STRATEGI KOMUNIKASI JPM TV PADA MASA TRANSISI MIGRASI ANALOG KE DIGITAL DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN PEMIRSA

Nana Sutisna

Abstract


Migrasi JPM TV dari sistem analog ke sistem digital adalah bagian dari amanat UU No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran dan UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Proses migrasi ini terkendala persoalan teknologi dan non teknologi. Teori yang digunakan adalah teori dasar komunikasi, mulai dari sifat komunikasi hingga tujuan komunikasi untuk mengubah perilaku. Kajian mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan hingga evaluasi dari sisi empirik atau kondisi yang terjadi pada masa transisi migrasi analog ke digital berdasarkan teori Penyusunan Tindakan yang dikembangkan John Greene. Metode kajian menggunakan kualitatif deskriptif untuk mendapatkan makna dari generalisasi dengan paradigma postpositivistik untuk menemukan kompleksitas kebenaran. Data primer dan sekunder yang didapat diseleksi, divalidasi dan diinterpretasi. Observasi penelitian dilakukan di tiga kantor JPM TV, Kabupaten Pandeglang, Kota Serang, Provinsi Banten dan Jakarta. Dari hasil pengelolaan data, didapati bahwa perencanaan startegi komunikasi JPM TV sangat tergantung pada implementasi regulasi pemerintah yang masih terkendala, diantaranya belum terdistribusinya STB. Pengelolaan program siaran JPM TV pada masa transisi migrasi TV analog ke TV digital telah mengubah karakteristik, sistem kompetisi, bentuk dan model inovasi penyiaran, strategi bisnis dan pemasaran dalam lingkungan masyarakat yang belum sepenuhnya paham terhadap sistem digital.

Keywords


JPM TV, Migrasi, Digitalisasi, Strategi Komunikasi

References


Abraham F.Z. (2013). Kesiapan Masyarakat Menerima Konversi Televisi Analog ke Televisi Digital. Prosiding Temu Ilmiah Peneliti: Meningkatkan Peran Litbang dalam Pengembangan Kesiapan Menerima Konversi TV, 301 - 320.

Adnjani M.D, Mubarok. (2018). Strategi Sosialisasi Migrasi Sistem Penyiaran Analog ke Digital di Jawa Tengah. Jurnal ASPIKOM, 3(4), 755 – 766.

Agussetianingsih B, Kasim A. (2021). Peran Desain Kebijakan: Digitalisasi Penyiaran Televisi di Indonesia. Jurnal Administrasi Publik, 7(2), 168 – 186.

Alaydrus, M. (2009). Digital Divinded pada Migrasi TV Analog ke TV Digital – Prospek dan Dilema. Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 1(10, 1 – 9.

Ardianto, Elvinaro dkk (2007), Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Azmi, R. (2013). Analisis Model Bisnis Penyelenggaraan Televisi Digital Free-to-Air di Indonesia. Buletin Pos dan Telekomunikasi, 11 (4), 265 – 280.

Budiarto, H, dkk. (2007). Sistem TV Digital dan Prospeknya di Indonesia, Jakarta: PT. Multikom.

Budiman, A. (2015). Model Pengelolaan Digitalisasi Penyiaran di Indonesia. Jurnal Politicia, 6(2), 107 – 122.

Budhirianto, S. (2014). Sikap Masyarakat Terhadap Kampanye Televisi Digital pada Media Televisi. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 18(3), 189 – 208.

Cangara, Hafied (1998), Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Effendy O.U. (2004). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hastjarjo S. (2007). Teknologi Digital dan Dunia Penyiaran. Jurnal Komunikasi Massa, 1(1), 35 – 41.

Harjessi P.N, Huseini M. (2019. Kesiapan Pemerintah dalam Menghadapi Digitalisasi Televisi Menurut Perspektif Organisasi Pembelajar. Jurnal Inovasi Bisnis (INOVBIZ), 7(1), 138 – 146.

Ismail E, Siti D.S.R.S, Yuni T. (2019). Regulasi Penyiaran Digital : Dinamika Peran Negara, Persan Swasta, dan Manfaat Bagi Rakyat. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17 (2), 124 - 145.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller (2006), Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua belas. Terjemahan oleh Benyamin Molan (2009), Jakarta: PT Indeks.

Kriyantono, Rachmat (2006) Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Litlejohn, Stephen W, Karen A Foss (2014), Teori Komunikasi, edisi 9, Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan, (2008), Manajemen Media Penyiaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Muhadjir, Noeng, 2000, Metode Penelitian Kualitatif, Jogja: Rake Sarasin.

Nurfitria S, Yusuf M, Mandala I. (2022). Migrasi Media Televisi Mainstream ke Digital: Televisi Lokal Siap Menyambut Analog Switch Off (ASO). Journal of Islamic Communication & Broadcasting, 2(1), 37 – 54.

Oktariza R, Endroyono E, Gatot K. (2015). Rancang Bangun Platform Sistem SFN TV Digital DVB-T2. Jurnal Teknik ITS, 4(2), A-205-A-210.

Prabowo, A. (2012). Era Penyiaran Digital: Pengembangan atau Pemberangusan TV Lokal dan TV Komunitas?. Jurnal Komunikasi, 1(4), 301 – 314.

Prisgunanto, Ilham (2006), Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rakhmaniar A, Kustiman E, Hermawan V, Sonjaya R, Nabila Z. (2021). Kesiapan Lembaga Penyiaran TV Lokal di Jawa Barat Menghadapi Migrasi Digital (Analog Switch Off). Bersiap Menghadapi ASO: Memastikan Konten Sehat dan Moderat. KPI Daerah Jawa Barat, 17 – 45.

Sari D. (2015). Pengaruh Faktor-faktor Penerimaan Masyarakat pada Masa Simulcast Free to Air TV Digital. Jurnal Penelitian Pos dan Informatika, 5(2), 213 – 232.

Sugiyono (2012) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sulistiany S (1999). Kualitatif dalam Reserch. Jakarta: Gramedia.

Tjiptono F (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset

Company Profil PT. Wahana Televisi Banten (JPM TV). 2017. Jawa Pos Multimedia (JPM), Jakarta. https://jawaposmultimedia.com/.

Direktorat Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Kominfo RI. 2022. Jadwal ASO Lembaga Penyiaran Televisi tahun 2022. https://layanan.kominfo.go.id/

https://pandeglang.inews.id/read/205254/keberatan-tv-analog-disuntik-mati-warga-pandeglang-pilih-tidak-pakai-tv-karena-stb-mahal.

https://www.bantenraya.com/nasional/pr-1275434686/78-persen-warga-banten-belum-terima-set-top-box.

https://www.liputan6.com/news/read/5144448/dpr-evaluasi-distribusi-stb-di-banten-siaran-analog-serang-dan-pandeglang-bakal-dimatikan




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v9i1.1000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright