Strategi Komunikasi Pemasaran Kerupuk Lomang Balado Ummi Melalui Media Sosial Pasca Pandemi Covid-19

Noor Efni Salam, Raudhah Ziyan Suarni, Ringgo Eldapi Yozani

Abstract


UMMI Lomang Balado Crackers culinary MSME located in Kampar Regency, Riau Province. UMMI Lomang Balado Crackers are included in the micro business. In particular, UMMI Lomang Balado Crackers MSMEs need to carry out a communication strategy to consider choosing the right social media to promote and market products so that the intended messages and strategies can run effectively and smoothly and survive to be competitive after the Covid-19 pandemic. The aim of this research is to analyze communication strategies in determining planning, implementation and evaluation on social media for marketing UMMI lomang balado crackers. The research method is a descriptive qualitative approach using observation, interview and documentation techniques. Data analysis techniques are data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results show that marketing planning strategies determine the audience, compose messages, determine communicators, and select communication media. Implementation using social media Instagram and WhatsApp business marketing. And evaluation is carried out using SWOT analysis, measuring performance, and taking corrective action for future product marketing developments. Social media is an effective tool in marketing communication media for MSME players and their consumers. It is very necessary to consider the choice of social media in marketing communications to make it more effective.


Abstrak

UMKM kuliner Kerupuk Lomang Balado UMMI yang terletak di Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Kerupuk Lomang Balado UMMI termasuk kedalam usaha mikro. Khususnya UMKM Kerupuk Lomang Balado UMMI perlu melakukan strategi komunikasi untuk mempertimbangkan memilih media social yang tepat untuk mempromosikan, memasarkan produk agar pesan dan strategi yang dituju dapat berjalan dengan efektif dan mulus dan bertahan untuk menjadi kompetitif setelah pandemi Covid-19 ini.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi komunikasi dalam menentukan perencanaan,pelaksanaan, dan evaluasi di media sosial untuk pemasaran kerupuk lomang balado UMMI.Metode dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran perencanaan menentukan khalayak, menyusun pesan, menetapkan komunikator, dan pemilihan media komunikasi. Pelaksanaan menggunakan media sosial instagram dan whatsapp businessmarketing. Media sosial sebagai alat bantu yang efektif dalam media komunikasi pemasaran bagi para Pelaku UMKM Kerupuk Lomang Balado UMMI dan konsumennya. Evaluasi dilakukan dengan analisis SWOT, mengukur kinerja UMKM dan mengambil tindakan koreksi untuk perkembangan pemasaran produk UMKM kedepannya.

Keywords


Strategi Komunikasi, Media Sosial,Marketing,UMKM

References


Ariyanto, A., & Wongso, F. (2021). Strategi Pemasaran UMKM DIMASA PANDEMI (P. I. C. MANDIRI (ed.)).

Barthelemy, F., & Irwansyah. (2019). Strategi Komunikasi Crowdfunding melalui Media Sosial (Crowdfunding Communication Strategy through Social Media). JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 21(2), 155. https://doi.org/10.33164/iptekkom.21.2.2019.155-168

Cangara,H.(2014).Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta:Raja Grafindo Persada

Dona, D. R., Fadillah, & Meriyati. (2023). Pengaruh Promosi Onlineshop Melalui Whatsapp Bisnis Terhadap Pendapatan Perbulan Pada Olshop Lifah Collection Desa Tanjung Tambak Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Bisnis Manajemen, 1(3), 699–712.

Effendy,O.C. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang). Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 17–22.

Fardan, M. Z., & Yozani, R. E. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran UMKM Himpunan Pemuda Reformasi (HPR) dalam Memasarkan Gula Aren di Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 9(1), 13–28. https://doi.org/10.36914/jikb.v9i1.986

Ferdiliawati, P., Sari, S. A. S., Kharisma, A., Styaji, I. P. S., Zikrina, K., & Fahmy, Z. (2023). Pengaruh Iklan YouTube # TiketHariRaya terhadap Kesadaran Merek pada. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 9(1), 1–12.

Haris, A., Samosir, H. E., & Lubis, S. H. (2023). Marketing Communications as Strategy Expanding Market Share In Era 4 . 0. International Journal of Social Science and Business,7(1), 188–198.

Maria, S., Pusriadi, T., Hakim, Y. P., & Darma, D. C. (2019). Jurnal Manajemen Indonesia The Effect of Social Media Marketing , Word of Mouth , and Effectiveness of Advertising on Brand Awareness and Intention to Buy. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(2), 107–122.

Nizam, R. M., & Yasir, Y. (2022). Perencanaan Komunikasi Corporate Social Responsibility Pertamina RU II Sei Pakning dalam Pengembangan Ekowisata Arboretum Gambut. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.33021/exp.v5i1.1617

Paramasari, S. N., & Nugroho, A. (2021). Strategi Komunikasi Kesehatan dalam Upaya Membangun Partisipasi Publik pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(1), 123–132. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i1.2036

Pasaribu, R. (2020). Optimalisasi Media Online sebagai Solusi PromosiPemasaran UMKM di Semarang pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Dan Media, 01(01), 33–44.

Pinontoan, N. A., & Renanda, A. Z. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Storynomics pada Konten Instagram Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 9(1), 92–109.

Poerwanto & Sukirno,Z. (2016). Komunikasi Bisnis Perspektif Konseptual dan Kultural. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Pribadi, M. A., & Alaftariasaujana, W. (2023). the Role of Symbolic Interaction in the Planning of Marketing Communication Through Social Media (a Case Study of Instagram @Kulinertanjungpinang). International Journal of Application on Social Science and Humanities, 1(1), 690–697. https://doi.org/10.24912/ijassh.v1i1.25934

Ramadhani, N., Efni Salam, N., & Eldapi Yozani, R. (2023). Pemanfaatan Konten Tiktok Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Shoppe Affiliate Pada Akun Tiktok “Indisyindi.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 235–261. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7591

Rudini, M., & Melinda. (2020). Motivasi Orang Tua Terhadap Pendidikan Siswa SDN Sandana (Studi Pada Keluarga Nelayan Dusun Nelayan). Tolis Ilmiah:Jurnal Penelitian, 2(2), 122–131.

Suhendar, A. D., & Kurniawan, R. (2022). Perbandingan Strategi Pemasaran Bisnis Properti Pasca Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(2), 207–215. https://doi.org/10.38204/atrabis.v8i2.1078

Suranto. (2020). Komunikasi Organisasi. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Utari, R. W. (2016). Strategi komunikasi PT. BANK RIAU KEPRI cabang syariah pekanbaru dalam mempromosikan tabungan simpanan pelajar (SimPel iB). JOM FISIP, 3(2), 1–13.

Wardhani, A. K., & Romas, A. N. (2021). Analysis of Digital Marketing Strategies in the Covid-19 Pandemic. EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 4(1), 29–53. https://doi.org/10.24071/exero.v4i1.5025




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v10i1.1156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright