalah Investasi. Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan, 11(2), 93–97.

Rina, K., Dewi, P., Negoro, N. P., & Rahmawati, Y. (2017). Peran Human Capital Terhadap Efisiensi Perusahaan Perbankan di Indonesia. JURNAL SAINS DAN SENI ITS, 6(1), 24–27.




DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v5i1.345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher STARKI @copyright