TikTok and B2B Branding: A Creative Approach to Video Marketing Insights from a Digital Agency Study
Abstract
Abstrak
Dalam konteks persaingan bisnis yang semakin intensif dan kemajuan teknologi yang cepat, organisasi bisnis-ke-bisnis (B2B) dituntut untuk proaktif dalam mempromosikan nilai-nilai perusahaan melalui strategi pemasaran video singkat di platform media sosial inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana perusahaan B2B—khususnya, penerima Penghargaan Mitra TikTok Indonesia dari sektor agensi pemasaran digital kreatif—mengembangkan kesadaran merek melalui strategi pemasaran video di TikTok. Dengan menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dengan manajer yang memiliki tanggung jawab dalam kreasi konten, pengelolaan strategi optimal, dan aktivasi media sosial pada akun TikTok “@doxadigital”. Melalui lensa kerangka kerja pemasaran video, hasil studi menunjukkan bahwa perusahaan telah menerapkan pemasaran video secara terencana dan tepat pada setiap tahapan, mulai dari perencanaan, produksi, hingga aktivasi, sesuai dengan prinsip strategi pemasaran video. Studi ini juga menemukan bahwa perusahaan B2B yang memanfaatkan pemasaran video mendapatkan hasil terbaik ketika mengimplementasikan tayangan berbayar. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi bagaimana perusahaan B2B mendefinisikan identitas mereka dengan mengoptimalkan berbagai aspek konten dan mengubah cara interaksi dengan pemangku kepentingan di era komunikasi digital saat ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, I., Astari, M. M. T., & Rosmawati, E. (2021). Social media utilization in B2B marketing communications in palm oil plantation research services. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(6), Article 6. https://doi.org/10.31604/jips.v8i6.2021.1791-1803
Akbari, D. A., Jastacia, B., Setiawan, E., & Ningsih, D. W. (2022). The marketing power of TikTok: A content analysis in higher education. Binus Business Review, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.21512/bbr.v13i2.8014
Andersson, S., & Wikström, N. (2017). Why and how are social media used in a B2B context, and which stakeholders are involved? Journal of Business & Industrial Marketing, 32(8), 1098–1108. https://doi.org/10.1108/JBIM-07-2016-0148
Andhika, M. H. R., Hamzah, R. E., Pasaribu, M., & Putri, C. E. (2022). Pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media promosi @suasanakopi. Jurnal Cyber PR, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i2.2427
Bulantseva, L. V. (2022). Digital PR and communication with B2B enterprises in the digital era. Russian Engineering Research, 42(10), 1089–1092. https://doi.org/10.3103/S1068798X22100070
Fahira, T., Februadi, A. C., & Amalia, F. A. (2021). Proyek perancangan konten video TikTok sebagai upaya meningkatkan kesadaran merek Vendorin Indonesia. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 12, 1115–1120. https://doi.org/10.35313/irwns.v12i0
Fuaddah, Z., Nurhaeni, I. D. A., & Rahmanto, A. (2022). Digital marketing strategy for campaigning @kedasbeutypusat social media accounts on TikTok application. 19–30. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220705.002
Gesmundo, M. A. G., Jordan, M. D. S., Meridor, W. H. D., Muyot, D. V., Castano, M. C. N., & Bandojo, A. J. P. (2022). TikTok as a platform for marketing campaigns: The effect of brand awareness and brand recall on the purchase intentions of millennials. Journal of Business and Management Studies, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.32996/jbms.2022.4.2.27
Hayati, C. S., & Sudradjat, R. H. (2022). Pemanfaatan TikTok sebagai platform digital marketing dalam upaya peningkatan brand awareness butik Aishable. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2812
Hood, S. L., Han, W., & Leonas, K. (2022, December 31). Emerging technologies in the global textile complex: Short video mobile applications and their use in marketing. Innovate to Elevate. Innovate to Elevate. https://doi.org/10.31274/itaa.16026
Kemp, S. (2023). Digital 2023: Indonesia. DataReportal – Global Digital Insights. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia
Kingsnorth, S. (2022). Digital marketing strategy. Retrieved June 3, 2023, from https://www.koganpage.com/product/digital-marketing-strategy-9781398605978
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revision). Remaja Rosdakarya. https://www.rosda.id/pendidikan-keguruan/metodologi-penelitian-kualitatif-edisi-revisi/
Moseler, C., & Mörk, O. (2021). Social media in B2B: The new kids on the block. In U. G. Seebacher (Ed.), B2B Marketing: A Guidebook for the Classroom to the Boardroom (pp. 437–461). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-54292-4_18
Mowat, J. (2021). Video Marketing. Kogan Page. Retrieved June 3, 2023, from https://www.koganpage.com/product/video-marketing-9781398601147
Nursanti, S. (2021). Instagram as one of Generation Z’s choice of health information sources in Indonesia. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 290–300. https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v13i2.2354
Povolná, L. (2017). Marketing communications on B2B markets. https://doi.org/10.7441/dokbat.2017.29
Rizaldi, M. (2014). Aplikasi media interaktif pada media promosi business to business. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.31937/ultimart.v7i2.389
Sitoresmi, S. (2021). Peran public relations organisasi B2B membangun brand image melalui jejaring sosial profesional LinkedIn (Studi kasus Mitsubishi Fuso). Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.52423/jikuho.v6i2.16595
Vasudevan, S., & Kumar, F. J. P. (2019). Social media and B2B brands: An Indian perspective. International Journal of Mechanical Engineering and Technology (IJMET), 9(9), 101–115.
Vieira, V. A., de Almeida, M. I. S., Agnihotri, R., da Silva, N. S. D. A. C., & Arunachalam, S. (2019). In pursuit of an effective B2B digital marketing strategy in an emerging market. Journal of the Academy of Marketing Science, 47(6), 1085–1108. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00687-1
Walter, E., & Gioglio, J. (2014). The power of visual storytelling: How to use visuals, videos, and social media to market your brand (1st ed.). McGraw-Hill. https://www.mheducation.com.sg/the-power-of-visual-storytelling-how-to-use-visuals-videos-and-social-media-to-market-your-brand-9780071823937-asia
Zalutsky, R., & Solntsev, S. (2022). Influence marketing in the TikTok social network. B2B MARKETING: 2022 XVI International Scientific and Practical Conference, 60–61. http://b2b-marketing.fmm.kpi.ua/proc/article/view/269257
DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v9i2.1078
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright