Ruang Publik Online Sebagai Sarana Penyebaran Konten Edukatif Pemilu 2024

Ni Putu Limarandani, Anak Agung Ketut Patera, A A Aditya Kusuma Patera, Made Saisan

Abstract


Penelitian ini menyelidiki peran Channel YouTube Serial Bincang Online Inspiratif (BIONS) dalam menyajikan konten edukasi sebagai ruang diskusi publik online yang relevan dengan Pemilu 2024, dengan fokus pada tema kasih sayang dan memberikan suara untuk Jaya Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah manajemen strategi program oleh Peter Pringle, dengan tujuan menciptakan dan meningkatkan kualitas program dan strategi siaran untuk menghasilkan dampak yang optimal. Melalui metode studi kasus, narasumber seperti Hari Dermanto, Sh, Mh, Dr. H. Andi Budis, Sh, M. Ikom dan Fatihah Helga Gantari membahas berbagai aspek terkait pemilu dan partisipasi masyarakat. Temuan riset menunjukkan bahwa Bincang Online direncanakan dengan strategi kreatif dari pra-produksi hingga pasca-produksi untuk mencapai siaran yang sukses. Pra-produksi melibatkan pemilihan tema, sumber, dan tata letak pengambilan gambar, sementara produksi menggunakan platform seperti Zoom dan streaming langsung YouTube. Pasca produksi melibatkan pengeditan, evaluasi, dan publikasi pemasaran untuk meningkatkan jangkauan siaran. Strategi diseminasi meliputi penggunaan grup Instagram dan WhatsApp, serta kegiatan undian berhadiah untuk menarik audiens baru dan menjaga loyalitas audiens. Dengan cara ini, Seri BIONS memberikan kontribusi penting untuk mendidik dan membangun kesadaran publik terkait Pemilu 2024 melalui ruang diskusi publik yang kreatif dan kuat.

Keywords


Diskusi publik; kreatif; konten pendidikan; konten inspirasional; strategi manajemen

References


Amrihani, H., & Ritonga, R. (2021). Freedom of the Press Regulations in Indonesia and Sweden: Limited but Free. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 6(2), 353- 361. doi:https://doi.org/10.25008/jkiski.v 6i2.609

Arifin, E. (2010). Broadcasting To Be Broadcaster. Jakarta: Graha Ilmu.

El Madja, N. M. (2021). New Media and Social Construction of Technology (SCOT) on Cak Ed Online Delivery Service in Lamongan Regency. Muharrik: Jurnal Dakwah dan Sosial, 4(1), 79–95. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/muharrik.v4i01.819

Fachruddin, A. (2012). Dasar-Dasar Produksi Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Gennadievich. B.D., & Igorevich Kaminchenko, D. (2015). Study of the Impact of Social Media Technologies on Political Consciousness: Specifics of Russian Approaches. Asian Social Science, 11(22). https://doi.org/10.5539/ass.v11n22p1 05

Juwita, R. (2017). Media Sosial dan Perkembangan Komunikasi Korporat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(1), 47–60. https://doi.org/10.20422/jpk.v20i1.13 6

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Prenada Media Groub.

Latief, R. (2015). Siaran Televisi Non Drama;Kreatif, Produktif, Public Relations, dan Iklan. Jakarta: Kencana.

Mabruri, A. (2018). Produksi Program TV Drama :Manajemen Produksi dan Penulisan Naskah. Jakarta: Gramadia.

Maryani, E., Gemiharto, I., Wibowo, K. A., & Ratmita, R. A. (2022). The Role of Digital

Media in Social Transformation of Transitional Society in Pangandaran, West Java, Indonesia. International Journal of Global Community, 5(2), 95–108. https://journal.riksawan.com/index.php/IJGC-RI/article/view/121

Morissan. (2008). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta:

Kencana Prenada Media. Panjaitan, E.L & Iqbal, TM, D. (2006). Matinya Rating Televisi. Jakarta: Yayasan Obor.

Purwandini, D. A., & Irwansyah, I. (2018). Komunikasi Korporasi pada Era Industri 4.0. Jurnal Ilmu Sosial, 17(1),53.https://doi.org/10.14710/jis.17.1.2018.53-63

Puji Leksono, S. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Intrans Publishing.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, F. (2007). Teknik Produksi Program Televisi. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.




DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v10i1.1161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright