Analisis Kebutuhan Tenaga Kependidikan Universitas dalam Melaksanakan Tugas Korespondensi

Yohanes Adven Sarbani, Indriana Lestari

Abstract


Correspondence is an important activity in every educational institution. This study aims to analyze the needs of education personnel at Widya Mandala Surabaya Catholic University (UKWMS) in carrying out correspondence tasks. This research approach is quantitative approach with analytical descriptive method. The correspondence at UKWMS was intense. From the data obtained in the questionnaire, on average in a year the letters issued can reach 789 letters, there is even one subsystem that issues 3,000 letters in one year. These letters include invitations, announcements, assignment letters, notifications, reply letters, official notes, and application letters. So far, UKWMS does not have standard guidelines for managing letters that have been approved by the UKWMS leadership. The majority of respondents (86.3%) agree that letter management guidelines are important to support their task in compiling letters. It can be concluded that the existence of correspondence training and letter management guidelines is a necessity for education staff at UKWMS in carrying out correspondence duties

Abstrak

Korespondensi merupakan aktivitas penting di setiap institusi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kebutuhan tenaga kependidikan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) dalam pelaksanaan tugas korespondensi. Pendekatan penelitian ini berupa pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analitis. Korespondensi di UKWMS berlangsung secara intens. Dari data yang didapat di kuesioner, rata-rata dalam setahun surat yang dikeluarkan bisa mencapai 789 surat, bahkan ada satu subsistem yang mengeluarkan 3.000 surat dalam satu tahun. Surat-surat tersebut seperti undangan, pengumuman, surat tugas, pemberitahuan, surat balasan, nota dinas, dan surat permohonan. Selama ini, UKWMS belum memiliki pedoman tata surat yang baku dan disahkan oleh pimpinan UKWMS. Mayoritas responden (86,3%) setuju bahwa pedoman tata surat itu penting untuk mendukung tugas mereka dalam menyusun surat. Bisa disimpulkan bahwa adanya pelatihan korespondensi dan pedoman tata surat merupakan kebutuhan tenaga kependidikan di UKWMS dalam pelaksanaan tugas korespondensi.

Keywords


korespondensi, tenaga kependidikan, analisis kebutuhan, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

References


Arlita, A.R dan Nelisa, M. 2013. “Problematika Korespondensi Resmi Bagi Pegawai Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Tanah Datar”. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. Vol 2, No. 1. 267-275. DOI: https://doi.org/10.24036/2332-0934

Asnawi, A. 2017. Pentingnya Korespondensi yang Baik untuk Menunjang Kegiatan Bisnis di PT Galic Bina Mada Surabaya. Laporan Hasil Penelitian Mandiri. Surabaya: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo.

Barus, S. 2012. Korespondensi Indonesia. Medan: USU Press.

Daryanto dan Abdullah. 2013. Pengantar Ilmu Manajemen dan Komunikasi. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Finoza, L. 2009. Aneka Surat Sekretaris dan Bisnis Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia

Indriantoro, N. dan Supomo B. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFP Yogyakarta.

Irianto, Heru dan Bungin, B. 2001. Pokok-Pokok Penting Tentang Wawancara. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 2021. Permen PANRB Nomor 21 tahun 2021 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas di Lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Jakarta: KemenPANRB.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2021. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2021 tentang Tata Naskah Dinas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud.

Korespondensi. 2016. Pada KBBI Daring. Diambil 24 Agustus 2022, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/ korespondensi.

Moekijat. 1997. Administrasi Perkantoran. Bandung: CV Mandar Maju.

Rukajat, A. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitatif Research Approach. Yogyakarta: Deeppublish.

Sarbani, Y. A. 2021. “Perilaku Sekretaris Dalam Berkorespondensi Digital”. Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan, Vol. 6 No. 124-146. DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v6i2

Sedarmayanti. 1997. Tugas dan Pengembangan Sekretaris. cetakan 4, Bandung: CV Mandar Maju.

Selfiana, Trigunadi, A., dan Widiawati, K. 2022. “Pelatihan Luring Surat Menyurat Guru dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Kecamatan Mustika Jaya”. Jurnal Karya untuk Masyarakat, Vol. 3, No. 1, 46-57.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyatno. 2013. “Serba-Serbi Surat Dinas dan Permasalahannya”. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, Vol. 5 No. 2. (155-160).

Umar, H. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. 2021. Laporan Tahunan Rektor Tahun Akademik 2020/2021. Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.36914/jak.v7i2.857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher STARKI @copyright